Header Ads

Aksi Bela Islam

Keterlaluan, Daging Qurban Dijarah di Tengah Jalan Makkah

Daging qurban dijarah (foto Hidayatullah)
Daging qurban yang akan dikirim Arab Saudi ke negara-negara muslim yang membutuhkan dijarah di tengah jalan. Penjarahan yang dinilai keterlaluan itu terekam kamera oleh salah seorang warga Saudi pengguna jalan dan kini telah beredar di Youtube.

Hidayatullah melaporkan, Sabtu (19/10), pelaku penjarahan daging qurban di daerah Jarana, Makkah, Kamis (17/10) lalu itu adalah sejumlah buruh asal Afrika.

Menurut saksi mata dari para pengendara kendaraan di jalan raya Makkah tersebut, orang-orang Afrika itu menghentikan truk lalu mengambil daging qurban yang ada, sementara sopir truk berusaha menghalangi pelaku.

Hafizur Rahman salah seorang pengguna jalan yang melewati tempat kejadian saat peristiwa itu berlangsung mengatakan, “Sungguh mengerikan melihat truk itu berhenti di tengah jalan, kelihatannya karena mengalami masalah teknis. Dan buruh-buruh Afrika yang berjumlah banyak itu menggunakan kesempatan tersebut untuk menjarah daging.”

Rahman mengaku heran mengapa ketika itu patroli jalan raya Makkah yang biasanya berpatroli sepanjang waktu tidak kelihatan. Kejadian itu mengakibatkan kemacetan panjang.

Banyak pengguna jalan melihat aksi penjarahan itu berlangsung, tetapi tidak satupun yang menolong si pengemudi truk, karena kejadiannya sangat cepat dan sebagian saksi mengaku tidak memahami apa yang sedang terjadi.

“Awalnya, saya tidak tahu apa yang sedang terjadi, karena kejadiannya sangat cepat,” kata Rahman dikutip Arab News, Sabtu (19/10).

“Tetapi, kemudian saya baru menyadari apa yang sedang terjadi, ketika saya menyaksikan oerang-orang Afrika itu keluar dari truk membawa berkarung-karung daging dan sopir truk berusaha menghentikan mereka,” kata Rahman.

Dari rekaman video yang diunggah ke YouTube, tampak sejumlah pria keluar dari dalam truk kontener sambil membawa kantong-kantong plastik berisi daging. Mereka berlarian ke berbagai arah, sehingga membuat kacau lalulintas. Banyak pengendara membunyikan klakson mobil, sebab orang-orang berkulit hitam itu berlarian di tengah jalan. Sopir truk terlihat pasrah, karena tidak berhasil menangkap seorang pun dari pelaku yang kelihatannya berjumlah lebih dari 10 orang itu.

Daging qurban yang dijarah sekelompok orang itu merupakan hasil sembelihan yang termasuk dalam program Adahi. Program qurban Adahi diselenggarakan oleh pemerintah Saudi bekerjasama dengan Bank Pembangunan Islam untuk disalurkan ke negara-negara Muslim yang membutuhkan. [AM/Hdy/bsb]


No comments

Powered by Blogger.