Header Ads

Aksi Bela Islam

10 Tanda-tanda Dukun

Hampir setiap hari pada pekan ini selalu ada berita kasus dukun. Mulai dukun yang menipu, hingga menzinai dan membunuh pasiennya. Ironisnya, masih banyak orang yang terjebak dengan kedok dukun yang mengaku sebagai ustadz atau Kyai.

Meskipun secara tampilan pakaian dan nama mirip dengan ustadz atau Kyai betulan, dukun-dukun tersebut sebenarnya memiliki tanda. Tanda-tanda ini perlu diketahui agar seseorang tidak terjebak menyangka dukun sebagai ulama, apalagi mendatanginya untuk mencari solusi atas problem yang dialaminya.

10 Tanda-tanda Dukun :

1. Menanyakan nama dan tanggal lahir (termasuk weton) pasien, berikut nama orang tuanya
2. Suka mengambil sesuatu yang dipakai pasien untuk dijadikan medianya. Misalnya potongan baju, sapu tangan, dan lain-lain.
3. Suka menulis/membuat jimat-jimat dan rajah-rajah
4. Membaca doa/mantra yang susah dipahami maknanya
5. Meminta kepada pasien untuk menyembelih binatang tertentu atau menyediakan makanan/sajian tertentu
6. Menyuruh pasien melakukan amal-amal tertentu yang tidak pernah diperintahkan Rasulullah (tidak dikenal syariat)
7. Menyuruh pasien membaca doa/mantra tertentu dengan waktu dan jumlah yang ditentukan
8. Memberikan bungkusan tertentu (jimat/tumbal) kepada pasien untuk dipendam di dalam tanah atau diletakkan di rumah, lokasi usaha, dan sejenisnya
9. Memberikan sesuatu (jimat) untuk dipakai pasien, baik berupa sabuk, cincin, gelang, atau lainnya
10. Melarang pasien melakukan kebaikan atau amal shalih tertentu. Misalnya melarang membaca Al Qur'an selama sekian hari, dan sebagainya.

Demikian 10 tanda-tanda dukun diantara sekian banyak tanda-tandanya. Semoga kita dijaga Allah dari mendatangi dukun, bertanya kepada dukun, mempercayainya, lebih-lebih mencari solusi gaib dari mereka. []

No comments

Powered by Blogger.