Hikmah dan Rahasia Mengapa Buang Angin Membatalkan Wudhu

wudhu
Mengapa buang angin membatalkan wudhu? Jawaban paling umum adalah, karena ini masalah ibadah. Ibadah adalah perkara tauqifiyah yang harus berlandaskan syariat. Seperti apa ketetapan Allah dan Rasul-Nya, umat Islam wajib mengikutinya.

Tak berhenti pada jawaban itu, Direktur Asosiasi Riset Ilmiah Universitas Al Azhar Syaikh Ali Ahmad Al Jurjawi terus memikirkan masalah ini, hingga kemudian ia mengungkap hikmah dan rahasia mengapa buang angin membatalkan wudhu.

Berikut ini penjelasan beliau yang dibukukan dalam Hikmatut Tasyri wa Falsafatuh (Indahnya Syariat Islam; Mengungkap Rahasia dan Hikmah di Balik Perintah dan Larangan dalam Al Qur’an dan Sunnah):

Angin yang keluar dari tubuh manusia ada empat; yang keluar dari dubur (lubang belakang), yang keluar dari qubul (lubang depan/kemaluan), yang keluar dari mulut dan yang keluar dari hidung.

Kebijaksanaan Allah, Sang Pemilik syariat menjadikan angin yang keluar dari dubur saja yang membatalkan wudhu. Karena ia melewati kotoran saat keluar.

Yang keluar dari mulut tidak membatalkan wudhu karena melewai tempat yang tidak mengandung kotoran, yakni tenggorokan. Demikian pula yang keluar dari hidung.

Sedangkan yang keluar dari qubul, sekalipun melewati tempat keluarnya air kencing, tetapi baunya hilang, bahkan seringnya keluar tanpa disadari, sehingga tidak membatalkan wudhu.

Inilah hikmah dan rahasia mengapa angin yang keluar dari dubur membatalkan wudhu. Mahasuci Allah yang telah mengatur segala perkara dengan sangat bijaksana.
Powered by Blogger.