Header Ads

Aksi Bela Islam

Awas Malware! Jangan Klik “Video Pesawat Malaysia Airlines MH370 Telah Ditemukan”


Awas Malware! Jangan Klik “Video Pesawat Malaysia Airlines MH370 Telah Ditemukan”
Di tengah hiruk pikuk berita pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang, sebuah scam (penipuan) malware (software perusak) menyebar di Facebook. Dengan menampilkan foto rekayasa pesawat Malaysia Airlines ditemukan jatuh di sebuah hutan disertai tombol ‘Play’, malware itu menarik banyak pengguna Facebook untuk mengkliknya.

Setelah mengklik, pengguna Facebook akan dialihkan ke sebuah situs yang mengandung malware untuk melakukan phising yang meminta sang pengguna untuk membagi video itu sebelum dia bisa menontonnya. Hal ini memberikan para hacker akses kepada akun Facebook dan secara otomatis memposting video itu di wall Facebook korban untuk memancing orang lain.

Seperti dikutip Timlo dari International Business Times, link-link serupa juga telah dibagi di jejaring sosial lainnya.

Bagi pengguna media sosial yang sudah terlanjur mengklik link itu, membaginya atau me-like video itu, sangat disarankan untuk segera menghapus link video tersebut dan mengubah password Facebook-nya. Direkomendasikan pula untuk mengubah password akun-akun lain yang menggunakan password yang sama dengan akun Facebook tersebut. [AM/bersamadakwah]

No comments

Powered by Blogger.