Dua Penjinak Bom Italia Tewas oleh Bom Rakitan Mujahidin Afghanistan


Dua tentara Italia pakar penjinak bom tewas Rabu kemarin (28/07) di bagian Barat Afghanistan. Mereka adalah bagian dari pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat yang sampai saat ini masih bertahan di Afghanistan.

Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa kedua tentara tersebut tewas akibat ledakan sebuah bom rakitan, senjata alternatif mujahidin Afghanistan. Namun lokasi peristiwa itu tidak dinyatakan secara detil. "Saya dapat memastikan mereka adalah tentara Italia," ujar seorang jurubicara ISAF.

Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi menyatakan bahwa kedua tentara itu adalah pakar penjinakan bom. Sedangkan Kementerian Pertahanan memperjelas bahwa sebab kematian mereka karena ledakan bom rakitan, setelah mereka berhasil menjinakkan salahsatu bom rakitan lainnya.

Tewasnya dua tentara ini menambah angka tentara Italia tewas di Afghanistan menjadi 26 orang. Sebelumnya, dua tentara Italia juga tewas pada Mei lalu saat konvoi Resimen Teknik ke-327 dari dihantam oleh sebuah bom di dekat kota Herat, bagian barat Afghanistan.

Bulan Juni dan Juli 2010 ini tampaknya menjadi bulan yang berat bagi pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat di Afghanistan sejak perang itu dimulai. 22 tentara telah tewas sejauh ini pada Juli dan sebelumnya 102 tentara koalisi tewas pada bulan Juni 2010.[AN/ant]
Powered by Blogger.