Header Ads

Jerman: Kesuksesan Ekonomi Bikin Turki Makin Percaya Diri


Kesuksesan ekonomi membuat Turki makin percaya diri. Demikian diakui kanselir Jerman Angela Merkel, Senin (25/2). Seiring dengan prestasi di bidang perekonomian, peran Turki di tingkat internasional yang makin besar juga berpengaruh meningkatkan kepercayaan diri negara yang dipimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) itu.

Seperti dirilis media resmi internasional Jerman, dw.de, pada pertemuan Senin (25/2) dengan PM Recep Tayyip Erdogan di Ankara, Merkel menghadapi kepala pemerintahan Turki yang makin percaya diri. Ini karena kesuksesan ekonomi dan peran makin besar Turki di bidang diplomasi dan di tingkat internasional. Sikap itu semakin diperkuat Komisaris Energi Eropa Günther Oettinger yang baru-baru ini menyampaikan, Jerman dan Perancis pada dekade mendatang bisa-bisa memohon agar Turki mau masuk ke Uni Eropa.

Sebelumnya, pada akhir Oktober 2012 lalu, Pakar Strategi dari Institut Teknologi Federal, Zurich, Kurt R Spillman menegaskan, Erdogan telah berhasil mengangkat ekonomi Turki dari hampir bangkrut menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. Kemajuan ekonomi itu diakui merupakan hasil sintesis antara industrialisasi dan islamisasi di negara itu.

"Satu dekade lalu, Turki hampir bangkrut. Hari ini, Turki menjadi bagian salah satu kekuatan ekonomi dunia. Itu berkat kepemimpinan PM Turki, Reccep Tayyib Erdogan," kata Spillman seperti dikutip swissinfo.ch, Rabu (31/10).

Bank Dunia memprediksi, pada 2025 nanti, Turki akan menjadi salah satu negara terkaya. Pada saat itu Turki juga menjadi 15 besar tiang ekonomi global yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi negara lain. [IK/dw/bsb]
Powered by Blogger.