Header Ads

TIME Juluki Pendukung Mursi Demonstran Terbaik di Dunia

Bagaimana cara mengelola demonstrasi lebih dari 7 juta orang agar tetap berjalan damai? Bagaimana menjaga emosi jutaan demonstran agar tidak terprovokasi meski puluhan sudaranya dibantai? Bagaimana mensterilkan lautan manusia dari para penyusup dan provokator? Pertanyaan-pertanyaan itu agaknya sulit ditemukan jawabannya di Amerika dan negara-negara Barat lainnya. Yang bisa melakukannya justru para pendukung Presiden Mesir Muhammad Mursi.

Mempertimbangkan itu, tidak berlebihan jika majalah TIME menjuluki mereka sebagai demonstran terbaik di dunia. “World’s Best Protesters” tulis TIME di sampul depannya dengan latar belakang foto demonstran yang menuntut legitimasi Presiden Mursi dan menolak kudeta.

NBC News dalam laporannya menjelaskan bahwa demonstrasi pendukung Presiden Mursi bukan hanya demonstrasi damai, tetapi juga dipenuhi berbagai aktifitas ibadah seperti shalat jama’ah, shalat tarawih, qiyamul lail, dzikir dan membaca Al Qur’an. Sehingga, seperti kata seorang demonstran yang dikutip NBC News, situasi di Rabiah Adawiyah lebih mirip suasana ibadah haji daripada suasana demonstrasi. [IK/Tm/Vv/Dkw]
Powered by Blogger.