Header Ads

Siswa Muslim Yunani Dipaksa Ikuti Pelajaran Agama dari Pendeta


Pemerintah Yunani menuai kritik dari sejumlah pihak lantaran telah menunjuk 90 pendeta untuk mengajarkan pelajaran agama kepada anak-anak muslim di provinsi Thrace Barat.

“Anak-anak dari keluarga minoritas muslim belajar di sekolah-sekolah pemerintah di Western Thrace akan diajarkan Al Quran dalam bahasa Yunani,” lansir The World Bulletin, Jumat (24/5) lalu.

Para pendeta akan dikontrak untuk melayani warga negara Yunani dan anggota minoritas muslim di Thrace Barat. Langkah itu menyusul penerapan “Peraturan imam no 240″ Januari lalu yang telah disetujui dengan mayoritas anggota Parlemen Yunani. Meskipun ada keberatan dari kalangan muslim, hukum yang disusun secara sepihak itu akan tetap diterapkan.

Selain umat Islam, Uni Federal Nationalities Eropa (Fuen) juga mengkritik kebijakan tersebut. Fuen menyesali berlakunya peraturan legislatif tentang status pengkhotbah Muslim di Thrace Barat.

Peraturan imam juga memberikan kewenangan secara tertulis kepada negara untuk memilih imam masjid dan pendeta yang diwakilkan kepada dewan khusus untuk menunjuknya. Dewan khusus beranggotakan 5 orang yang seluruhnya beragama Kristen Yunani. [IK/OI/EM/bsb]

Powered by Blogger.