Header Ads

Aksi Bela Islam

Kata Siapa Jadi Caleg PKS Tidak Keluar Biaya?


Pendaftaran caleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan berlangsung pada 9 April hingga 22 April 2013 mendatang. Para bacaleg pun kini sibuk melengkapi sejumlah persyaratan agar lolos ke KPU, tidak terkecuali dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang di sejumlah daerah telah menetapkan calon berikut nomor urutnya.

Benarkah agar bisa menjadi caleg Partai Dakwah itu tidak mengeluarkan biaya? Berikut hasil investigasi bersamadakwah terhadap sejumlah caleg DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR RI.

“Ya mengeluarkan biaya. Untuk tes bebas narkoba kita bayar 216 ribu rupiah ke RSUD. Untuk pemberkasan perlu materai enam ribuan lima lembar,” kata Ihwan Jailani, caleg untuk pulau Bawean (Dapil 5), saat ditemui bersamadakwah di kantor DPD PKS Gresik, Ahad (7/4).

“Kalau untuk biaya pendaftaran free alias gratis,” tambah Ihwan saat ditanya adakah biaya pendaftaran caleg PKS.

“Di PKS memang tidak dipungut biaya pendaftaran caleg sepeser pun. Bahkan foto saja kita dibayari sama DPD,” kata Arifatus Sholihah, caleg Dapil 4, di tempat terpisah.

Hal yang sama juga dibenarkan caleg Provinsi dan caleg Pusat. Meskipun pada praktiknya ada partai lain yang menetapkan biaya pendaftaran caleg, PKS tidak melakukannya. Bahkan, para caleg dipilih dari usulan para kader yang kemudian dimusyawarahkan struktur terkait, bukan perseorangan kader yang mengajukan diri. Sedangkan caleg non kader umumnya diusulkan dari kader dan struktur terdekat dengan mempertimbangkan track record-nya. [JJ/lgs]

1 comment:

Powered by Blogger.