Header Ads

Aksi Bela Islam

Bengkulu Gelar Lomba Shalat Jamaah Berhadiah Kijang Innova

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan (foto Kompas)
Wali kota Bengkulu Helmi Hasan membuat sebuah inovasi untuk meramaikan masjid. Ia menyediakan hadiah berupa berangkat haji, umrah, dan mobil Toyota Innova milik pribadinya bagi warga daerah itu jika rajin shalat dzuhur berjamaah di Masjid At Taqwa.

Lomba akan dimulai hari ini (12/2). Setiap warga Bengkulu bisa mengikutinya dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) saat mendaftar. Lalu, panitia akan memberikan pin dan memasukkannya ke database.

Peserta yang paling rajin shalat Dzhuhur 40 kali berturut-turut tanpa ketinggalan takbiratul ula akan mendapatkan hadiah umroh. Yang berhasil 52 kali mendapatkan hadiah haji. Dan yang paling rajin di antara seluruh peserta akan mendapatkan mobil Innova V-Series dan Avanza. Jika shalatnya "bolong" sekali saja, perhitungan dimulai lagi dari awal.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai, program Wali Kota itu bagus, tapi bisa menimbulkan diskriminasi.

"Niat Wali Kota bagus, namun harus diperhatikan kesetaraan beragama. Bagaimana dengan penganut agama lain selain muslim, harus ada solusi, sehingga tidak ada diskriminasi, demikian juga dengan kesetaraan jender," kata Ketua MUI Provinsi Bengkulu Rohimin, saat ditemui di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Senin (10/2) lalu, lansir Tribunnews.

Menanggapi hal itu, Kepala Kantor Agama Kota Bengkulu Mukhlisuddin pada Selasa (11/2) mengatakan tidak ada diskriminasi dan bias jender dalam program ini. Wanita yang sedang haid pun tetap dapat ikut program ini dengan catatan mereka harus tetap mendatangi masjid dengan membawa KTP untuk mengisi absen.

"Walau tidak shalat, mereka dapat membantu di masjid, seperti menjaga sandal atau kendaraan jamaah lain," terangnya. [IK/bersamadakwah]

8 comments:

  1. menurut hemat saya, tujuannya baik tapi bisa merusak niat jama'ah (ummat) dalam beribadah, semestinya yang paling terpenting itu bagaimana memperbaiki mental dan kesadaran Ummat untuk mendekatkan diri kepada Alloh bukan karena imbalan yang dijanjikan !

    ReplyDelete
  2. baguslah untuk memotivasi melatih kebiasaan di 4o hari pertama, dan setelahnya dijamin mudah dan terbiasa melakukanya.. siapa yang mengejar akhirat duniapun di dapat

    ReplyDelete
  3. program bapak walikota ini sangat bagus, tapi ada bahayanya klo niatnya berubah hanya sekedar mencari hadiah, maka akan sangat rugi di akhirat nanti

    ReplyDelete
  4. Lomba sholat berjamaah yang paling rapi shafnya n banyak jamaahnya yang menang. mo berapa Imam ya kalau lomba sholat berjamaah?

    ReplyDelete
  5. inna sholati wanusuki wamahyaya wamamti lillahi robbil alamien...
    Sesungguhnya.. Sholatku, Ibadahku, hidupku, dan Matiku ..hanya Untuk Allah.

    bukan sholat ku hanya untuk mobil..

    ReplyDelete
  6. duh judul nya rancu , itu bukan lomba kali.definisi lomba menurut KBBI
    lom.ba
    [n] (1) adu kecepatan (berlari, berenang, dsb): dl rangka memperingati Hari Proklamasi, desa kami mengadakan -- lari karung untuk anak-anak dan orang dewasa; (2) adu keterampilan (ketangkasan, kekuatan, dsb): ia telah keluar sbg juara pertama dl -- deklamasi tingkat Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta

    , kalo lomba berarti ada yang diadu -_-

    ReplyDelete
  7. Anak Rantau bengkulu25 February 2014 at 04:22

    meramaikan masjid itu harusnya bukan tujuan utama babak walikota.. kalau semua masyarakat koba bengkulu sudah sholat berjama'ah semua terus dapat mobil semua anggarannya dari mana? ini sangat pintar idenya atau terlalu bodoh yah..

    ReplyDelete
  8. kalau menurut saya termasuk ria dan syirik jika diadakanya hadiah bagi yang rajin solat berjamaah,meskipun baik tujuanya tetapi bagi muslim yg imanya lemah dia semata2 mengejar materi berupa hadiah iklas lilahita-ala tak ada jangan kotori islam dengn hal2 yg kecil tapi bahaya dosanya takter ampunkan,cobalah pahami dan hayati kandungan al-quran surat al-baqarah ayat 120,

    ReplyDelete

Powered by Blogger.