Header Ads

Aksi Bela Islam

Yusril Siap Gugat Aturan Larangan Jilbab bagi Polwan


Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra bersedia untuk membantu para polisi wanita (polwan) yang tak diperbolehkan untuk mengenakan jilbab ketika berseragam Polri.

Menurutnya, seharusnya Kapolri memperbolehkan para polwan tersebut menutup aurat sesuai dengan ajaran agamanya. "Saya mau bantu mereka untuk bawa masalah ini ke pengadilan secara sukarela," ujarnya kepada RoL, Senin (10/6) malam.

Mantan Menteri Hukum dan Perundang-undangan ini menjelaskan, konstitusi sudah menjamin setiap warga negara untuk menganut keyakinan masing-masing. Sehingga, mengenakan jilbab merupakan bagian dari hak konstitusional warga negara.

"Karena itu kalau ada aturan yang dibuat oleh Kapolri, maka peraturan tersebut dapat di-challance di pengadilan,"tegasnya. Dia menambahkan, hambatan teknis bagi polwan yang mengenakan jilbab sebenarnya tidak ada. Buktinya, polwan di Aceh memakai jilbab dan tidak ada yang menghalangi tugas mereka.

Dia pun berjanji akan menelaah terlebih dahulu tentang Surat Keputusan Kapolri No.Pol: Skep/702/IX/2005 tentang sebutan, penggunaan pakaian dinas seragam Polri dan PNS Polri. Untuk kemudian, dibawa ke pengadilan. "Mungkin ke MA bukan MK, tapi saya telaah dulu biar pasti," jelasnya. [Republika]

8 comments:

  1. konyol banget, ada ya larangan yg kaya gitu, harusnya yg berjilbab juga mendapatkan hak hak yang sama

    ReplyDelete
  2. Moga tidak ada lagi pelarangan bagi wanita muslimah yang ingin mengenakan jilbab.

    ReplyDelete
  3. Korps wanita TNI kapan menyusul ?????

    ReplyDelete
  4. Orang yang melarang kaum muslimah berjilbab....dia orng Kfir...

    ReplyDelete
  5. Semoga Allah menerangkan jalan kebenaran. Polwan yang masih resah, bersabar ya... Insyaallah ada jalan :)

    ReplyDelete
  6. Hidup pak Yusril...silahkan gugat kalo memang ada peraturan yang melarang para polwan berjilbab!bagi para polwan yang ingin berjilbab kami ada di belakang anda!

    ReplyDelete
  7. wong pake jilbab g menghalangi pemakaix bekerja dengan baik, yg pntingkan penggunax melaksanakan tugas dengan baik... ato mungkin para petinggi P....i tkt gbsa menggoda junior mereka :)

    ReplyDelete
  8. Pak Yusril, kami mendukungmu, kami siap turun ke jalan apa bila diperlukan, dan kami siap menyumbang dana untuk pengadaan Jilbab itu apabila negara tidak menganggarkan. Itung-itung untuk beramal.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.