Header Ads

Aksi Bela Islam

Mantan Ketua Rohis Raih Penghargaan Sains di AS


Mantan Ketua Rohis Fakultas MIPA Universitas Diponegoro (Undip) yang kini menempuh pendidikan doktor di Universitas Fukui Jepang mendapat penghargaan ilmiah Great Scientific Exchange 2012 (SCIX 2012), di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat (AS), akhir pekan lalu.

Mantan Ketua Rohis bernama Ali Khumaeni itu mendapat penghargaan berkat terobosan baru yang ia kembangkan dalam bidang laser plasma spektrokopi, yaitu teknik analisis atom dalam material dengan memanfaatkan laser pulsa berdaya tinggi. Sebelumnya, mayoritas peneliti memanfaatkan laser pulsa Nd:YAG untuk analisis material, yang masih menyisakan kelemahan berupa ketidakmampuan menganalisis atom dengan sensitivitas tinggi pada material yang bersifat non-padat. Selain itu, metode tersebut juga tidak bisa digunakan untuk analisis atom metal berbahaya karena material akan rusak disebabkan ablasi material oleh laser.

Dengan terobosan baru yang dinamakan "laser gas plasma spektroskopi", Khumaeni dan timnya memecahkan permasalahan tersebut. Selain gas plasma tersebut bisa berinteraksi dengan berbagai material non-padat yang akan dianalisis, metode baru ini juga bisa digunakan untuk analisis permukaan material tanpa membuat kerusakan material sehingga bisa diaplikasikan industri-industri yang membutuhkan analisis permukaan seperti semikonduktor dan nuklir.

SCIX adalah pertemuan ilmiah internasional terbesar untuk bidang sains analitik dan spektroskopi yang diselenggarakan oleh Federation of Analytical Chemistry and Spectroscopy Societies (FACSS) sejak 1973 silam.

"Tercatat sejak 2006, penghargaan FACSS selalu diraih oleh mahasiswa dari Universitas di Amerika Serikat dan alhamdulillah tahun ini kita bisa meraihnya" kata Khumaeni kepada BBC.

Khumaeni dikenal sebagai sosok mahasiswa yang sarat prestasi. Pada Oktober 2008, khumaeni meraih penghargaan sebagai The Young Scientist Award pada International Conference on Laser Probing di Nagoya Jepang. Pada September 2010, makalah Khumaeni yang berjudul Direct Analysis of Powder Sample Using Transversely Excited Atmospheric CO2 Laser-Induced Metal-Assisted Gas Plasma at 1 atm by Introducing the Powder Particles into the Plasma menempatkannya sebagai peserta terbaik kategori pascasarjana pada 6th International Conference on LIBS di Memphis, Tennessee, AS. Tiga bulan berikutnya Khumaeni memenangkan 6th International Chemical Congress of Pacific Basin Societies (Pacifichem 2010) untuk kategori Laser-Induced Breakdown Spectroscopy (LIBS) di Honolulu, Hawaii, AS.

Ketika masih di Undip, Khumaeni juga berkali-kali membawa trophy penghargaan untuk kampusnya, dari sejumlah kompetisi ilmiah yang diikutinya. Selain jenius, aktifis rohis itu juga rajin qiyamullail dan puasa Senin Kamis. Keteladanan Khumaeni dalam ibadah dan akhlak juga membuat teman-teman dan adik angkatan mengaguminya. [IK/Kmp/Mtv/bsb]

5 comments:

  1. Barakallah,...inilah contoh mantan rohis..Subhanallah.

    ReplyDelete
  2. Subhanallah..semoga bnyk yg meniru jejaknya

    ReplyDelete
  3. rohis dan alumninya alhamdulillah untuk kesekian kalinya memberikan kontribusinya untuk bangsa. maju terus rohis! rohis bukan teroris!

    ReplyDelete
  4. hanya orang yg tidak waras, dan tdk prnh kenal rohis, yg menyatakan rohis bibit teroris,...

    ReplyDelete
  5. Allahu Akbar...
    semoga ana bisamengikuti jejak beliau,..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.