Header Ads

Aksi Bela Islam

Napak Tilas Hari Pahlawan, PKS Gresik Longmarch ke Makam Usman Sadar

Memperingati hari pahlawan, DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Gresik menggelar napak tilas pahlawan Usman Sadar, Ahad (10/11). Tepat pukul pagi, puluhan kader PKS berangkat dari kantor DPD di Jalan Kartini menuju Makam Usman Sadar yang berada di jl Usman Sadar gang 5 KarangPoh.

Di lokasi makam, PKS melakukan bakti sosial membersihkan dan mengecat, kajian sejarah Usman Sadar, dan menyerahkan santunan kepada bu Sa’adah, satu-satunya keluarga Usman Sadar yang masih hidup.

“Napak tilas di sini merupakan sarana menumbuhkan semangat kebangsaan” kata Ketua DPD PKS Gresik Adi Wisnugraha.

“Selain semangat kebangsaan juga harus ada spirit Keislaman sehingga mewujudkan nasionalisme yang benar,” lanjut Adi yang juga penggagas Gerakan Rumahku Surgaku.

Dalam kesempatan itu dipaparkan sejarah pahlawan Oesman atau yang dikenal dengan Usman Sadar oleh sejarahwan dari Mata Seger Kris Adji. Diawali tepatnya tanggal 4 Agustus 1947 Gresik diserang oleh Pasukan Agresi Militer Belanda, Saat itu ada salah seorang pasukan dari Sabilillah pimpinan Maskoen Asj’ari. Dia adalah Muhammad Oesman yang bertindak sebagai kepala seksi dari pasukan Sabilillah Nekat menyerbu dengan menggunakan hand granat di jalan Karang Turi , yang sekarang lebih dikenal dengan jalan Usman Sadar, yang akhirnya syahid pada 13/04/47 dan dikuburkan di sekitar makam dalem Karangpoh Kulon.

Melihat langsung aksi PKS ini, Bu Sa’adah mengucapkan Banyak banyak terima kasih atas perhatian dan simpati dari PKS kepada perjuangan Usman Sadar yang selama ini terkesan kurang perhatian dan kurang terawat makamnya.

Untuk diketahui, napak tilas hari pahlawan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia oleh PKS. Sebagia besar DPD melaksanannya sejak Sabtu (9/11) sore. [Danil S]

No comments

Powered by Blogger.