Header Ads

Aksi Bela Islam

Tim Medis Gaza Berhasil Lakukan Transplantasi Ginjal


Sebuah tim medis khusus di Jalur Gaza dilaporkan telah berhasil melakukan operasi transplantasi ginjal. Operasi yang itu dilakukan di Rumah Sakit Asy Syifa oleh tim medis pimpinan dr Abdul Qadir Hammad itu disebut sebagai “sejarah baru” bagi perkembangan kesehatan di Gaza.

Operasi transplantasi ginjal untuk pertama kalinya di Gaza itu dilakukan setelah dua bulan koordinasi antara Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Seperti dilansir Palestinian Information Center, Sabtu (26/1), Direktur inisiatif transplantasi ginjal Muhammad Al-Kasyf menyatakan bahwa prestasi medis ini terjadi setelah persiapan kolaboratif selama 11 bulan. Operasi ini telah melibatkan pembentukan sebuah komite transplantasi ginjal yang melibatkan spesialis medis dari Inggris, Yordania dan beberapa rumah sakit Gaza dalam rangka untuk menentukan pasien yang ditargetkan secara akurat. Ketua tim medis dr Abdul Qadir Hammad sendiri adalah seorang dokter Palestina yang juga tinggal di Inggris.

Menteri Palestina kesehatan Mufid Al Makhllaty menggambarkan keberhasilan transplantasi ginjal di Gaza sebagai prestasi bersejarah besar bagi sektor kesehatan Palestina. Mufid mengucapkan terima kasih kepada OKI atas bantuan secara teknis dan logistik yang telah menyukseskan operasi itu. [IK/PIC/bsb]

2 comments:

Powered by Blogger.