Header Ads

Aksi Bela Islam

Kemenag Gresik: RKI Telah Membantu Pemerintah


Rumah Keluarga Indonesia (RKI), dengan salah satu programnya Sekolah Pra Nikah, telah membantu pemerintah khususnya Kementerian Agama (Kemenag). Hal itu disampaikan Kasi Urusan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik Ahmad Zaini pada Wisuda Sekolah Pra Nikah Angkatan I, Ahad (18/11).

“RKI ini telah membantu pemerintah, khususnya kementerian agama,” kata penulis buku Buku Problematika Nikah & Talak itu.

Lebih jauh Zaini mengatakan bahwa angka perceraian di Indonesia, termasuk di Kabupaten Gresik, semakin meningkat. Terutama angka cerai gugat, di mana istri yang meminta cerai dari suaminya. Sekolah Pra Nikah dinilai membantu Kemenag yang menginginkan terbentuknya keluarga sejahtera bahagia atau sakinah mawaddah wa rahmah. Untuk itu, para wisudawan nantinya cukup membawa sertifikat Sekolah Pra Nikah tanpa harus mengikuti Kursus Calon Pengantin yang diselenggarakan Kemenag.

“Ketika kemarin kami menandatangani sertifikat kelulusan Sekolah Pra Nikah ini, saya katakana kepada panitia bahwa mereka yang telah memiliki sertifikat ini tidak perlu lagi kursus calon penganting,” terangnya.

Selain sambutan dari Kemenag, prosesi wisuda Sekolah Pra Nikah juga didahului dengan sambutan Ketua Bidang Perempuan (Bidpuan) DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Gresik yang membidangi RKI.

“Sekolah Pra Nikah dan RKI tak lain dan tak bukan tujuannya adalah untuk melayani masyarakat, membantu negeri kita tercinta ini. Kita menginginkan keluarga-keluarga yang kokoh, yang sakinah mawaddah wa rahmah, sebagai pondasi bagi negara yang maju, adil dan sejahtera,” kata Ketua Bidpuan Rahmawati.

Sebanyak 51 orang peserta Sekolah Pra Nikah diwisuda dengan penyematan mawar merah sebagai tanda kelulusan. Prosesi wisuda didahului dengan taujih Wakil Ketua Daerah Dakwah X DPW PKS Jawa Timur Kusno Hadi. Setelah prosesi wisuda peserta dihibur Grup Nasyid Ponpes Munawaroh, Bungah.

RKI merupakan program nasional PKS yang dilaunching tahun lalu dalam rangka mengokohkan keluarga Indonesia. Melalui RKI, partai Islam ini memberikan pelayanan dan bekal kepada suami, istri, ayah dan ibu agar lebih harmonis dan mampu menyelesaikan problematika keluarga. Selain memberikan pelatihan keluarga dan parenting dalam bentuk Sekolah Pra Nikah dan Sekolah Orngtua, RKI juga melayani konseling keluarga. Hingga saat ini, telah terbentuk ratusan RKI di 33 provinsi seluruh Indonesia. [JJ/lgs]

No comments

Powered by Blogger.