Header Ads

Aksi Bela Islam

Dituding Syiah, Ini Jawaban Quraish Shihab

Quraish Shihab Prof Quraish Shihab dituding sebagian kalangan sebagai Syiah. Ulama penulis Tafsir Al Misbah ini pun merespons tudingan tersebut.

"Nabi SAW saja difitnah, apalagi cuma Quraish Shihab," ujarnya sambil tertawa ringan. Quraish pun menantang orang-orang yang menyebutnya berpaham syiah untuk membuktikan apakah prinsip-prinsip paham yang berkembang di Iran tersebut ada dalam karyanya, lansir Republika Online, Senin (17/2).

Dia menjelaskan, prinsip syiah sangat jelas seperti percaya kepada imamah. Tak hanya itu, terdapat ritual khas yang kerap dijalankan penganut syiah seperti shalat di batu karbala dan menangguhkan puasa.

"Orang-orang yang menuding saya Syiah, apakah pernah melihat saya shalat di atas batu Karbala? Apakah, ketika Ramadhan, pernah melihat saya tangguhkan buka puasa 10 hingga 15 menit, sebagaimana kayakinan Syiah."

Meski demikian, Quraish mengaku mempelajari beberapa pendapat dari ulama syiah, bahkan muktazilah. Menurutnya, semua itu dilakukan demi mempelajari keragaman yang merupakan kekayaan intelektual umat Islam.

"Jika pendapat ulama Syiah, ada yang saya ambil, bahkan Muktazilah, karena keragaman itu kita pelajari," jelasnya. Quraish pun menegaskan penghormatannya kepada para sahabat Rasulullah SAW, termasuk Abu Hurairah.

"Tanya semua mahasiswa saya bagaimana sikap saya kepada sahabat, terhadap Abu Hurairah. Saya kira tuduhan mereka salah," ujar Direktur Pakar Pusat Studi Quran tersebut. [AM/ROL/bersamadakwah]

32 comments:

  1. Semoga yang dijelaskan Pak Quraisy benar,karena saya termasuk yg meng idolakan beliau,tiap Romadhon saya selalu mengikuti di Metro TV

    ReplyDelete
  2. Di Negeri ini sudah biasa fitnah terjadi pada Ulama Ulama yg 'Alim dalam Ilmu Sholeh dalam amal serta meneguhkan NKRI.

    ReplyDelete
  3. Blunder bersamadakwah.com yang memuat berita beginian tanpa cover both side dengan penuduhnya. Jelas-jelas QS adalah penghadang fatwa sesat Syiah di MUI. Sikap bersamadakwah.com ini hanya akan memunculkan kegalauan di kalangan awam. Padahal bersamadakwah.com saban hari posting kesesatan Syiah.

    ReplyDelete
  4. bapak Prof Quraish Shihab yang sangat saya hormati, saya memang banyak melihat tulisan yang mencondongkan anda ke dalam kelompok syiah.

    mengingat cukup banyak penggemar anda (mungkin juga dapat dikatakan pengikut dakwah anda) maka semua itu dapat berpotensi meresahkan banyak orang, diantaranya ada yang tidak terima dengan tulisan tersebut, tetapi tidak tertutup juga kemungkinan adanya pengikut dakwah anda yang merasa tertipu jika memang tulisan itu benar..

    mengingat kelompok syiah yang suka ber-takiyah, maka menurut saya, tidak ada salahnya jika bapak lebih mempertegas sikap untuk menyatakan bahwa anda bukan syiah dalam setiap kesempatan, dan dalam hal ini tidak cukup dengan berkata 'biar Allah saja yang tahu' mengingat bapak adalah pendakwah maka pernyataan dan penegasan akan sangat bermanfaat bukan hanya untuk klarifikasi tetapi juga keteladanan bagi pendengar dakwah bapak..

    memang benar bahwa Rasulullah SAW dahulu dakwah beliau banyak difitnah oleh musuh-musuh Islam, dan beliau SAW telah mencerahkan melalui lisan dan perbuatan beliau dalam setiap kesempatan rutinitas kehidupan beliau untuk membuktikan bahwa fitnah tersebut tidak benar, dan itu memberikan teladan bagi kita dalam menghadapi fitnah, (maaf, tidak bermaksud menggurui)

    bagus lagi jika diadakan dialog terbuka yang berimbang dengan pihak-pihak yang 'menuding' anda tersebut sehingga semua menjadi jelas sejelas-jelasnya..

    ReplyDelete
  5. Bung Admin...saya punya Kawan yg ketia bimbingan Haji nya adalah Bpk Quraish Shibab. Dan menurut kawan saya itu ( 100 % saya percaya ) bahwa " Beliau -QS- mengatakan nya sendiri adalah SYIAH ".

    Saran saya, coba bung Admin,...minta beliau -Prof. QS- boleh via surat atau yg lainnya..agar bersumpah atas nama Allah SWT, bahwa beliau bukan SYIAH.

    Kemudian tolong hasilnya di posting kembali di media ini. Trimakasih.

    ReplyDelete
  6. sebaiknya dipertemukan saja kedua pihak [penuduh & tertuduh] biar jelas, setelah itu diposting & di upload di youtube, supaya kami yang kecil ini tidak ragu untuk membaca/ mengikuti penjelasannya.

    ReplyDelete
  7. seorang tokoh memang harus menyatakan secara terus terang apa pemahaman agama mereka apakah dia sunni, syiah, sufi, dll. sebab tokoh itu panutan ummat dia harus berbesar hati menerangkan kondisi pemahannya buat diketahui orang banyak agar tidak terjadi fitnah dimana-mana

    ReplyDelete
  8. Salah satu aqidah syiah adalah TAQIYAH! Prof QS harus berani menyatakan secara langsung bhw beliau bkn syiah! harus berani dialog langsung dgn pihak yang menuduh syiah! Dan harus berani mengatakan bhw syiah bkn bagian dari islam!

    ReplyDelete
  9. silahkan baca artikel berikut:
    http://firanda.com/index.php/artikel/bantahan/623-kerancuan-prof-dr-quraisy-syihab-dalam-membolehkan-selamat-natalan

    ReplyDelete
  10. Terus klarifikasikan yg benar menurut Alqur an dan sunnah Nabi Saw....

    ReplyDelete
  11. Memang susah bener mo jadi orang yg punya toleransi dan ikhlas di negeri ini. Yg di-puja2 dan disanjung mayoritas umat Muslim di negeri ini adalah mereka yang tiap jhari kerjanya ngomporin dan menghasut siang malam serta menyebarkan racun kebencian kpd orang lain, sementara orang2 spt Prof.QS selalu dimusuhin oleh mereka yg ke-mana2 ngaku "PALING AHLI ! PALING SUCI ! PALING BENER" Jadi skrg semuanya balik lagi kepada penilian masyarakat yang punya pikiran jernih.

    ReplyDelete
  12. Konon, katak yang tinggal di bawah sebuah tempurung kelapa, saban waktu akan berteriak-teriak untuk mengatakan bahwa dunianya (di bawah tempurung), adalah dunia yang maha luas, dan seakan menafikan keberadaan dunia lain yang lebih luas dari dunianya...
    Besok-besok, mereka juga akan menggugat Doktor dan Jabatan Guru Besar pak Quraiys, karena menganggap diri mereka yang paling benar..., seperti gugatan "kelompok" mereka terhadap gelar doktor kang Jalal di UIN Alauddin Makassar.... tidak perlu didiskusikan....

    ReplyDelete
  13. Janganlah mudah-mudah menuduh atau memfitnah karena dosanya besar, cari dan pelajari dulu sebelum menilai seseorang.

    ReplyDelete
  14. Sebenarnya tidak usah ada klarifikasi, dijaman yang sudah demikian canggih di mana setiap gerak gerik manusia dapat terekam dan terekspos dengan sendirinya melalui sosial media maka kita bisa tahu keberpihakan seseorang. Dan jadilah umat yang cerdas yg tidak tertipu oleh muslihat siapa pun mintalah petunjuk Allah SWT karena hanya DIAlah yang dapat menyelamatkan umat ini dari kehancuran. Aamiiin

    ReplyDelete
  15. Semoga yang bersangkutan diberi kesabaran, buat para muslimin semoga bsa lbh bijak menilai seseorang.

    ReplyDelete
  16. Beliau termasuk panutan saya, byk sekali buku-bukunya yg saya baca. smg tudingan ini tdk benar.

    ReplyDelete
  17. semoga tdk benar..dan hy fitnah.......aamiin.,janganla kita ummat Islam ini mau diadu domba....

    ReplyDelete
  18. Semoga jawaban Pak Quraish, bukan bentuk Taqiyyah sebagaimana kegemaran orang-orang syi'ah. Saya yakin bahwa beliau tetap berpegang teguh pada prinsip Islam yang sesungguhnya seperti yang ditulis dalam sejumlah karangan beliau, amiin.

    ReplyDelete
  19. Saya percaya Pak Quraisy orang2 yang merasa lebih bagus dari Pak Quraisy apa tidak berinntrospeksi dulu sevelum berkomentar pahami dulu apa yang disampaikan tidak usah menilai orang lain seakan kita yg paling baik... ads peilaian lagi nanti yg lebih adil...

    ReplyDelete
  20. Orang yang anti terhadap keberadaan ahlul bait memang senang menggunakan momoent ini, soal kemarahan habib zein alkaff saya kira wajar karena mungkin itu merupakan alasan khusus, anda ingat tidak kisah perseteruan antara syech siti jenar dengan kelompok wali songo?jadi memang soal ada kesesatan dalam ajaran syi'ah sekarang kita akui, tapi yang ingin dibela oleh pak quraisy shihab adalah fakta tentang semula dahulu syi'ah (ali) ini adalah benar, belakangan ada penyimpangan-penyimpangan itu adalah tugas kita untuk meluruskannya, saya kira ada sebuah teka-teki besar dibalik friksi konflik of interest di kalangan ulama Islam sendiri tentang fatwa sesatnya syi'ah, soal fakta karbala sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa memang terjadi pembantaian di sana dan cucu kesayangan rasulullah itu mati seperti seorang penjahat yang telah sesat (bersalah) padahal setahu saya al-imam Husein bin ali dalam posisi benar tidak mau berbai'at kepada yazid bin mu'awiyah yang telah secara tidak sah menduduki kursi kekhalifahan yang seharusnya menurut perjanjian dalam (Islam) setelah perang siffin pengganti Mu'awiyah adalah Hasan bin Ali, semakin jelas runtutnya bahwa ummat Islam dahulu kebanyakan ingin menyingkirkan/ menghilangkan hak-hak ahlul bait rasulullah saw karena kalau hak-hak ini diberikan tidak akan mendapatkan kesempatan kelompok di luar itu untuk menjadi khalifah karena menurut (faham) syi'ah hak-hak kekhalifahan pengganti rasulullah saw adalah murni ditetapkan oleh Allah swt yang dijatuhkan kepada Ali, Fathimah, Hasan dan Husein, berlanjut kepada para keturunannya, nah kalau begini gak dapat kesempatan donk berkuasa bagi kelompok di luar itu, Ini merupakan kenyataan yang sangat pahit bagi Ummat Islam apalagi sekarang fakta sejarah terukir bahwa banyak sekali dari keturunan Hasan dan Husein (anak Fathimah bin Muhammad saw) menjadi raja-raja di seluruh belahan dunia apalagi di Indonesia, walaupun ini adalah alasan yang dicari-cari (Terkesan), ini merupakan suatu hegemoni dan phobia yang luar biasa bagi kelompok anti ahlul bait rasulullah saw, walaupun syi'ah merupakan kelompok minoritas tapi secara faktual banyak sekali adat-istiadat ummat Islam yang terkait dengan fakta kebenaran syi'ah itu sendiri (walau hanya sebagian kecil pula) karena memang kebanyakan ajaran syi'ah yang ada sekarang banyak sekali menyimpang dari ajaran syi'ah yang dahulu

    ReplyDelete
  21. mgk bs jadi bahan pertimbangan
    https://www.facebook.com/notes/fluorescence-as-salafiyyun/membongkar-hubungan-quraish-shihab-dengan-syiah-dan-penyimpangannya-mengenai-taf/151685801592623

    ReplyDelete
  22. Semoga tuduhan ini tdk benar, jgn lah mudah terhasut dengan orang2 yg tidak ingin Islam kuat. Hati2 menghujat ulama, menghujat ulama salah satu tanda2 akhir zaman.

    ReplyDelete
  23. Hati2, menghujat ulama merupakan salah satu tanda2 akhir zaman. Selain mmg berdosa besar jika tuduhan kalian salah.

    ReplyDelete
  24. bukan prerogatif kita menilai aliran orang,apalagi seorangULAMA..mau SYIAH,NU,MUHAMMADIYAH atau KAFIR sekalipun! itu bukan urusan manusia,ayolah kita kembali ke jalan yang BENAR bukan jalan yang MEMBENARKAN DIRI SENDIRI.

    ReplyDelete
  25. Semoga yang menyebar fitnah itu segera mendapat hidayah dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  26. lantas, mengapa Nabi Muhammad dikatakan tdk mendapat jaminan masuk surga?,...ini kan bertentangan dg dg semangat Ibadah Mencontoh Rasul !!!

    ReplyDelete
  27. supaya tidak menjadi tuduhan dan fitnah makanya adakan dialok serta tampilkan semua fakta fakta tentang QS adalah syiah kemudian harus di klarifikasi oleh QS

    ReplyDelete
  28. Sebetulnya bukan pernyataan Prof. QS ttng Nabi tidak dijamin Masuk Surga, Tetapi tentang Hak Prerogatifnya Allah tentang masuknya seseorang atau tidak ke dalam Surga... Bayangkan orang yg sudah mati-matian siang malam beribadah kepada Allah,... eeh tidak langsung masuk surga... harus tunggu dulu hak prerogatif nya Allah... dan ana Jamin hanya orang-orang tertentu yang tahu Hikmah tentang Hak Prerogatif Allah... dan wajar
    saja orang awam kebakaran jenggot mendengar ini... he he he

    ReplyDelete

Powered by Blogger.