Header Ads

Aksi Bela Islam

Paus Nyatakan Penghitungan Kelahiran Yesus Keliru

Menjelang natal 2012, pernyataan mengejutkan Paus Benekditus XVI tentang penghitungan kelahiran Yesus kembali marak di dunia maya. Menurut pemimpin umat Katolik Roma sedunia itu, penghitungan kelahiran Yesus yang selama ini diyakini ternyata keliru.

Seperti dilansir The Telegraph pada akhir bulan lalu (22/11), Paus menyatakan penghitungan kelahiran Yesus keliru. Hal itu disebabkan tidak tepatnya kalender Masehi yang digunakan untuk membuat perhitungan hari kelahiran Yesus. Paus mengungkapkan, kesalahan tersebut dilakukan oleh seorang biarawan bernama Dionysius Exiguus di abad ke-6.

"Penghitungan awal kalender kami, yang didasarkan pada kelahiran Yesus, dibuat oleh Dionysius Exiguus. Yang ternyata telah membuat kesalahan dalam penghitungannya, di mana mengalami perbedaan sekitar beberapa tahun," kata Paus dalam bukunya.

Secara detail, penjelasan Paus tentang kekeliruan penghitungan kelahiran Yesus itu dituangkan dalam buku berjudul "Jesus of Nazareth: The Infancy Narratives". Buku yang menyatakan penghitungan kelahiran Yesus keliru itu telah diterbitkan sejak tahun lalu, tepatnya 21 Nopember 2011.

"Tanggal kelahiran Yesus sebenarnya lebih cepat beberapa tahun," tambah Paus.

Dionysius Exiguus selama ini dikenal sebagai 'penemu' kalender modern dan konsep era Anno Domini atau yang dikenal sebagai AD. Tak hanya itu, ia juga dikenal telah menciptakan sistem baru untuk membagi jarak pada kalender saat itu. Yang masih berpatokan pada tahun saat dimulainya pendudukan Kekaisaran Roma, Diocletian.

Kekaisaran Diocletian itulah yang menganiaya penganut Kristen, sehingga sistem penghitungannya diganti dengan sistem yang baru dengan didasarkan pada kelahiran Yesus. Namun, bagaimana cara Dionysius menghitung kelahiran Yesus tidak jelas.

Pernyataan Penghitungan Kelahiran Yesus Keliru yang dijelaskan oleh Paus Benekditus XVI bukanlah hal yang pertama. Sebelumnya, banyak sejarawan yang meyakini, bahwa Yesus sebenarnya lahir antara 7 Masehi hingga 2 Masehi atau antara 6 Masehi sampai 4 Masehi. Namun, mayoritas umat Kristiani tetap menggunakan tanggal 25 Desember tahun pertama Masehi sebagai hari kelahiran Yesus dan menjadikannya sebagai hari raya natal. [JJ/L6/bsb]

18 comments:

  1. Mana ada tuhan kok lahir di dunia..lha terus yang nyiptain tuh tuhan (yesus) siapa..sebenarnya nggak mau ngehina, lha tp kenyataannya memang aneh dan konyol sekali..bikin sakit perut aja #LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini nabil muhammad apa keturunan nabi muhammad kok sombong sekali, merasa yang paling mengerti isi dunia. Sekolahmu sampai mana sih? apa ahli seluruh agama sampai bisa LOL terhadap agama yang notabene juga dari Tuhan? too lol lu.

      Delete
  2. @nabil terserah tuhan dong...Manusia aja bisa memperbanyak diri melalui kloning. Apalagi tuhan. Terserah dia dong mau melahirkan siapapun di bumi kek di planet lain kek di neraka kek.

    ReplyDelete
  3. isa almasih lahir 25 desember sepertinya keliru, karena itu adalah musim dingin yg penuh salju dmn domba2 pasti slalu berada dalaam kandang....jika ditelaah, ketika siti maryam melahirkan, beliau melihat kandang domba yang kosong, secara logika domba2 itu psti sedang digembalakan dan itu bukan pada musim salju. gak mungkin beliau melahirkan dipenuhi domba2 yg berdesakan....

    ReplyDelete
  4. apabila tuhan dilahirkan, apa bedanya tuhan dengan manusia yang jelas-jelas juga dilahirkan.????

    ReplyDelete
  5. coba tinggal kn sejenak kebenciaan dan kedengkian.pikirkan baek-baek tentang kebenaran n kemurnian al qur'an.itu lah petunjuk yg di turukan allah dan islam lah agama yg di ridhoi allah.

    ReplyDelete
  6. wkwkwkwkww, tuhannya punya akte kelahiran, salah lagi.wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. ADUH ,,, NGGAK JADI PESTA NATALAN, UDAH BELI BAJU BARU, SPATU BARU, SERVIS RUMAH, CAPE DEKH

    ReplyDelete
  8. welh 222x ngga jd nataln tahn ini, gara2 sisuku maya tuh, kalo gitu thn dpn aja taon ni kiamat dulu

    ReplyDelete
  9. Aneh sekali kok baru ketahuan sekarang ya... jgn2 yg lainnya jg keliru maaas ...

    ReplyDelete
  10. hem,kl mmg permulaan kalender masehi di mulai tgl 25 desember ,tapi knp tahun barunya tgl 1 januari yaaa?

    ReplyDelete
  11. kl tgl 25 desember sbg awal th masehi,lalu knp tahun barunya kok tanggal 1 januari..saya rasa ga cuma kelahiran yesus saja yang terasa aneh,bahasa yang di gunakan injil pun banyak skl kerancuan,dan keanehan yg menurut saya justru menghina Tuhan mereka sendiri


































    kl tahun baru masehi di mulai dr tgl kelahiran yesus,yt 25 desember,lalu knp perayaan tahun barunya justru tgl 1 januari yaa?
    Ada yang tahu??







    ReplyDelete
  12. Ya, akhirnya kebingungan gua nambah lagi. Sudh tgl kelahiran salah, Yesus diangkat menjadi tuhan kan sekitar tahun 300 masehi. Apa lagi kalau bicara ketauladan, umat kristne tambah bingung , kpl keluarga mau nyontoh yeses gak kawin, mau jadi pemimpin yesus justru jd buruan yahudi, mau mendidik anak yesus tdk punya anak. Smg saudara kita yg kristen tambah diperkuat hidayahnya

    ReplyDelete
  13. haha, buat anonim yg pertama..tolong pahami kata2 saya..karena yg anda katakan tidak ada sangkut pautnya dengan yg saya katakan!!
    untuk anonim yg ngehina gua, gak usah bawa2 nama..setiap nama punya arti, jadi gak usah ngehina..atau jangan2 nama ente firaun kok ngehina nama gua segala..ohh, jadi pemikiran ente kayak gitu..maaf sebelumnya, yg anda katakan itu salah besar..memang semua agama notabenya dari tuhan..tetapi dalam Al Quran dijelaskan bahwa dari dulu sampai sekarang semua makhluk diperintahkan untuk menyembah Allah (Tuhan Semesta Alam) bukan untuk menyembah yesus..anda kalau ngehormati temen ente gimana sih? ente mau ngehormati dan nyembah2 dia (kalau gue sih mana mau)..lha untuk itu, yesus kan manusia yg notabenya sama dengan ente..terus kenapa ente sembah..lagian orang di pasung kok disembah, sekolah yg bener!!

    ReplyDelete
  14. subhanallah, dengan artikel ini jilbab hazna dan kita semua jadi tahu, Islam adalah satu satunya Agama yang benar dan murni datang dari Allah, karena apa, semua ibadah (ritual) termasuk waktu pelaksanaan dan tata cara, semuanya yang mengatur adalah Allah, baik melalui Alquran maupun hadits.

    ReplyDelete
  15. ak jg agak bingung, di betlehem apa pernah turun salju? daerah palestina ini kl g salah. tlg share infonya

    ReplyDelete
  16. bah..??
    makin galau..
    Pertanyaannya yang sebenarnya tanggal berapa??

    nnti uda sama ajah kayak tanggal kelahiranku 13-04-1993 :D.

    ReplyDelete
  17. Kalo masalah salju, itu hanya unsur budaya dari barat. Termasuk hiasan2/pernak-pernik Natal.
    Ga usah negeributin tanggal.
    Yang penting saya menjalankan Agama yg saya percayai dengan benar dan tidak menghina Agama lain sepeti yg dilakukan orang2 beragama paling benar tapi tetep aja ada orang2 yg menghina sehingga sama busuknya dengan yg mencemari kesucian di Vatikan. Masih ada Pastor dan Paus yg baik dan Suci. Tinggal bagaimana orangnya.Pasti di setiap Agama ada orang aliran sesat yg mau menghancurkan Agama.
    Lagipula bukan Agama yg menjamin kita masuk Surga tapi Amal dan perbuatan baik kita di dunia setelah kita mati nanti. Betu betul betul....! Kita ga berhak menghakimi orang bakal masuk Surga atau Neraka,karena jika demikian kita sudah menyekutukan Allah(jebakan Setan itu tipis dan hampir tak terlihat) Hati2lah orang beriman apapun Agamamu.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.