Header Ads

Aksi Bela Islam

Tiga Juta Jamaah Tabligh Hadiri Biswa Ijtima di Bangladesh


Tiga juta umat Islam berkumpul untuk shalat dan berdoa dalam Biswa Ijtima 2013 di tepi sungai di dekat ibukota Bangladesh, lansir Kuwaittimes, Senin (14/1). Biswa Ijtima merupakan pertemuan tahunan Jamaah Tabligh yang disebut-sebut sebagai pertemuan terbesar kedua umat Islam setelah haji.

Seorang imam dari India memimpin doa dalam sesi terakhir Biswa. Stasiun televisi lokal menayangkan gambar peziarah di kedua tepi sungai, dan jembatan, jalan dan atap di sepanjang tempat menangis ketika mereka mengangkat tangan mereka dalam doa.

Panitia Biswa Ijtima' Nurul Islam mengatakan, doa dipanjatkan meminta pertolongan Allah untuk 1,5 milyar Muslim di dunia.

"Kami sudah memperkirakan bahwa lebih dari tiga juta orang bergabung dalam doa akhir. Delapan hingga 10 kilometer jalan menuju ke tempat ini penuh sesak dengan orang-orang, "kata Nurul Islam.

Ia menambahkan, sekitar 30.000 orang asing dari 100 negara bergabung di tempat itu. Sedangkan mayoritas peserta datang dari berbagai penjuru Bangladesh. Udara dingin dari musim terdingin sejak sejak kemerdekaan pada tahun 1971 tak menghalangi mereka untuk mengikuti acara yang digelar tiga hari itu. Selain berdoa dan shalat jamaah, mereka juga mendengarkan ceramah agama dari ulama.

Jamaah Tabligh merupakan sebuah organisasi non-politik yang mengajak orang menjalani kehidupan sehari-hari sesuai syariat Islam. Jamaah ini didirikan pada tahun 1964. Pertemuan terbesar mereka setiap tahun selalu diadakan di Bangladesh, negara dengan penduduk 152 juta yang hampir 90% di antaranya adalah Muslim. [IK/KT/bsb]

No comments

Powered by Blogger.