Header Ads

Aksi Bela Islam

Nasehat Syaikh Shalih Bin Fauzan Terkait Krisis Mesir yang Perlu Diperhatikan Salafi Indonesia

Syaikh Shalih bin Fauzan
Pembantaian ribuan muslim Mesir yang dilakukan oleh militer menuai protes jutaan muslim lainnya di berbagai negara. Sayangnya, di tengah duka umat Islam itu, ada segelintir orang yang justru mencela dan menyalahkan sesama muslim korban pembantaian militer. Di tengah pembelaan umat Islam dari penjuru dunia, ada segelintir orang yang justru 'tertawa' atas terbunuhnya saudara mereka.

Syaikh Shalih Bin Fauzan memberikan nasehat kepada umat Islam, termasuk yang mengaku sebagai salafi, agar hanya berkata yang baik tentang apa yang terjadi di Mesir. Jika tidak bisa, ulama Salafi terkemuka itu menasehatkan agar mereka diam. Syaikh juga menasehatkan agar umat Islam mendoakan agar Allah menolong mereka dan mengeluarkan mereka dari kesulitan.

Berikut video nasehat Syaikh Shalih Bin Fauzan dan terjemahnya:

Pertanyaan:
Tentu tidak samar lagi bagi Anda mengenai peristiwa yang terjadi di Mesir akhir-akhir ini yang merupakan cobaan dan fitnah. Apa nasehat Anda bagi kaum Muslimin di Mesir dan juga bagi para penuntut ilmu agama di negeri ini?

Jawab:
Peristiwa ini merupakan fitnah, dan kaum Muslimin hendaknya mencegah fitnah dan menjauhkan diri darinya. Dan hendaknya tidak berkata-kata mengenai hal ini kecuali perkataan yang mengandung kebaikan bagi semua orang. Sekali lagi, kecuali perkataan yang mengandung kebaikan bagi semua orang. Dalam rangka meredam fitnah dan menghentikan keburukan-keburukan yang menimpa kaum Muslimin. Jika seseorang tidak mampu melakukan hal ini, yaitu tidak mampu mendamaikan dua pihak yang saling memerangi, maka hendaknya diam.

Adapun doa, maka pintu doa itu hendaknya selalu dibuka bagi semua kaum Muslimin dimana pun, agar Allah menolong mereka dan mengeluarkan mereka dari kesulitan.[IK/Ytb/KUM]

32 comments:

  1. kalian nih cuma nukil apa apa yang sesuai nafsu antum. perkataan umum dibawa ke tafsiran nafsu kalian.

    ReplyDelete
  2. demo harom, pemerintah hasil kudeta tetap ditaati selama muslim, kalo kafir boleh diberontak selama mampu dan atas bimbingan ulama berilmu.

    ReplyDelete
  3. Lalu kenapa pernyataan demo harom dan pemerintah tetap ditaati, tidak diterapkan kepada penentang Presiden Mursi saat mereka masih berkuasa ? Hmmmm...tidak baik menafsirkan hadits sesuai dengan nafsu pribadi...kalau menguntungkan dipakai...kalau merugikan ditinggalkan.

    ReplyDelete
  4. Lalu kenapa pernyataan demo harom dan pemerintah tetap ditaati, tidak diterapkan kepada penentang Presiden Mursi saat beliau masih berkuasa ? Hmmmm...tidak baik menafsirkan hadits sesuai dengan nafsu pribadi...kalau menguntungkan dipakai...kalau merugikan ditinggalkan.

    ReplyDelete
  5. Mungkin bagi "salafy" Mursi adalah orang kafir yang boleh dikudeta, sedangkan As sisi adalah ulil amri muslim yang wajib dibela...sekalipun harus menumpahkan darah kaum muslimin.......hmmm geleng2..

    ReplyDelete
  6. kalau copas terjemahan, kasih sumbernya.

    ReplyDelete
  7. Tidak ada salafiyun yang mengatakan bahwa kudeta militer itu benar. Namun berdemo dan menyebabkan kaum muslimin tertumpah darahnya juga tidak dibenarkan. Masing-masing hendaknya menahan diri. Bersabarlah, dan mari belajar manhaj yang benar tentang agama ini.

    ReplyDelete
  8. Tidak pernah seorang salafy membuat statment si A Kafir. Bohong itu kamunya. berbicaralah berlandasan dasr yg jelas atau diam.

    ReplyDelete
  9. beda mesir dan suriah apa ya
    suriah..juga berontak kan ya
    af1 jika salah..mohon pencerahan

    ReplyDelete
  10. Aneh bin ajiib nya kenapa Partai Salafy mendukung Kudeta Militer......kira-kira pakai dalil apa ya, ada yang tau?

    ReplyDelete
  11. partai salafi mendukung kudeta..karne mursi ga sesua mazhab nya kali::)

    ReplyDelete
  12. Dari dulu kerjaannya nyerang ummat islam selain kelompoknya... harusnya energi disalurkan untuk menyerang orang zhalim. Orang yang mencela saudara sendiri tidak pantas jadi pemimpin.

    ReplyDelete
  13. kutipan "Peristiwa ini merupakan fitnah, dan kaum Muslimin hendaknya mencegah fitnah dan menjauhkan diri darinya" bukannya ini nasehat syaikh untuk menjauhi sumber fitnahnya yaitu demonstrasi

    ReplyDelete
  14. beginilah kerjaan orang2 yg mengambil perkataan para ulama tapi yg diambil hanya yg sesuai hawa nafsunya, itupun diputar dulu sana-sini sampai cocok, bertaqwalah kpada Allah ya akhi.

    ReplyDelete
  15. Ungkapan hati dan demo utk kebenaran adalah hak dan kewajiban muslim.

    ReplyDelete
  16. Salafy tu, kalo Saudi dan Amerika OK, dia juga OK.
    Lebih memilih Saudi, Amerika dan Israel daripada IM Hizbi dan takfiri.
    Ingat 2013, Salafy Mesir berkhianat pd ummat Islam

    ReplyDelete
  17. Nasehat Syaikh sungguh mulia untuk mencegah dan menjauhi fitnah.
    Yang mengherankan adalah sikap salafy yang justru ambil bagian dalam KUDETA bersama militer saat presidennya Mursi dan sekarang menentang KUDETA setelah militer berkuasa dan Mursi terguling.
    Jadi heran aja.......kenapa baru sekarang saat militer berkuasa mereka mengeluarkan semua dalil haramnya demonstrasi dst......kenapa dalilnya tidak dikeluarkan saat demonstrasi menentang Mursi?

    ReplyDelete
  18. Insya Allah siapapun (termasuk salafy) yang mendukung kudeta sama dosanya sama as sisi yang membantai ummat Islam.

    ReplyDelete
  19. Tidak akan datang hari kiamat sehingga Allah mengambil orang-orang yang baik dan ahli agama dimuka bumi, maka tiada yang tinggal padanya kecuali orang-orang yang hina dan buruk yang tidak mengetahui yang makruf dan tidak mengingkari kemungkaran - Riwayat Ahmad, Pada akhir zaman akan muncul pembohong-pembohong besar yang datang kepadamu dengan membawa berita-berita yang belum pernah kamu dengar dan belum pernah didengar oleh bapa-bapa kamu sebelumnya, kerana itu jauhkanlah dirimu dari mereka agar mereka tidak menyesatkanmu dan memfitnahmu" - Sahih Muslim

    ReplyDelete
  20. salafy gelar mulia, berpegang teguh di atas manhaj(metode) ini sungguh sulit, tidak setiap yang mengaku dirinya salafi berarti sudah salafi 100%, tidak setiap yang tidak mengatakan dirinya salafi berarti bukan salafi 100%,,,,, tahukah anda apa yang di maksud dengan salafi itu ?

    salafi adalah metode beragama islam itu sendiri yang berasaskan alqur'an & hadits diatas pemahaman orang sholeh terdahulu, pemahaman Nabi, Shohabat, dan para ulama Islam yang senantiasa mengikuti jejak langkah mereka.

    marilah kita menempuh jejak mereka walaupun sedikit.
    bila bicara, berilah dalilnya,,,, bila belum tahu, belajarlah ilmu agama dulu: dimulai dari memperbanyak baca alqur'an, memahami bhs arab, dan mengamalkannya....

    ReplyDelete
  21. tulisan artikel di atas adalah fitnah kepada salafy. syaikh sama seksali tidak mengkhususkan nasehat tersebut kepada salafy tetapi justru syaikh menasehati agar semua kaum muslimin tidak mendekati fitnah, tidak turun kejalan, menjaga stabilitas negara. bertakwalah wahai pembuat artikle kelak engkau akan dimintai pertanggungjawaban atas tulisanmu!!!

    silahkan baca klarifikasi atas artikel fitnah di atas, berikut ini:

    http://media.kompasiana.com/mainstream-media/2013/08/22/jika-sudah-dengki-apa-saja-dilakukan-583091.html

    ReplyDelete
  22. Monggo yg tetap menyuarakan kebenaran, dan monggo juga yg membacakan kebenaran, tinggal nanti dilihat hasilnya di akhirat,yg menyuarakan kebenaran ndak usah tengok kiri kanan, jika yakin sudah lurus maju terus, dan yg lagi membacakan kebenaran silahkan lanjut juga jika itu keyakinan , ndak usah dengarin yg kan cuma mbacain.

    ReplyDelete
  23. Salafy sudah kelihatan belangnya. Salafy ternyata bikinan Yahudi yang pura-pura mengatas namakan Islam tapi ternyata MUSUH BESAR UMMAT ISLAM. MUSUH ISLAM >> YAHUDI, SYIAH, DAN SALAFY

    ReplyDelete
  24. Ya akhi, jangan berdiam diri melihat kezoliman...... Atau mulut antum sudah kaku karena uang pembiayaan yg sudah kadung antm banyak terima khususnya dari si raj-raja arab itu.
    Apakah antm belum sadar, mereka memperalat antm supaya mereka tetap sebagai raja.
    sauara antm yg berjuang mati2an di filistin, mesir, suriyah, thailand dan dimana2 dan antm hanya berdiam diri sambil mencela saudara2 antm itu di mimbar2 kebesaran yg dibiayai org2 yg memiliki kepentingan dunia.... waduhhh na'uzubillah....

    ReplyDelete
  25. Saat anda dengan gilanya mencela salafi dan Saudi, mereka telah mengirim bantuan 2 Pesawat Arab Saudi dengan 100 ton perlengkapan medis dan siap mendirikan 3 rumah sakit lapangan untuk menolong warga Mesir yang terluka.

    http://english.alarabiya.net/en/News/middle-east/2013/08/20/Two-Saudi-planes-carrying-medical-aid-arrive-in-Egypt.html

    Biarlah Allah yg Maha Adil mengadili orang2 yg zholim yg berkata tentang saudaranya sesama muslim hal yang dusta dan keji.

    ReplyDelete
  26. bantuan arab saudi untuk mesir....di mesir ada dua kelompok...dan statement pertama saudi adalah mendukung kudeta, adakah bantuan itu untuk korban kudeta ? atau bantuan untuk pengkudeta ?

    ReplyDelete
  27. Surat untuk Dr. Yasir Barhami dan partainya (Annour)
    Dari Syeikh Abdurrahman bin Abdul Khaliq Alyusuf*
    Kalian telah mengkhianati amanat melanggar janji dan memimpin/ mengambil bagian besar dalam penurunan Presiden yg telah kalian baiat, dan diridhoi oleh mayoritas umat Mesir. Kalian mendukung musuh-mush umat, dan menyobek undang-undang yang kamu adalah salah seorang penulisnya dan disetujui jumhur/kebanyakam umat Mesir.Aku tidak melihat permisalan antara kalian dan presiden yang kalian khianati dan kalian copot kecuali seperti yang terjadi antara Utsman bin Affan RA dan orang-orang yg telah memberontak kepadanya.Utsman bin Affan adalah khalifah pertama yang dipilih dengan referendum seluruh muslimin yang dilakukan oleh Abdurrahman bin Auf RA, sampai beliau berkata setelah menanyai pendapat semua laki-laki dan perempuan di Madinah bahkan pemudi-pemudi belia: “Aku melihat kebanyakan orang tidak ada yg berpaling dari Utsman seorangpun”.Mursi adalah presiden terpilih pertama dalam sejarah Mesir dan sudah dibaiat oleh kebanyakan penduduk mesir dengan hati dan tangan mereka.. kalian dan partai kalian juga termasuk dari mereka.Utsman RA adalah seorang Hafidz Quran, ahli puasa, ahli qiyam, dan kami mengira Mursi juga seperti itu.Utsman.. para pemberontak menyuruhnya menyerah dan turun tetapi dia menolak dan menunggu kematian, dan dia telah bermimpi ketika sedang dikepung Rasulullah berkata kepadanya: “Sesungguhnya Allah telah memakaikanmu baju, maka bila mereka ingin kamu melepaskannya jangan turuti mereka”.Begitu juga Mursi, para pemberontak ingin dia turun sukarela dan melepaskan baju kepresidenan yg telah dipakaikan oleh rakyat Mesir, tetapi dia menolak permintaan para pemberontak.Dan memang tidak sepatutnya dia turun sukarela karena bila dia melalukan hal itu tanpa merujuk kepada orang-orang yang telah membaiatinya maka dia telah mengkhianati mereka.Sedang kalian.. tidak ada permisalan bagi kalian dalam sejarah kecuali dengan para pemberontak khawarij yg telah memberontak kepada Utsman RA tanpa menghiraukan perjanjian mereka dan kehormatan Utsman, dan mengikuti perintah Ibnu Saba.Dan ketahuilah bahwa darah yg akan tertumpah dan kehormatan/ larangan yg akan dilangar disebabkan pelanggaran janji kalian dan pengkhianatan amanat kalian, akan menjadi tanggung jawab kalian, karena kaluan yg memimpin/ mengambil peran besar dalam hal ini, dan kalian telah berusaha untuk hal itu dengan terang2an atau sembunyi2.Bila engkau berbangga bahwa engkau telah membuat roadmap (mesir), ketahuilah bahwa para pencuri kekuasaan yang telah menelikung keinginan rakyat tidak akan mungkin menjadi orang2 yang adil dan saksi bagi Allah meskipun atas diri mereka sendiri.Dan kalian telah melakukan hal itu, supaya orang2 melepaskan baju Salafi (dr pandangan mereka) yang telah lama kalian pakai tanpa hak dan dgn kebohongan. Dan menjadikan kalian golongan orang2 yang membangkang kepada penguasan tanpa hak.Dan ketahuilah bahwa kamu tidak akan menjadi pengganti Mursi meskipun mereka telah mengiming imingimu hal itu karena sesungguhnya Allah tidak merestui tipu daya orang orang yg berkhianat
    .*Ditulis oleh: Abdurrahman Abdul Khaliq Alyusuf(Beliau adalah ulama yg sangat dihormati salafy -red)
    26 Syaban 1434
    4 Juli 2013

    ReplyDelete
  28. Pada goblok, malah pada ngomongin harakah, jama'ah, manhaj bla bla bla. kelakuan orang islam dongo, malah pada bener-benerin manhajnya sendiri. Gw, ga ikut kemana-mana, ga ikut IM, HT, Salafi dll. Gw cuma orang muslim yang kesehariannya mungkin ga sesuci elu pada. Tapi gw yang kesehariannya urak-urakan aja sampe nangis liat saudara gw dibantai, diluar dari itu salafi kek, IM ke atau apapun itu. Ayolah anda yang ikut harokah, jangan mau diadu domba. Ini internet bung, banyak orang yang siap mengadu domba dengan nama samaran atau ngaku2 orang islam. Emangnya lu pikir cuma harokah lu doang yang bakal masuk syurga? pertanyaan ini gw ajuin buat lu semua, mau salafi, IM, HT, Wahdah dll.

    ReplyDelete
  29. Mohon diketahui bahwa walaupun partai An Nuur di Mesir mengaku salafy, mereka sebenarnya tidak mengikuti manhaj salafy. Mereka hanya mencatut nama salafy. Salafy tidak membuat partai dan tidak ikut pemilu dll. Juga syaikh yg dikatakan salafy yg ikut berdemo. Para ulama sudah memberi fatwa ttg Syaikh Abdurrahman Abdul Khaliq, Syaikh Muhammad Hassan, Syaikh Muhammad Yaqub,dll. Silahkan cari sendiri.

    ReplyDelete
  30. Abdurrahman Abdulillah Khaliq adalah bukan salafi juga partai An Nur. Hal ini sudah masyhur.

    ReplyDelete
  31. ulama saudi semuanya takut dengan dinasti saud, contohnya ketika pangeran faishal mengadakan ihtifal ulang tahun. Katanya bid'ah pas yg ngerayain dinasti saud diam semua....

    ReplyDelete
  32. ada yg ngerasa boneka saudi gk, klo kalian gk ngerasa liat sumber pendanaan kalian deh..
    plus sy kasi tau saudi itu boneka Amerika..... saudi takut banget klo dinasti kerajaannya runtuh... jd dia pelihara jama'ah yg bikin mereka nyaman..... nahh lohh siapa tuhh...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.