Header Ads

Aksi Bela Islam

Laut Pantai Utara Banten Tiba-tiba Surut, BMKG Heran

ilustrasi dari ROL
Sebuah fenomena alam yang aneh terjadi di Laut Utara Banten. Bukan hanya warga biasa yang kebingungan, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) pun mengaku heran.

Air laut di sepanjang perairan utara Banten sejak Selasa (4/2) hingga Jumat (7/2) siang tiba-tiba surut hingga mencapai sekitar satu kilometer, lansir Republika Online.

Warga sekitar, Tio Salim, mengatakan fenomena ini baru terjadi kali ini. Bahkan, di tengah laut muncul daratan seperti jalan berliku yang menghubungkan antara wilayah Karang Antu dengan pulau-pulau kecil di perairan tersebut.

Surutnya air laut utara Banten itu juga mengakibatkan banyak ikan yang mati. ''Perahu-perahu nelayan juga terjebak di dalam lumpur,'' lapor Antara.

Fenomena ini membuat warga kebingungan sekaligus takut karena khawatir fenomena tersebut berpotensi menimbulkan tsunami. Karena hingga kini, belum diketahui pasti alasan fenomena surutnya air laut itu bisa terjadi.

BMKG Serang telah memeriksa lokasi untuk melihat kondisi dan melakukan pemantauan.

"Ini kejadian alam yang baru sekali terjadi,'' kata Kepala Informasi BMKG Serang, Tri Tjahjo, Jum’at (7/2). ''Kita juga bingung kenapa ini bisa sampai begini."

Meski demikian, BMKG meyakinkan bahwa fenomena ini bukan tanda-tanda akan terjadinya tsunami. [ROL/bersamadakwah]

2 comments:

  1. Subhanallah... semoga masyarakat tidak menyalahartikan fenomena alam ini dan dikaitkan dengan hal-hal mistis.

    ReplyDelete
  2. Pergerakan lempeng bumikah yang mengakibatkan pantai utara jawa bertambah ketinggiannya?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.