Header Ads

Aksi Bela Islam

Keajaiban Rasulullah sebagai Teladan Terbaik


لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّه
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kalian.” (QS. Al-Ahzaab: 21)

Ketahuilah bahwa Muhammad, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah satu-satunya orang di permukaan bumi ini yang dalam hidupnya terkandung seluruh yang dibutuhkan oleh manusia untuk diikuti, sekalipun Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam hanya hidup –sejak diangkat menjadi nabi hingga wafat- selama 23 tahun.

Kita tidak akan bisa mengikuti Nabi Isa 'alaihi salam sepenuhnya, misalnya, karena beliau hanya dapat Anda ikuti sebagai pemuda bujangan yang senantiasa berjihad melawan nafsunya, dan seorang yang zuhud terhadap kehidupan dunia. Akan tetapi, apakah Anda dapat mengikutinya sebagai seorang yang menikah? Tidak, karena beliau tidak pernah menikah.

Kita juga tidak dapat mengikuti Nabi Sulaiman 'alaihi salam sepenuhnya, karena kita hanya dapat mengikutinya sebagai seorang penguasa yang kaya, selalu bersyukur, jujur, dan …. Akan tetapi apakah kita mampu mengikutinya sebagai seorang yang fakir dan sabar? Beliau tidak pernah hidup fakir.

Lalu, siapa yang pernah hidup kaya sekaligus fakir; kuat dan lemah; penguasa dan rakyat; ayah dan kakek? Dan siapa pula yang pernah hidup membujang kemudian menikah, beliau adalah Nabi kita, Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Kita semua tahu akan kehidupan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Tidak ada yang ditutupi dari kehidupan Beliau. Bahkan kita mengetahui hubungan beliau dengan istri-istri beliau dan hal-hal terkecil dari kehidupan beliau. Tidak ada satu sisi pun dari kehidupan beliau yang gelap, bahkan kehidupan Beliau bagaikan kitab yang selalu terbuka. []



Penulis : Abdurrahman Hilabi
Ketua Umum Forum Ukhuwah dan Study Islam

No comments

Powered by Blogger.