Header Ads

Syaikh Al Azhar Kecam Keras Biksu Myanmar


Langkah biksu Myanmar yang berunjuk rasa menuntut diusirnya Muslim Rohingya mendapat kecaman keras dari Imam Besar Al Azhar, Dr. Ahmad Al-Thayyib. Ulama Mesir itu menyatakan, tindakan ratusan biksu tersebut sangat bertentangan dengan semangat agama, etika, norma dan piagam PBB, yang menuntut adanya penghormatan terhadap hak asasi manusia, terlepas dari agama, jenis kelamin, warna kulit dan lainnya.

Dalam pernyataannya pada Selasa (4/9) kemarin, Syaikhul Azhar juga menghimbau masyarakat internasional untuk segera turun tangan menyelesaikan masalah yang menimpa muslim Rohingya.

Sebelumnya, ratusan biksu Myanmar berunjuk rasa di Mandalay menentang keberadaan etnis Muslim Rohingya di negeri tersebut, Ahad (2/9). Para pemuka agama Budha itu mendukung rencana Presiden Myanmar, Thein Sein mengusir etnis muslim minoritas tersebut keluar dari Myanmar.

Kordinator aksi, Wirathu, menyatakan demonstrasi itu merupakan pernyataan tegas para biksu menolak keberadaan etnis Rohingya di Myanmar. Ia mengklaim, 5 ribu pemuka agama Budha lainnya siap bergabung dalam aksi tersebut. [AM/EM/bsb]

Powered by Blogger.