Header Ads

Aksi Bela Islam

Erdogan: Turki Takkan Diam Lihat Kebrutalan Rezim Suriah

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Turki tidak akan tinggal diam melihat kebrutalan rezim Bashar al-Assad atas rakyat Suriah.

“Setiap hari banyak anak-anak dan perempuan tidak berdosa tewas di Suriah,” kata Erdogan dalam pidatonya di Forum Komunikai Pemerintah di Uni Emirat Arab, Ahad (24/2).

“Kami tidak akan tinggal diam terhadap mereka yang melakukan kejahatan atas rakyatnya,” tegas Erdogan seperti dilansir Hurriyet Daily.

Erdogan menambahkan, Turki tidak diam melihat kejahatan kemanusiaan yang dilakukan diktator Suriah, meski sebagian orang kesal dengan suara keras Turki.

Negara tetangga Turki itu terus mengalami konflik berdarah selama 23 bulan terakhir. Menurut PBB, jumlah korban mencapai lebih dari 70.000 orang.

Seperti dilansir Hidayatullah, Senin (25/2), pada masa awal revolusi rakyat menentang rezim Assad, Turki memutus hubungan diplomatiknya dengan Damaskus dan memimpin seruan internasional agar Assad dilengserkan. Sejak itu Turki menjadi negara yang dengan tangan terbuka menampung para pengunsi Suriah, termasuk anggota militer Suriah yang membelot. Turki juga menjadi tempat penyelenggaraan pertemuan-pertemuan kelompok oposisi Suriah. Sekitar 200.000 warga Suriah saat ini mengungsi di Turki.

Pada 15 Februari lalu media pemerintah Suriah melaporkan, pemerintah Damaskus telah mengirim surat kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengatakan Turki memainkan peran destruktif dalam konflik di Suriah. [IK/Hdy]

No comments

Powered by Blogger.