Header Ads

Aksi Bela Islam

Mursi Angkat Gubernur dari Salafi, Kalangan Liberal Protes

Presiden Mesir Muhammad Mursi telah menunjuk seorang tokoh salafi untuk menjadi gubernur Luxor. Pengangkatan Adel el Khayat itu diprotes oleh kalangan liberal. Mereka beralasan, Mursi tidak peduli tentang pluralitas bangsa karena menyerahkan provinsi wisata tersebut untuk dipimpin salafi.

Pariwisata adalah sumber kehidupan provinsi Luxor, lokasi dari beberapa kuil-kuil kuno eksentris Mesir. Di provinsi itu juga terdapat makam Fir’aun, termasuk Tutankhamun.

Praktisi industri pariwisata khawatir gubernur terpilih akan menjalankan pemerintahan provinsi secara garis keras dan mematikan potensi wisata di provinsi itu. Mereka juga mempersoalkan hubungan gubernur dengan mantan militan Jamaah Islamiyah.

“Apakah tak terbayangkan bahwa mereka yang merencanakan, berpartisipasi atau memainkan peran dalam pembunuhan para turis di Luxor, menjadi penguasa?” kata Tharwat Agamy, koordinator pariwisata Luxor.

Sebaliknya, pendukung Mursi menilai pemilihan gubernur itu adalah haknya sebagai presiden terpilih. Lagi pula, Adel el Khayat juga bukan seorang ikhwanul muslimin. Ia diangkat bersama 17 gubernur lainnya dalam penggantian baru-baru ini. [IK/EM/bsb]

No comments

Powered by Blogger.