Foto Ilustrasi Shalat Id Kompas Pancing Kemarahan Umat Islam


Foto ilustrasi shalat Idul Fitri yang dimuat Kompas.com sejak Senin (20/8) lalu memancing kemarahan umat Islam. Dari pantauan bersamadakwah.com, sekitar 94 persen komentar di bawah berita itu bernada protes atas pemuatan foto tersebut. Namun, sampai saat ini foto tersebut belum diganti dan juga tidak ada tanggapan apapun dari redaksi.

Bagi yang jeli mengamati, foto tersebut memang bermasalah. Dalam foto yang dijadikan ilustrasi untuk berita pelaksanaan Shalat Idul Fitri di halaman KBRI Kairo itu, laki-laki dan perempuan bercampur dalam satu shaf. Jika ada posisi shalat jamaah seperti itu, menurut keyakinan umat Islam shalat jamaah tersebut tidak sah.

Man Abubakar, salah seorang yang mengaku sebagai pelajar di Mesir, menyebut pemasangan foto itu sebagai pembohongan publik. "Sungguh suatu pembohongan publik yang sangat nyata, sebagai pelajar yang sekarang ada di Mesir, saya sangat menyayangkan ilustrasi photo yang dipasang kompas.." tulisnya dalam komentar di bawah berita itu.

Selain langsung di website, protes atas pemuatan foto itu juga meluas ke media sosial. Sebuah akun grup facebook Forum Mahasiswa Timur Tengah (Format) juga memprotes melalui salah satu statusnya. Abdul Rasyid, salah seorang anggota grup yang membuat status itu mengajak seluruh Masisir untuk memprotes kebohongan foto tersebut. "...karena martabat al azhar taruhanya" imbuhnya. [IK/Kmp/fb.frm]

Powered by Blogger.