Header Ads

Aksi Bela Islam

Ratusan Biksu Myanmar Tuntut Muslim Rohingya Diusir


Ratusan Biksu Myanmar berunjuk rasa di Mandalay menentang keberadaan etnis Muslim Rohingya di negeri tersebut, Ahad (2/9). Para pemuka agama Budha itu mendukung rencana Presiden Myanmar, Thein Sein mengusir etnis muslim minoritas tersebut keluar dari Myanmar. Aksi serupa rencananya akan dilanjutkan hari ini dan besuk di kota terbesar kedua di Myanmar itu.

Demonstrasi yang cukup mengejutkan itu tercatat sebagai demonstrasi terbesar yang pernah terjadi di Myanmar setelah rezim junta militer runtuh. Kordinator aksi, Wirathu, menyatakan demonstrasi ini merupakan pernyataan tegas para biksu menolak keberadaan etnis Rohingya di Myanmar. Ia mengklaim, 5 ribu pemuka agama Budha lainnya siap bergabung dalam aksi tersebut.

Dalam aksinya, para biksu memajang spanduk bertuliskan 'Selamatkan tanah airmu Myanmar dengan mendukung Presiden'. Para demonstran juga mengecam utusan PBB Tomas Ojea Quintana yang dituding lebih membela Muslim Rohingya dalam penyelesaian konflik di Arakan.

"Biarkan dunia tahu Rohingya tidaklah termasuk dalam kelompok etnis Myanmar sama sekali," kata Wirathu kepada kantor berita AFP.

Aksi ratusan biksu itu semakin memperburuk upaya sentimen antiRohingya pascakerusuhan antaretnis di negara bagian Arakan, akhir Juni lalu. Aksi itu juga dinilai semakin menekan Muslim Rohingya yang kini tengah mendapat perhatian dari umat Islam dan dunia internasional.

Wirathu pernah dijebloskan ke penjara pada 2003 karena mengedarkan literatur antimuslim. Ia divonis 25 tahun penjara, namun segera dibebaskan Januari lalu setelah mendapat amnesti. [IK/Rpb/GJ/bsb]

11 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. merindukan sosok budha yang ulas asih

    ReplyDelete
  3. Sabar wahai saudaraku muslim di myanmar, bersabarlah, dan mintalah pertolongan kepada Allah, mudah-mudahan semuanya bisa diatasi dengan baik.......dan bagi umat budha dan para biksunya : harus lebih menghargai keyakinan orang lain meskipun mereka minoitas di dareah anda......

    ReplyDelete
  4. SEmoga allah mengirimkan tentaranya untuk memusnahkan seluruh kuil dan patung-patung budha di seluruh myanmar

    ReplyDelete
  5. astaughfirullah,,,
    mudah-mudahan Allah menurunkan hidayah-Nya pada mereka, mereka hanyalah orang-orang yang tidak mengerti....

    ReplyDelete
  6. Bitsu telah kehilangan akal dan dikuasai oleh setan...

    ReplyDelete
  7. ternyata media ini yg tukang provokasi dengan memunculkan foto-foto yg tidak sesuai dengan berita nya. media busuk seperti ini yg mencoreng umat islam yg sesungguh nya dengan kebohongan nya !!! kalian tau foto yg bhiksu sedang melempar batu itu dalah foto saat warga myanmar mendemo pemerintah junta militer beberapa tahun silam yg menyebabkan 3 orang bhiksu tewas !!!
    kalau anda berani mempertanggung jawabkan blog anda, munculkan komentar saya !!!

    ReplyDelete
  8. seorang biksu bukanya jadi panutan tetapi malah dia yang jadi anjing

    ReplyDelete
  9. Allah bersama kalian saudara muslimku, tetaplah berpegang teguh dan bertawaqal kepada Allah SWT... maaf hanya do'a yang dapat saya sampaikan .... :-(

    ReplyDelete
  10. oke, gimana kita tukar dengan umat budha yang di indonesia. mereka bakar satu, kami bakar satu, mereka bunuh satu, kami bunuh satu, mereka rusak satu rumah, kamipun rusak satu rumah, mereka usir satu kami pun begitu. bagai mana?? deal??

    ReplyDelete
  11. allohuakbar. kami akan bantu untuk melawan bhudis bhudis di myanmar yang kejam. islam cinta damai

    ReplyDelete

Powered by Blogger.