Header Ads

Aksi Bela Islam

Deklarasi Forum Silaturahim Rohis Nasional


Ketika berita dibalas aksi nyata. Agaknya, ungkapan itu sangat tepat untuk menggambarkan acara aksi simpatik rohis di seluruh Indonesia, besuk (23/9). Aksi yang akan dilakukan serentak di berbagai kota itu juga akan menjadi momentum deklarasi forum silaturahim rohis nasional. Tanggal 23 September 2012 akan tercatat sebagai hari lahirnya forum silaturahim rohis nasional.

Sampai malam ini, sejumlah kota telah menyatakan kesiapannya dalam menyelenggarakan aksi simpatik rohis – deklarasi rohis nasional. Sebagian kota menginformasikan kepada bersamadakwah.com mengenai jadwal dan tempat acara aksi simpatik dan deklarasi rohis nasional melalui twitter.

Rohis se-Jabodetabek akan memusatkan aksi simpatik di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Menurut jadwal yang sampai ke bersamadakwah.com, aksi itu akan diikuti oleh 2.000 pelajar muslim. Dengan konsep car free day, aksi simpatik itu akan berlangsung mulai jam tujuh hingga jam 10 pagi. Selain sebar bunga dan balon, sejumlah tampilan budaya akan menghiasi acara itu. Tak lupa, testimoni pelajar, guru, artis sekolah hingga ulama dan tokoh nasional mengenai rohis menjadi agenda penting dalam aksi simpatik tersebut. Dan sebagai puncak acara, akan dideklarasikan Forum Silaturahim Rohis Nasional.

Di Bandung, aksi simpatik Rohis juga diselenggarakan di Car Free Day mulai pukul 07.00 WIB. Aksi simpatik yang akan diisi dengan talk show, happening art dan pembagian coklat itu akan diikuti oleh perwakilan pelajar Muslim se-Bandung Raya. Deklarasi Forum Silaturahim Rohis Nasional juga menjadi puncak acara tersebut.

Di Surabaya, aksi simpatik rohis mengambil tempat di Taman Bungkul. Acara yang juga serentak Ahad (23/9) pagi itu mengagendakan pembagian bubur gratis kepada warga kota pahlawan. Di Sidoarjo, aksi simpati Rohis dipusatkan di Alun-alun kota Sidoarjo pukul 08.30-11.00 WIB. “Sebagai respon atas pemberitaan Metro TV yang menyebutkan rohis adalah sarang teroris…” bunyi poster yang diterima oleh bersamadakwah.com.

Masih di Jawa Timur. Rohis se-Kabupaten Ngawi juga akan memusatkan aksi simpatik di alun-alun kota. Peserta dijadwalkan berkumpul di tribun barat alun-alun pada jam enam pagi.

Di Jogjakarta, aksi serupa akan diselenggarakan di kilometer nol perempatan Malioboro. Sedangkan di Jambi, aksi simpatik rohis dan deklarasi Forum Silaturahim Rohis Nasional diadakan di lapangan kantor Gubernur mulai jam enam pagi.

Sebelumnya, pada 5 September 2012 lalu, Metro TV mengadakan dialog di program Metro Hari Ini bersama narasumber Guru Besar UIN Jakarta Bambang Pranowo (BP), mantan Kepala BIN Hendropriyono dan pengamat terorisme Taufik Andri. Saat dialog berlangsung, ditayangkan info grafik berisi point-point 5 pola rekruitmen teroris muda. Belakangan, Metro TV mengungkapkan bahwa info grafik tersebut bersumber dari BP. Namun, BP membantah dan mengatakan bahwa hasil penelitiannya telah dipelintir. Seandainya ia tahu akan ada info grafik semacam itu, ia akan menolaknya atau meminta diubah.

Pemberitaan Metro TV itu agaknya telah membangkitkan rohis di seluruh kota di Indonesia, selain mendatangkan kecaman dari berbagai pihak baik tokoh nasional maupun ulama. Aksi Simpatik Rohis Nusantara dan Deklarasi Forum Silaturahim Nasional esuk hari tampaknya menandai era baru bangkitnya rohis di Indonesia sekaligus perlawanan masyarakat terhadap pemberitaan media yang tidak sesuai dengan fakta. [IK/bsb]

4 comments:

  1. Mabruk akhi. Semoga aksi simpatik rohis se Nusantara dan deklarasi forum silaturahmi rohis nasional ini jadi amal jariyah rohis.

    ReplyDelete
  2. Keren aksi rohis tadi. Kayaknya cukup membungkam metro TV biar kagak asal aja kalau beritakan ISlam.

    ReplyDelete
  3. ternyata serentak se indonesia ya. mantab bro

    ReplyDelete
  4. Rohis generasi muda dakwah! Ayo semangat belajar Islam lebih dalam

    ReplyDelete

Powered by Blogger.