Header Ads

Aksi Bela Islam

Subhanallah, Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi 9-10 Mei


Salah satu tanda kekuasaan Allah akan dapat disaksikan 9-10 Mei 2013 mendatang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan pada tanggal itu terjadi gerhana matahari cincin (GMC).

Menurut BMKG, gerhana matahari cincin tersebut dapat diamati dari Samudra Pasifik, Australia, Singapura, Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara dan Filipina bagian Selatan.

Australia dan Pasifik akan mengalami gerhana matahari cincin (GMC), sedangkan Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara, mengalami gerhana matahari sebagian pada 10 Mei 2013 pagi hari.

Di Indonesia, seluruh fase gerhana sejak gerhana mulai, puncak gerhana hingga gerhana berakhir bisa dilihat di Kupang, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokrawi, Merauke dan Jayapura. Puncak gerhana, selain bisa dilihat di 8 kota tersebut, juga bisa dilihat di 10 kota lainnya. Yaitu Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kendari, Palu, dan Makassar. Sedangkan untuk akhir gerhana, seluruh kota termasuk Jakarta bisa melihatnya.

BMKG memprediksikan, selain terjadi pada 9-10 Mei 2013, Gerhana Matahari Cincin (GMC) juga akan terjadi pada 3 November 2013. [AM/Bmkg]
Peta Gerhana Matahari Cincin (GMC) 9-10 Mei 2013

No comments

Powered by Blogger.