Header Ads

Aksi Bela Islam

7 Media Besar Salah Kutip tentang PKS, Baru 1 yang Meralat

Tujuh media online nasional salah kutip pernyataan Tifatul Sembiring, Kamis (20/6). Tahu media salah kutip, Tifatul pun menyampaikan koreksi melalui akun twitternya yang memiliki 600 ribu lebih follower. Namun, sampai berita ini ditulis, baru satu dari tujuh media tersebut yang meralat.

Tifatul ditanya oleh wartawan, Kamis (20/6), tentang nasib PKS di koalisi. Tifatul hanya menjawab singkat sambil tersenyum, “PKS, Partai Kalak Sembiring.” Kalak adalah bahasa Karo yang berarti keluarga. Tanpa konfirmasi kepada Tifatul, media-media online langsung ‘berlomba’ menuliskan judul “PKS, Partai Kalah Sembiring” yang tentu saja maknanya berbeda sangat jauh.

Dari pantauan bersamadakwah.com, setidaknya ada tujuh media online nasional yang salah kutip.

1. Kompas.com
Tifatul: PKS, Partai Kalah Sembiring...

2. Metrotvnews.com
Tifatul: PKS, Partai Kalah Sembiring

3. Tribunnews.com
Tifatul : PKS itu Partai Kalah Sembiring

4. Okezone.com
Tifatul: PKS, Partai Kalah Sembiring

5. Suaramerdeka.com
Tifatul Sebut PKS Partai Kalah Sembiring

6. Liputan6.com
Tifatul: PKS, Partai Kalah Sembiring

7. Inilah.com
Tifatul: PKS (Partai Kalah Sembiring)

Dari ketujuh media tersebut, baru inilah.com yang meralatnya menjadi sama seperti maksud Tifatul. Judul itupun telah berubah menjadi “Tifatul: PKS (Partai Kalak Sembiring)”

Sebelumnya, sejumlah media melakukan kesalahan fatal dengan menuliskan bahwa Tifatul mengatakan Fraksi PKS melanggar perintah majelis syuro. Tifatul pun meluruskan bahwa dirinya tidak pernah mengeluarkan pernyataan itu dan tidak pernah diwawancari media yang terkesan mengadu domba PKS itu. [JJ/Twt/bsb]

2 comments:

  1. koreksi diri Pak .. ngapain juga ngungkapin istilah2 yg sangat gampang membuat org salah dengar? hah !!!!!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.