Lagi, Mesin Jet Tempur Israel Dicuri


Kasus pencurian mesin jet tempur Israel kembali terjadi. Sejumlah mesin jet tempur F-16 dari satu pangkalan udara di Israel tengah dilaporkan hilang, rilis media setempat, Kamis (6/12). Pejabat militer marah dengan hilangnya mesin jet tersebut yang berarti menunjukkan lemahnya sistem keamanan pangkalan udara sehingga bisa dibobol pencuri.

Jejaring berita Walla memberitakan, penyelidikan awal menunjukkan para pencuri tersebut mungkin telah dibantu orang dalam di pangkalan itu, baik militer maupun sipil. Setiap unit mesin yang bernilai jutaan dolar AS itu memiliki berat beberapa ton, sangat tidak mungkin dilakukan oleh pencuri amatir perseorangan.

Menurut Radio Angkatan Darat, Juru bicara militer tak bersedia mengomentari kasus tersebut. Parahnya lagi, kasus pencurian mesin jet tempur ini bukanlah yang pertama.

Sebelumnya, Juni 2011 lalu, delapan mesin jet tempur Israel raib. Bagian-bagian mesin pesawat tempur F-15 dan F-16 Zionis yang berlokasi di Pangkalan Udara Tel Nof dekat Tel Aviv itu dinyatakan dicuri.

Pejabat militer menyebut hilangnya jet tempur yang berarti bobolnya system keamanan pangkalan udara itu sebagai “skandal sangat serius.”

Belakangan, bagian-bagian mesin tersebut ditemukan di satu gudang yang digunakan oleh pedagang logam potongan. [IK/Rpb/Hdy/bsb]
Powered by Blogger.