$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Mengapa Umat Islam Tak Boleh Menyebut “Gerhana Bulan Darah”?

Tengah malam nanti hingga esuk dini hari akan terjadi gerhana bulan total. Bulan akan berwarna kemerah-merahan. Orang-orang Barat menyebu...
Gerhana bulan merah (ilustrasi)
Tengah malam nanti hingga esuk dini hari akan terjadi gerhana bulan total. Bulan akan berwarna kemerah-merahan. Orang-orang Barat menyebutnya sebagai “Blood Moon” (bulan darah).

Dalam Islam, tidak ada istilah “bulan darah” dan memang sebaiknya Muslim tidak ikut-ikutan menggunakan istilah itu. Mengapa?

Islam adalah agama yang menghendaki kebaikan bagi umatnya, baik di dunia maupun di akhirat. Karenanya Al Qur’an mengajarkan doa:

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
“Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa api neraka” (QS. Al Baqarah : 205)

Islam melarang umatnya meyakini sesuatu yang dapat menjerumuskannya ke dalam kesyirikan dan menghambat kebaikan. Karena dua faktor ini, Islam mengharamkan tathayyur. Yakni merasa sial lantaran ada sebuah kejadian atau hal tertentu. Misalnya seseorang yang akan bepergian kemudian melihat burung terbang ke arah kiri, lalu ia meyakini bahwa itu adalah tanda sial, isyarat akan terjadi kecelakaan atau hal buruk. Ini contoh tathayyur dan hal seperti ini diharamkan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

لاَ طِيَرَةَ
“Tidak ada tathayyur” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu menjelaskan dalam riwayat Abu Dawud:

الطِّيَرَةُ شِرْكٌ الطِّيَرَةُ شِرْكٌ الطِّيَرَةُ شِرْكٌ
”Tathayyur adalah syirik, tathayyur adalah syirik, tathayyur adalah syirik”

Sebaliknya, Islam menyukai optimisme. Rasulullah menyukai fa’l, kata-kata positif yang menumbuhkan otimisme. Beliau bersabda:

لاَ طِيَرَةَ وَخَيْرُهَا الْفَأْلُ . قَالَ وَمَا الْفَأْلُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ الْكَلِمَةُ الصَّالِحَةُ يَسْمَعُهَا أَحَدُكُمْ
”Tidak ada ‘thiyarah, dan sebaik-baiknya adalah fa’l.” Para sahabat bertanya, “Apa itu fa’l?” Beliau menjawab, “Kalimat baik yang didengar oleh kalian” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam praktiknya, Rasulullah mengganti nama dan istilah negatif yang dapat mengantarkan seseorang pada tathayyur menjadi nama dan istilah positif yang menumbuhkan optimisme dan doa. Beliau mengganti nama ‘Ashi (pendosa) menjadi Abdullah. Beliau mengganti nama Huzn (sedih) menjadi Sahl (mudah). Beliau mengganti nama Zahm (repot) menjadi Basyir. Beliau mengganti nama Ghawi (sesat) menjadi Rusyd (lurus).
Salah satu media yang memuat judul heboh soal gerhana

Pun, saat beliau melewati beberapa alternatif jalan menuju tujuan yang sama, beliau memilih nama jalur yang positif. Misalnya saat menuju Khaibar untuk berperang, beliau dihadapkan pada empat jalan, yakni Huzn (kesedihan), Syasy (kacau), Hathib (sial), dan Marhab (selamat datang). Maka beliau memilih melewati jalan Marhab.

Demikianlah, jika orang-orang Barat dan sejumlah media menyebut gerhana seperti yang akan terjadi tengah malam nanti hingga esuk dini hari dengan “blood moon” (bulan darah), cukuplah umat Islam menyebut gerhana bulan atau gerhana bulan merah. Istilah “blood moon” (bulan darah) sendiri, oleh sebagian orang Barat diidentikkan dengan hal negatif atau tanda datangnya bencana, bahkan pertanda hari kiamat. Hal ini bertentangan dengan ajaran Islam yang mendudukkan gerhana secara ilmiah sebagai tanda kekuasaan Allah, bahkan tidak boleh dikaitkan dengan kematian atau kehidupan seseorang.

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَخْسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ
"Sesungguhnya matahari dan bulan itu adalah dua tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana matahari dan bulan itu bukanlah karena kematian atau kehidupan seeorang. Maka jika engkau melihatnya, berzikirlah kepada Allah" (HR. Bukhari dan Muslim)


Wallahu a’lam bish shawab. [Abu Nida]

Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Buku,1,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,64,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,25,Feature,282,Fiqih,71,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,54,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,85,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,20,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,88,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,122,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Mengapa Umat Islam Tak Boleh Menyebut “Gerhana Bulan Darah”?
Mengapa Umat Islam Tak Boleh Menyebut “Gerhana Bulan Darah”?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrdqdQUEUfBxpJpYlzqzYHxRpLPA0oSenyc3QjNwQ7xaqbv1A12lhrNzHMzoz5kBEG2XKrfUN3q5h4FZD4WO3PyVB40DlQpLyVgE0RTyZ6kkM4rQh_K12ZKMPXazVotjTZTOrUk89JKGA/s1600/Gerhana+bulan+merah.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrdqdQUEUfBxpJpYlzqzYHxRpLPA0oSenyc3QjNwQ7xaqbv1A12lhrNzHMzoz5kBEG2XKrfUN3q5h4FZD4WO3PyVB40DlQpLyVgE0RTyZ6kkM4rQh_K12ZKMPXazVotjTZTOrUk89JKGA/s72-c/Gerhana+bulan+merah.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2014/04/mengapa-umat-islam-tak-boleh-menyebut.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2014/04/mengapa-umat-islam-tak-boleh-menyebut.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content