Header Ads

Aksi Bela Islam

8 Karakter Suami Ideal

Suami ideal - ilustrasi
Anda ingin menjadi suami ideal? Ingin menjadi suami yang dicintai dan dibanggakan istri, sekaligus dirindukan bidadari? Inilah 8 karakter yang perlu Anda miliki. Jika belum ada pada diri, 8 karakter ini perlu ditarbiyah sejak dini.

1. Suami yang sejak awal telah menunjukkan kejujuran dan sikap terus terang. Kelemahan dan kekurangan yang dimiliki tidak disembunyikan sejak melamar.

2. Suami yang menggauli istrinya dengan baik; lembut; memuliakan dan menerima kelebihan serta kekurangan keluarga istrinya.

3. Suami yang mampu menghibur istri dan bersikap lembut terhadap istri. Ia berbicara dengan bahasa yang menarik, mau mengerti dan mendengar perkataan istrinya jika memang pendapatnya itu logis dan tak melanggar agama.

4. Suami yang tidak terlalu pencemburu, tidak mengumbar prasangka, tidak suka memata-matai dan tidak berlebihan.

5. Suami yang memberikan belanja yang cukup kepada istri, tidak boros dan juga tidak bakhil.

6. Suami yang selalu tampil di muka istrinya dengan rapi dan meyakinkan. Ia selalu menjaga penampilan dan kebersihannya, sehingga yang tercium darinya hanyalah bau harum semerbak.

7. Suami yang senantiasa menjaga rahasia rumah tangga. Hal ini mencegah orang-orang sekitarnya menggunjing keluarga mereka.

8. Suami yang senantiasa menjaga kejantanannya, baik secara fisik maupun psikis, sehingga memancarkan kewibawaan.

[Sumber: Al Masyaakil Az Zaujiyah wa Hululuha fi Dhau’il Kitabi wa As Sunnah wa Al Ma’arif Al Haditsah karya Syaikh Muhammad Utsman Al Khusyt seperti dikutip Cahyadi Takariawan dalam buku Pernik-pernik Rumah Tangga Islami]

1 comment:

  1. tentunya para suami kepingin sekali megetahui dan selalu ingin membahagiakan istri..., walau hidup kita apa adanya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.