Header Ads

Aksi Bela Islam

Kisah Keajaiban Beruntun Shalat Dhuha

Shalat Dhuha (ilustrasi © ROL)
Shalat Dhuha diyakini sebagai salah satu amal yang mengundang dan memperlancar rezeki. Tidak sedikit Muslim yang telah merasakan keajaiban Shalat Dhuha. Salah satunya, sebut saja Ahmadi.

Ahmadi menceritakan kepada bersamadakwah pengalamannya merasakan keajaiban shalat Dhuha saat ia berniat membiasakan salah satu sunnah Nabi tersebut.

“Di hari pertama aku mulai berkomitmen membiasakan shalat Dhuha, siangnya ada teman yang mentraktirku,” kenangnya. Peristiwa itu terjadi beberapa tahun yang lalu.

“Di hari kedua melaksanakan shalat Dhuha, tiba-tiba aku mendapatkan reward. Jumlahnya tidak banyak sih, sekitar 2,5 persen dari gaji. Tapi ini tidak biasanya,” lanjutnya.






“Di hari ketiga aku melaksanakan shalat Dhuha, Allah menyelamatkanku dari sebuah kecelakaan. Ini memang tidak berupa uang, tetapi kalau diuangkan nilainya sangat mahal. Saat aku pulang kerja, sebuah motor dengan kecepatan tinggi menghampiriku dari belakang. Sudah menubruk motorku. Anehnya, aku tidak apa-apa. Motorku tidak sampai jatuh. Malah orang yang menabrakku tadi yang jatuh,” ia berhenti sesaat, seperti berusaha mengingat-ingat peristiwa itu.

“Aku kemudian berhenti, menepi. Sempat khawatir kalau ia luka parah dan aku disalahkan serta dimintai ganti rugi. Orang-orang menolongnya. Alhamdulillah, tidak parah. Kebetulan beberapa orang yang menolongnya ternyata mengenalku. ‘Nggak apa-apa Mas, lanjut saja’ kata mereka. Aku pun lega”

Keajaiban pada hari-hari pertama Ahmadi membiasakan shalat Dhuha membuatnya semakin yakin bahwa Shalat Dhuha memiliki keistimewaan tersendiri dalam hubungannya dengan rezeki. Ia pun menyadari bahwa yang namanya rezeki tidak selalu berupa uang dan materi. Bisa juga kesehatan, keselamatan, dan seterusnya.

Subhanallah… Sungguh benar firman Allah dan sabda Rasul-Nya:

يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تُعْجِزْنِى مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِى أَوَّلِ نَهَارِكَ أَكْفِكَ آخِرَهُ
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)

بَعَثَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- سَرِيَّةً فَغَنِمُوا وَأَسْرَعُوا الرَّجْعَةَ فَتَحَدَّثَ النَّاسُ بِقُرْبِ مَغْزَاهُمْ وَكَثْرَةِ غَنِيمَتِهِمْ وَسُرْعَةِ رَجْعَتِهِمْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى أَقْرَبَ مِنْهُ مَغْزًى وَأَكْثَرَ غَنِيمَةً وَأَوْشَكَ رَجْعَةً مَنْ تَوَضَّأَ ثُمَّ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لِسُبْحَةِ الضُّحَى فَهُوَ أَقْرَبُ مَغْزًى وَأَكْثَرُ غَنِيمَةً وَأَوْشَكُ رَجْعَةً
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengirimkan sepasukan tentara, lalu mereka berhasil memperoleh harta rampasan perang yang banyak dan bergegas pulang. Kesuksesan perang, harta rampasan yang banyak dan pasukan kembali dengan selamat menjadi buah bibir di masyarakat. Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang lebih banyak memperoleh harta rampasan, bahkan keberhasilannya lebih cepat dibandingkan pasukan tentara itu? Hendaklah seseorang berwudhu lalu pergi ke masjid untuk mengerjakan shalat Dhuha. Maka orang itulah yang lebih cepat memenangkan peperangan, lebih banyak meraih harta rampasan dan lebih segera meraih kesuksesan.” (HR. Ahmad; hasan shahih)




14 comments:

  1. InsyaAllah. Alhamdulillah sudah dipraktikkan.

    ReplyDelete
  2. mas tentang hadist yg terakhir, kan kalau sholat sunnah sebaik2nya dirumah, jika bisa dikerjakan dirumah.. nah kalau sholat dhuhanya dirumah apakah hasilnya lebih baik dari dimesjid? terima kasih

    ReplyDelete
  3. Subhanallah..Terima kasih nasehatnya mas :)

    ReplyDelete
  4. Alloh Hu Akbar

    ReplyDelete
  5. Subhanallah...Merinding bacanya..
    Terimakasih telah mengingatkan
    Allahu Akbar!

    ReplyDelete
  6. Insya Allah, saya mulai mengerjakannya,.. dan Insya Allah, Allah akan terima segala perbuatan dan niat hamba,.. Aamiin...

    ReplyDelete
  7. Subhanallah..Allah memberi rezeki yang tidak disangka-sangka kepada hambanya yang taat

    ReplyDelete
  8. Subhannauloh,..insyaloh akan dan slalu didawamkan,...

    ReplyDelete
  9. Apakah ada Hadits yang membicarakan tentang Sholat Dhuha berjamaah? Akhir-akhir ini sering ada kelompok-kelompok yang mengadakan shalat dhuha berjamaah.

    Bagaimana ini hukumnya secara syar'i sebenarnya?

    ReplyDelete
  10. Subhananllah...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.