$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

10 Makanan yang Mengandung Kolesterol Baik (HDL)

Islam mengajarkan umatnya untuk memilih makanan yang halal dan thayyib . Makanan yang halal insya Allah sudah jelas, yakni yang halal dari...

Islam mengajarkan umatnya untuk memilih makanan yang halal dan thayyib. Makanan yang halal insya Allah sudah jelas, yakni yang halal dari aspek zatnya dan halal dari aspek cara memperolehnya. Sedangkan makanan yang thayyib diantaranya adalah makanan yang menyehatkan. Bagaimana dengan makanan yang mengandung kolesterol?

Ternyata kolesterol dibagi menjadi dua jenis, LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat dan HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik. Nah, jika kolesterol jahat berbahaya bagi kesehatan, kolesterol baik penting untuk menyeimbangkan kesehatan. Sebab, kolesterol baik bersifat seperti penyaring, menurunkan dan mengolah kembali kolesterol jahat.

Jadi, jika selama ini Anda memiliki kolesterol tinggi atau terancam bahaya kolesterol jahat, Anda perlu memperbanyak makanan yang mengandung kolesterol baik. Apa saja? Berikut ini 10 jenis makanan yang mengandung kolesterol baik:

1. Oat
Makanan berserat seperti oat mampu membantu penurunan kadar kolesterol jahat dalam pembuluh darah.

2. Minyak zaitun
Beberapa makanan yang dimasak dengan minyak zaitun terbukti lebih menyehatkan. Pasalnya minyak zaitun mengandung antioksidan yang memerangi kolesterol jahat.

3. Gandum
Hampir sama seperti oat, gandum juga merupakan salah satu sumber makanan berserat tinggi. Makan gandum akan membantu Anda mengontrol kadar kolesterol baik dalam darah. Gandum bisa ditemukan dalam produk roti.

4. Biji rami
Tekstur biji rami sangat menarik dan membuat makanan memiliki cita rasa yang sedikit berbeda dari biasanya. Mengenai kandungan nutrisinya, biji rami kaya akan serat dan omega-3. Fungsinya adalah membantu untuk menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kanker.

5. Yogurt
Bakteri pada yogurt mengandung enzim yang mampu melancarkan saluran pencernaan. Selain itu, yogurt juga kaya akan kolesterol baik. Jadikan yogurt sebagai makanan ringan yang menyehatkan setiap hari.

6. Alpukat
Selain daging buahnya yang gurih, alpukat memiliki mengandung lemak baik (HDL). Kandungan lutein pada alpukat berkhasiat untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan mata dan kandungan klorofilnya merupakan sumber antioksidan.

7. Minyak kelapa murni
Minyak kelapa dapat menjadi pilihan terbaik sebagai menu makanan penutup yang sehat. Meski kegunaan minyak kelapa masih terus dipelajari, tapi manfaatnya telah diakui ampuh sebagi anti-bakteri, kaya akan vitamin K dan E dan zat besi. Beberapa riset bahkan mengindikasikan, minyak kelapa dapat membantu manajemen berat badan, karena mengurangi stres pada sistem endokrin.

8. Ikan
Salmon, sarden, herring, makarel dan tuna adalah jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Lemak pada ikan sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan fungsi otak, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe 2.

9. Kacang-kacangan
Kebanyakan jenis kacang-kacangan mengandung tingkat kolesterol jahat (LDL) yang rendah dan mampu meningkatkan kolesterol baik. Kenari misalnya, mengandung asam lemak omega-3 yang melindungi Anda dari ritme jantung abnormal yang mematikan dan pembekuan darah

10. Cokelat hitam
Terakhir, sumber kolesterol baik bagi tubuh adalah cokelat hitam. Ingat, semakin gelap cokelat, semakin baik pula kandungan nutrisinya. Jadi jangan takut gemuk makan cokelat asalkan Anda makan secukupnya dan sesuai aturan.

Demikian 10 makanan yang mengandung kolesterol baik, semoga bermanfaat bagi Anda. Ingat, muslim yang sehat dan kuat lebih dicintai Allah daripada muslim yang lemah. [Danil Setiawan. Dari berbagai sumber, kompas dan merdeka.com]
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Buku,1,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,64,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,25,Feature,282,Fiqih,71,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,54,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,85,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,20,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,88,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,122,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: 10 Makanan yang Mengandung Kolesterol Baik (HDL)
10 Makanan yang Mengandung Kolesterol Baik (HDL)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjObQvF0FARM3uJ9pkBSJzO0RGMRL-uGFG8-W2jxvgwbdNxB2KUCze2dm9mH2QIVERoKXjmiONUHXPyMXnmU7r3YAjJIG7V9BgH_TC5gVvab53W8IKVbIXPBsWgvSEpkt8e_wWBFQkeT34/s320/Gandum+-+makanan+mengandung+kolesterol+baik.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjObQvF0FARM3uJ9pkBSJzO0RGMRL-uGFG8-W2jxvgwbdNxB2KUCze2dm9mH2QIVERoKXjmiONUHXPyMXnmU7r3YAjJIG7V9BgH_TC5gVvab53W8IKVbIXPBsWgvSEpkt8e_wWBFQkeT34/s72-c/Gandum+-+makanan+mengandung+kolesterol+baik.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2013/04/10-makanan-yang-mengandung-kolesterol.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2013/04/10-makanan-yang-mengandung-kolesterol.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content