Header Ads

Aksi Bela Islam

Bidadari Diciptakan dari Apa?

Bidadari - ilustrasi (desainkawanimut)
Manusia (Adam) diciptakan Allah dari tanah. Iblis diciptakan Allah dari api. Malaikat diciptakan Allah dari cahaya. Lalu, bidadari diciptakan dari apa?

Di dalam Al Qur’an, ada sebuah ayat yang menyebutkan tentang penciptaan bidadari. Yakni surat Al Waqi’ah ayat 35.

إِنَّا أَنْشَأْنَاهُنَّ إِنْشَاءً
“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari) dengan langsung” (QS. Al Waqi’ah : 35)

Para mufassir menyepakati bahwa yang dimaksud dalam ayat ini adalah bidadari. Akan tetapi, banyak mufassir yang membiarkan ayat ini tanpa menjelaskan lebih lanjut tentang insyaa’aa (dengan langsung). Termasuk Ibnu Katsir dan Sayyid Qutb, mereka berdua tidak menjelaskan apa maksud insyaa’aa.

Kendati demikian, para ulama menjelaskan bahwa bidadari diciptakan dari za’faran.

Abu Nu’aim meriwayatkan dari Anas radhiyallahu anhu, “Andai seorang bidadari meludah di tujuh samudra, niscaya seluruh samudra itu akan tawar, saking manisnya mulut bidadari, karena bidadari diciptakan dari za’faran.”

Senada dengan atsar ini, Ibnu Qayyim Al Jauziyah berkata, “Kalau wanita dunia yang terbuat dari tanah saja kecantikannya sudah sedemikian memukau, bagaimana dengan bidadari yang diciptakan dari za’faran. Tidak terbayangkan keelokan rupa dan bentuknya.”

Subhanallah... [IK/bersamadakwah]

6 comments:

  1. duh.. gambar nya itu lho, bidadari itu tidak bersayap saudaraku..
    bidadari itu bening, sebening kristal, kan sudah di riwayatkan dalam Hadist
    Semua ahli surga bisa pergi kemana pun yang disukai tanpa harus pake sayappun

    ReplyDelete
  2. Za'faran adalah sejenis pokok herba dari Loridacces dengan ketinggian 10 hingga 30 cm. Bunga Za'faran mempunyai 3 kelopak bunga dan 3 kelopak daun yang berwarna ungu. Adalah sangat menarik diketahui hanya 5 hingga 7 kilogram Za'faran kering yang dapat diperolehu dari satu hektar tanah. Za;faran tergolong antara bahan yang termahal di dunia. Za'faran mempunyai khasiat dan nilai komersial yang tinggi.

    Filamen Za'faran , sebenarnya adalah stigma kering dari bunga Saffron. Setiap bunga tersebut hanya mempunyai 3 filamen stigma sahaja. Za'faron ( Saffron ) merupakan rempahan yang paling berharga dan termahal di dalam dunia.

    ReplyDelete
  3. Wahai,,manusia jgan pikirkan bidadari ,!pikirkanlah dirimu,apakah kmu yakin dirimu terbuat dari tanah....?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.