Header Ads

Aksi Bela Islam

Tengah Malam Nanti Puncak Hujan Meteor di Langit Indonesia

Hujan meteor (Foto Brian Emfinger)
Salah satu tanda kekuasaan Allah akan terjadi beberapa jam lagi. Puncak hujan meteor akan menghiasi langit Indonesia tengah malam nanti.

Profesor Riset Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan, hujan meteor ini sebenarnya telah terjadi sejak 4 Desember lalu.

"Tapi, puncaknya malam ini. Geminid itu hujan meteor yang cukup besar," kata Thomas seperti dikutip Vivanews. Biasanya, imbuh Thomas, puncak terbanyak hujan meteor itu terjadi selepas tengah malam menjelang subuh.

Lebih lanjut ia mengatakan, hujan meteor ini biasanya terjadi setiap bulan Desember. Setiap bulan tersebut, Bumi berpapasan dengan sisa-sisa debu komet.

Debu-debu itu kemudian masuk ke Bumi sebagai meteor. "Penampakannya nanti seperti bintang berpindah titik. Dan jumlahnya banyak," jelas Thomas.

Menurut informasi astronomi, selama hujan meteor Geminid berlangsung, sekitar 120 meteor bisa disaksikan setiap jamnya. Meteor Geminid bergerak dengan kecepatan 35 km per detik sehingga mudah dikenali.

Sayangnya, sebagian besar wilayah Indonesia mendung dan diguyur hujan sehingga pemandangan indah itu sulit terlihat. "Semoga saja ada wilayah yang langitnya cerah nanti malam sehingga bisa melihat hujan meteor terakhir di tahun ini," kata Thomas. [AM/Vv/bsb]

No comments

Powered by Blogger.