Header Ads

Aksi Bela Islam

Umat Islam Terus Meningkat, Rusia Diprediksi Akan Jadi Negara Muslim


Islam kini telah menjadi agama kedua yang paling banyak dianut di Rusia setelah Kristen Ortodoks. Jumlah umat Islam terus bertambah dari tahun ke tahun, saat ini sekitar 21-28 juta penduduk atau 15-20 persen dari sekitar 142 juta penduduk.

Seperti dilansir Republika, Kamis (23/5), saat ini terdapat lebih dari 5.000 organisasi Muslim yang terdaftar di Rusia. Secara resmi jumlah masjid di Rusia mencapai 4.750 masjid. Namun jumlah sebenarnya jauh lebih besar dan terus bertambah. Di Dagestan saja terdapat antara 1.600 – 3.000 masjid. Dalam sepuluh tahun terakhir jumlah masjid di Tatarstan telah melebihi 1.000.

Di ibukota Rusia dengan jumlah pemeluk Islam yang melebihi satu juta orang terdapat 20 komunitas Muslim dan lima masjid. Menurut pakar data Rusia, sedikitnya terdapat 7.000 masjid di Rusia.

Paul Goble, seorang spesialis yang secara khusus melakukan kajian terhadap minoritas etnis di Federasi Rusia, memperkirakan Rusia akan menjadi sebuah negara mayoritas Muslim dalam beberapa dekade mendatang.

Tesis Goble didasarkan pada sejumlah data dan fakta sosiologis yang tengah berkembang di Rusia. Pertama, laju pertumbuhan populasi Muslim diperkirakan mencapai antara 40 dan 50 persen sejak tahun 1989. Jumlah masjid juga berkembang sangat cepat dibandingkan 15 tahun sebelumnya yang hanya terdapat 300 masjid di seluruh Rusia.

Menurut data statistik, pada akhir 2015, jumlah masjid di Rusia akan meningkat drastis menjadi 25.000 masjid.

Kedua, penurunan jumlah populasi negeri Beruang Merah ini. Ahli demografi memprediksi bahwa populasi Rusia akan turun secara drastis dari 143 juta jiwa menjadi 100 juta jiwa pada tahun 2050.

Melihat kecenderungan populasi penduduk Rusia yang cenderung terus menurun itu, para politisi dan pemerintah Rusia kebingungan. Untuk menghambat laju penurunan populasi itu, Presiden Dmitry Medvedev telah menyerukan kepada perempuan Rusia untuk memiliki anak lagi. Sementara Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin menawarkan insentif kepada wanita yang akan memiliki anak lagi.

Sebaliknya, hampir semua pasangan muslim sedikitnya memiliki tiga anak. Sebagian besar keluarga muslim mempunyai anak antara 3 hingga 5 orang anak.

Ketiga, meningkatnya jumlah mualaf. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah besar LSM Islam aktif bekerja di dalam negeri Rusia. Mereka memainkan peran penting, terutama bagi penduduk Rusia yang putus asa, dan sebagian besar mereka memilih jalan hidup yang baru dengan masuk Islam.

Mereka umumnya meninggalkan agama sebelumnya yang mereka anut. Terutama kelompok atheis, secara bertahap semakin cenderung ke arah Islam, karena dakwah luas dan kegiatan organisasi-organisasi Islam. [AN/Rpb/bsb]

4 comments:

  1. mungkin lebih aman menjadi Muslim di rusia daripada amerika, Subhanallah

    ReplyDelete
  2. kebanggaan seorang yang beragama itu bukan banyaknya penganutnya tetapi kualitas hidup dari penganutnya itu apakah benar-benar teruji moralnya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.