$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Khutbah Jum'at 1435: Berjihad Tapi Masuk Neraka

Khutbah Jum’at 1435 H – Kini kita berada di pekan ketiga bulan Muharam 1435 H. Ada sebuah perang yang Rasulullah dan para sahabat mulai ...
Ilustrasi mujahid
Khutbah Jum’at 1435 H – Kini kita berada di pekan ketiga bulan Muharam 1435 H. Ada sebuah perang yang Rasulullah dan para sahabat mulai berangkat dari Madinah pada hari-hari seperti ini. Dan yang tak kalah menarik, ada dua kisah kematian kontras di perang itu. Yang satu mati sebagai syahid dan beroleh surga, sedangkan yang satu mati dengan ancaman neraka. Keduanya mengajari kita untuk menjaga niat dan kejujuran. Karenanya, untuk edisi 18 Muharam 1435 H yang bertepatan dengan 21 Nopember 2013 ini Bersama Dakwah kembali memposting Khutbah Jum'at bertema Berjihad Tapi Masuk Neraka.

***

KHUTBAH PERTAMA


إنَّ الحَمْدَ لله، نَحْمَدُه، ونستعينُه، ونستغفرُهُ، ونعوذُ به مِن شُرُورِ أنفُسِنَا، وَمِنْ سيئاتِ أعْمَالِنا، مَنْ يَهْدِه الله فَلا مُضِلَّ لَهُ، ومن يُضْلِلْ، فَلا هَادِي لَهُ.
أَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه.
اَللَّهُمَّ صَلِّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدًى
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَاأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا * يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,
Pada sisa-sia bulan Muharram seperti ini, di tahun 7 H, Rasulullah bersama 1400 pasukan Islam berangkat ke Khaibar untuk memerangi Yahudi yang tengah mempersiapkan upaya menghancurkan Islam. Perang kemudian berlangsung cukup sengit. Namun dengan pertolongan Allah, satu per satu dari delapan benteng besar Khaibar dapat ditaklukkan. Setiap satu benteng takluk, di sana ada ghanimah.

Suatu ketika dalam rangkaian perang Khaibar ini, Rasulullah hendak membagikan ghanimah kepada seorang Muslim Badui. Tetapi ia menolak. “Wahai Rasulullah, aku mengikutimu bukan untuk tujuan ini, melainkan agar aku terkena panah di sini (sambil memberi isyarat pada lehernya) sehingga aku masuk surga.”

Mendengar itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika engkau jujur kepada Allah maka pasti Allah buktikan.”

Tak lama kemudian beberapa shahabat datang kepada Rasulullah membawa jenazah orang tersebut. Lehernya terluka persis seperti yang ia isyaratkan sebelumnya.

“Orang ini jujur kepada Allah,” sabda Rasulullah, “Oleh karenanya, Allah memenuhi niat mulianya.” Lalu Rasulullah pun mengafani dan memakamkannya.

Masih dalam rangkaian perang yang sama, perang Khaibar, seorang pelayan Rasulullah juga meninggal dunia. Laki-laki yang terkena panah ini menurut satu riwayat bernama Mid’am.

Melihat jenazahnya, sebagian sahabat berkata, “Alangkah nikmat, baginya surga.” Namun, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak, demi Allah, sesungguhnya pakaian yang diambilnya dari rampasan Khaibar sebelum dibagi menjadi bahan bakar api neraka.”

Dua orang yang sama-sama berjihad. Yang satu masuk surga, yang satu lagi masuk neraka. Apa yang membedakannya? Orang pertama berjihad ikhlas lillahi ta’ala, maka ia masuk surga. Sementara orang kedua, niatnya terkotori dan ia mencuri, ia korupsi. Maka ia masuk neraka.

Betapa pentingnya masalah niat ini, hingga hadits pertama Shahih Bukhari adalah tentang niat. Hadits pertama Arba'in Nawawi juga tentang niat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى. فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ
“Sesungguhnya semua amal perbuatan tergantung niatnya dan setiap orang akan mendapatkan sesuai yang ia niatkan. Barangsiapa yang berhijrah karena Allah dan rasulNya, maka hijrahnya menuju Allah dan rasulNya. Barangsiapa yang berhijrah karena dunia yang ia cari atau wanita yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya untuk apa yang ia tuju” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hampir sama dengan jihad, hijrah juga amal besar yang membutuhkan pengorbanan besar. Hijrah dari Makkah ke Madinah bukan hanya meninggalkan tanah air, rumah dan harta benda, tetapi juga meninggalkan keluarga dan beresiko hilangnya nyawa. Tetapi amal sehebat itu menjadi sia-sia, tatkala niatnya melenceng. Bukan karena Allah, tetapi karena ingin mendapatkan dunia atau wanita.

Asbabul Wurud hadits ini, seperti dijelaskan Ibnu Abbas, adalah adanya seorang yang berhijrah, tetapi niatnya berbeda dari para shahabat. Jika para shahabat berniat lillahi ta'ala, orang ini berhijrah agar bisa menikahi Ummul Qais, wanita yang dicintainya. Maka, ia pun mendapatkan sebutan muhajir Ummu Qais.

Niat yang ikhlas dan kejujuran hati dalam menjaga keikhlasan inilah kunci pertama diterimanya amal. Sekaligus kunci bagi amal untuk bisa membawa pelakunya ke surga. Allah menyandingkan ketaqwaan dengan kejujuran ini.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا
"Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan berkatalah dengan perkataan yang benar/jujur" (QS. Al Ahzab:70)

Sebagaimana kejujuran dan ketaqwaan disandingkan dalam ayat tersebut, kejujuran dengan keimanan juga identik. Rasulullah menegaskan bahwa seorang Mukmin pasti jujur dan sebaliknya, bukanlah orang mukmin jika ia pembohong.

Oleh salah seorang sahabatnya Rasulullah ditanya, "Apakah mungkin seorang muslim bersifat pengecut?" Beliau menjawad: "Mungkin"
"Apakah mungkin seorang muslim kikir?" Beliau menjawad: "Mungkin"
"Apakah mungkin seorang muslim berdusta?" Beliau menjawab: "Tidak" (HR. Malik)

Kejujuran niat sebagaimana Muslim Badui dalam perang Khaibar, niat itulah yang diijabahi Allah.

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الشَّهَادَةَ بِصِدْقٍ بَلَّغَهُ اللَّهُ مَنَازِلَ الشُّهَدَاءِ وَإِنْ مَاتَ عَلَى فِرَاشِهِ
“Barangsiapa memohon kepada Allah derajat syahid dengan jujur niscaya Allah akan menyampaikannya ke derajat para syuhada’, meskipun ia meninggal diatas ranjangnya.” (HR. Muslim).

Sebaliknya, meskipun ia mati di medan jihad. Secara fisik ia tampak berjihad. Tetapi jika niatnya busuk dan niat busuk itu melahirkan amal-amal busuk. Kebohongan, terutama dalam hal uang dan harta. Maka jihadnya tiada berguna. Pahala jihadnya terhapus, dan ia justru mendapat siksa api neraka.

Semestinya, kisah dalam perang Khaibar yang ada dalam hadits shahih ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Bahwa jika orang yang ikut berjihad saja bisa masuk neraka karena ia berbohong dalam harta, yang hanya berupa mantel. Lalu bagaimana dengan kita yang amalnya tidak sehebat jihad, tetapi masih juga mencuri atau korupsi. Apalagi jika korupsinya bukan hanya seharga mantel. Tetapi mencapai milyaran, bahkan trilyunan. Bukankah neraka akan sangat geram menanti kita dilempar ke dalamnya? Maka tidak ada cara lain kecuali kita mengikhlaskan niat dan menjaga kejujuran; dalam setiap medan, dalam setiap amal.


وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

KHUTBAH KEDUA

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ
أَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه.
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا * يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا


اللَّهُمَّ صَلِّ وسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ وسَلّمْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، فِي العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنْ خُلَفَائِهِ الرَّاشِدِيْنَ، وَعَنْ أَزْوَاجِهِ أُمَّهَاتِ المُؤْمِنِيْنَ، وَعَنْ سَائِرِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ، وَعَنْ المُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَعَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اللَّهُمَّ اجْعَلْ جَمْعَنَا هَذَا جَمْعًا مَرْحُوْمًا، وَاجْعَلْ تَفَرُّقَنَا مِنْ بَعْدِهِ تَفَرُّقًا مَعْصُوْمًا، وَلا تَدَعْ فِيْنَا وَلا مَعَنَا شَقِيًّا وَلا مَحْرُوْمًا.
اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ وَالغِنَى.

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَرْزُقَ كُلاًّ مِنَّا لِسَانًا صَادِقًا ذَاكِرًا، وَقَلْبًا خَاشِعًا مُنِيْبًا، وَعَمَلاً صَالِحًا زَاكِيًا، وَعِلْمًا نَافِعًا رَافِعًا، وَإِيْمَانًا رَاسِخًا ثَابِتًا، وَيَقِيْنًا صَادِقًا خَالِصًا، وَرِزْقًا حَلاَلاًَ طَيِّبًا وَاسِعًا، يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ.
اللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَوَحِّدِ اللَّهُمَّ صُفُوْفَهُمْ، وَأَجْمِعْ كَلِمَتَهُمْ عَلَى الحَقِّ، وَاكْسِرْ شَوْكَةَ الظَّالِمِينَ، وَاكْتُبِ السَّلاَمَ وَالأَمْنَ لِعِبادِكَ أَجْمَعِينَ.

اللَّهُمَّ رَبَّنَا احْفَظْ أَوْطَانَنَا وَأَعِزَّ سُلْطَانَنَا وَأَيِّدْهُ بِالْحَقِّ وَأَيِّدْ بِهِ الْحَقَّ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ
اللَّهُمَّ رَبَّنَا اسْقِنَا مِنْ فَيْضِكَ الْمِدْرَارِ، وَاجْعَلْنَا مِنَ الذَّاكِرِيْنَ لَكَ في اللَيْلِ وَالنَّهَارِ، الْمُسْتَغْفِرِيْنَ لَكَ بِالْعَشِيِّ وَالأَسْحَارِ
اللَّهُمَّ أَنْزِلْ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِ السَّمَاء وَأَخْرِجْ لَنَا مِنْ خَيْرَاتِ الأَرْضِ، وَبَارِكْ لَنَا في ثِمَارِنَا وَزُرُوْعِنَا وكُلِّ أَرزَاقِنَا يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ.
رَبَّنَا آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا، وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً، إِنَّكَ أَنْتَ الوَهَّابُ.
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الخَاسِرِيْنَ.
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدُّعَاءِ.
عِبَادَ اللهِ :إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي القُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

[Khutbah Jum'at 1435 H Berjihad Tapi Masuk Neraka edisi 18 Muharram 1435 H bertepatan dengan 22 Nopember 2013 M; Bersama Dakwah]

Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Buku,1,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,64,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,25,Feature,282,Fiqih,71,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,54,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,85,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,20,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,88,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,122,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Khutbah Jum'at 1435: Berjihad Tapi Masuk Neraka
Khutbah Jum'at 1435: Berjihad Tapi Masuk Neraka
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyCzeDEzt_h05e0Lou9v50_j4dvANIhwupBAhNtW1Hd7NwTWDf-CCGdblfqic9yZ02d9h_F3OnBNTuRkcGE0leBlamcsOOQIy1Grl2BUE1HTAJCtcyDoZlokXVNv2lxXYSDm7kzFx-HQ/s200/Mujahid.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyCzeDEzt_h05e0Lou9v50_j4dvANIhwupBAhNtW1Hd7NwTWDf-CCGdblfqic9yZ02d9h_F3OnBNTuRkcGE0leBlamcsOOQIy1Grl2BUE1HTAJCtcyDoZlokXVNv2lxXYSDm7kzFx-HQ/s72-c/Mujahid.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2013/11/khutbah-jumat-1435-berjihad-tapi-masuk.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2013/11/khutbah-jumat-1435-berjihad-tapi-masuk.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content