Header Ads

Aksi Bela Islam

Beginilah Bosnia dan Gaza Rayakan Kemenangan AKP Turki

Perayaan kemenangan AKP di Sarajevo, Bosnia
Kemenangan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) dalam Pemilu Lokal Turki bukan hanya dirayakan di dalam negeri. Kemenangan partai pimpinan Erdogan yang telah lama menunjukkan keberpihakannya pada dunia Islam itu juga disambut gembira di Balkan dan Timur Tengah, khususnya Palestina.

Dikutip dari Worldbulletin, di Balkan, kemenangan AKP dirayakan di jalan-jalan ibukota Bosnia Sarajevo serta di kota Macedonia Skopje, di mana Perdana Menteri Erdogan memiliki banyak pengagum. Selama perayaan, pidato kemenangan oleh Perdana Menteri Turki ditransmisikan pada layar.

Kepada orang-orang Balkan, Erdogan mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah berdoa untuk kesuksesan pemilu lokal Turki.

Sejumlah warga Palestina juga turun ke jalan-jalan di Gaza melambaikan bendera Turki bersama bendera Palestina dan Mesir dalam perayaan kemenangan Erdogan .

Pemerintah Jalur Gaza dan gerakan Hamas yang berkuasa pada hari Senin (31/3) mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan partainya atas kemenangan di pemilu lokal Turki.

"Kami mengucapkan selamat kepada Turki atas keberhasilan demokrasi dan kami berharap pemilu ini akan mendorong lebih banyak perkembangan dan kemajuan di Turki," kata juru bicara pemerintah Gaza Ihab al-Ghusain kepada Anadolu Agency.
Perayaan kemenangan AKP di Macedonia

Al-Ghusain, dalam hal ini, menyuarakan harapan bahwa hasil pemilu akan mendorong Turki untuk memperluas dukungan lebih lanjut kepada "orang-orang yang dianiaya" dan perjuangan Palestina.

"Turki selalu mengadopsi sikap mendukung perjuangan Palestina," kata al- Ghusain. "Dan kami percaya ini hasil pemilu ini akan lebih meningkatkan dukungan pemerintah Turki untuk perjuangan Palestina."

Sementara itu, juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri menghubungkan kemenangan pemilihan AK Partai untuk "upaya besar" di tingkat lokal dan posisi yang mengagumkan vis - à - vis negara Islam secara umum dan masalah Palestina secara khusus.
Gaza rayakan kemenangan AKP
Perayaan kemenangan AKP di Gaza
"Kami yakin kemenangan ini akan digunakan untuk melayani kepentingan rakyat Turki dengan sebaik-baiknya," kata Abu Zuhri . "Ini juga akan meningkatkan pengaruh Turki di tingkat regional dan internasional."

Jutaan pemilih Turki memberikan suara di seluruh Turki pada hari Ahad (30/3). Segera setelah pemungutan suara berakhir, hasil awal menunjukkan kemenangan besar partai Erdogan.

Hingga berita ini dimuat, AKP meraih kemenangan mayoritas dengan mengantongi 45,56 persen. Sedangkan partai oposisi terbesar, CHP, memperoleh 27,9 persen. [IK/bersamadakwah]

No comments

Powered by Blogger.