Header Ads

Aksi Bela Islam

Iklan Pepsi Ini Bikin Heboh di Mesir

Iklan Pepsi yang bikin heboh (zamalkwyana/dakwatuna)
Iklan produk minuman ringan Pepsi yang terpampang di billboard-billboard Mesir membuat heboh warga Mesir, terutama pengguna media sosial. Pasalnya, mereka menemukan pesan "revolusioner" dalam iklan yang bertema masa depan sepak bola Mesir itu.

Secara kasat mata, iklan berjudul “Saat Ini Waktunya… Ayo Kembali Dukung” itu berusaha mengembalikan semangat dan dukungan kepada tim nasional Mesir yang gagal lolos ke Piala Dunia di Brazil. Namun, banyak warga yang melihat angka-angka yang diperlihatkan dalam kaos timnas membentuk "kode tertentu".

Walid Sulaiman yang berada di ujung kanan memakai kaos bernomor 4. Seperti di ketahui, nomor 4 sangat sensitif di Mesir karena menunjukkan kode R4bia, simbol perlawanan terhadap kudeta militer.

Di sebelah kiri Walid, secara berurutan ada Muhammad Ibrahim, Syarif Ikrami, Umar Jabir, dan Husam Ghali. Namun yang terlihat nomor kaosnya hanya 25, 1, dan 14. Yang membentuk tanggal rencana demonstrasi besar-besaran pada 25 Januari 2014 mendatang, menentang kudeta militer.

Di pihak lain, seperti dilansir Dakwatuna, Jum'at (3/12), para pendukung kudeta menuduh iklan ini mengandung kampanye terselubung untuk mengikuti demonstrasi besar-besaran pada tanggal 25 Januari yang akan datang.

Namun beberapa pengamat mengatakan bahwa iklan itu tidak membawa agenda politik. Munculnya nomor-nomor tersebut dinilai kebetulan saja. Tujuan iklan hanya membangkitkan timnas Mesir agar bisa lolos dalam penyisihan Piala Dunia berikutnya. [AM/Dakwatuna/Bersamadakwah]

No comments

Powered by Blogger.