Header Ads

Heboh Video Orang Bersurban Menggandakan Uang, Sihir atau Trik?

Video menggandakan uang (Youtube)
Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria bergamis putih dan bersurban hitam melempar uang dari tangannya beredar di Youtube, ditonton ribuan orang dan dikomentari puluhan orang.

Di depan pria tersebut, uang pecahan seratus ribu dan lima puluh ribu terlihat menggunung. Jumlahnya semakin banyak setiap kali pria tersebut melemparkan uang dari tangannya.

RealityShowTV yang mengunggah video tersebut mengklaim bahwa pelakunya adalah seorang Kyai yang tinggal di Probolinggo. Video berdurasi 6 menit 24 detik itu diberi judul “HEBOH!!! Ki Kanjeng Kyai dari Probolinggo Bisa Menggandakan Uang Asli”

Di dalam Islam, memang diakui adanya kejadian ajaib di luar akal manusia. Jika terjadi atau dilakukan oleh Nabi dan Rasul, hal itu disebut mukjizat. Jika terjadi atau dilakukan oleh Wali Allah, hal itu disebut karamah. Baik mukjizat maupun karamah, keduanya diberikan Allah dalam rangka menguatkan dan membela agamaNya. Nabi dan Rasul yang mendapatkan mukjizat serta wali yang mendapatkan karamah, mereka semua tidak pernah mengklaim itu kekuatannya, bahkan sering kali tidak mengetahui memiliki hal itu hingga Allah mengenugerahkannya secara tiba-tiba. Misalnya Nabi Musa. Ia tidak tahu bahwa tongkatnya akan berubah menjadi ular atau tiba-tiba dapat membelah lautan.

Bertolak belakang dari mukjizat dan karamah, ada pula hal di luar perbuatan normal manusia yang disebut sihir. Berbeda dari mukjizat dan karamah yang diridhai Allah, sihir merupakan dosa besar. Sihir dapat menghadirkan peristiwa luar biasa dengan bantuan syetan atau jin.

Nah, menggandakan uang yang dipertontokan dalam video ini sihir atau hanya trik? Wallahu a’lam bish shawab.


Powered by Blogger.