Header Ads

Aksi Bela Islam

Hukum Mempercayai Kiamat 21 Desember 2012


Isu kiamat 21 Desember 2012 beredar luas. Isu itu bermula dari ramalan suku maya yang mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012. Tidak sedikit orang yang percaya dengan ramalan kiamat itu, bahkan sampai menyiapkan diri menghadapinya, dengan cara-cara yang "konyol". Bagaimana hukum mempercayai ramalan kiamat 21 Desember 2012 itu?

Hari kiamat adalah hari hancurnya alam semesta dan berakhirnya kehidupan dunia. Kiamat adalah sesuatu yang pasti terjadi. Mempercayai adanya hari kiamat merupakan salah satu rukun iman yang harus diyakini oleh umat Islam. Di dalam Al-Qur’an, kiamat disebutkan dalam banyak tempat. Ketika menghimpun ayat-ayat yang mendeskripsikan kiamat, Sayyid Qutb dalam kitab Al Qiyamah menjelaskan ada 77 surat yang berbicara tentang kiamat dan akhirat. Bahkan, ada beberapa surat yang namanya menunjukkan kiamat. Misalnya surat Al Qiyamat dan Al Qari’ah.

Selain dijelaskan di banyak tempat dalam Al Qur’an, kiamat juga dijelaskan dalam banyak hadits. Tidak ada satupun kitab hasits yang tujuh (kutubu sittah) yang melewatkan tema kiamat. Kedahsyatan kiamat tergambar jelas. Kengerian kiamat juga dipaparkan. Bahkan, tidak sedikit hadits shahih yang menjelaskan tanda-tandanya.

Namun, kapan waktu tepatnya terjadi kiamat adalah rahasia Allah. Hal itu termasuk perkara gaib yang tidak ada seorang pun yang mengetahuinya. Bahkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga tidak mengetahui kapan terjadinya kiamat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman tentang hari kiamat: "Mereka bertanya kepadamu tentang Kiamat, 'Kapankah terjadinya?' Katakanlah, 'Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu adalah pada sisi Rabb-ku, tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.' Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, 'Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.'" (Q.S Al-A'raaf : 187)

Dalam hadits riwayat Imam Muslim disebutkan, Jibril –yang saat itu menjelma seorang lelaki- bertanya kepada Rasulullah: “Beritahu aku kapan datangnya kiamat.” Beliau menjawab, “Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya.”

“Datangnya hari kiamat adalah rahasia Allah Ta’ala,” kata Syaikh Mushtafa Dieb Al Bugha dan Syaikh Muhyidin Mistu ketika menjelaskan hadits tersebut dalam kitab Al-Wafi, “Tidak ada satu makhluk pun mengetahuinya, baik malaikat maupun Rasul.”

Maka segala ramalan tentang tanggal terjadinya kiamat adalah dusta, termasuk ramalan yang menyebutkan bahwa kiamat terjadi pada tanggal 21 Desember 2012. Apalagi tanda-tanda akan terjadinya kiamat belum terpenuhi. Misalnya, yang disebutkan dalam hadits shahih riwayat Muslim dan Ibnu Majah berikut ini:

“Tidaklah hari kiamat akan terjadi sampai terjadinya sepuluh tanda-tanda kiamat: terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya, munculnya Dajjal, awan, dabbah, Ya’juj dan Ma’juj, keluarnya Isa bin Maryam, terjadinya tiga gerhana: gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di negeri Arab, serta api yang keluar dari dalam Qar ‘And Abyan.” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)

Lebih dari itu, mempercayai ramalan bisa membuat seseorang terjerumus pada kekufuran. Ramalan di sini bukan hanya tentang ramalan nasib, tetapi juga termasuk ramalan tanggal terjadinya kiamat. Seperti yang beredar saat ini, mempercayai ramalan suku Maya bahwa kiamat terjadi pada 21 Desember 2012.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Barangsiapa yang mendatangi seorang peramal lalu mempercayai apa yang diramalkan, maka ia telah kufur terhadap wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam .” (HR. Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Kesimpulannya, mempercayai ramalan kiamat 21 Desember 2012 adalah haram. Bahkan, bisa menjatuhkan seseorang ke dalam kekufuran. Wallahu a’lam bish shawab. [Abu Nida]

2 comments:

  1. Yang meramal kiamat 21 desember 2012 itu orang kafir. insya Allah umat Islam tidak ada yang percaya

    ReplyDelete
  2. kelihatan konyol banget deh yang sampai bikin bunker segala, :D , muslim sejati gak akan percaya :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.