Header Ads

Aksi Bela Islam

Hikmah Mencukur Bulu Kemaluan

Mencukur bulu kemaluan (ilustrasi)
Rasulullah mengajarkan kepada umatnya untuk rutin mencukur bulu kemaluan. Dalam hadits berikut ini, mencukur bulu kemaluan disebut sebagai salah satu fitrah.

خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ الْخِتَانُ ، وَالاِسْتِحْدَادُ ، وَنَتْفُ الإِبْطِ ، وَتَقْلِيمُ الأَظْفَارِ ، وَقَصُّ الشَّارِبِ
“Ada lima hal termasuk fitrah; khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku dan memangkas kumis” (HR. Bukhari dan Muslim)

Di zaman modern, mencukur bulu kemaluan diketahui memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah 4 poin sebagai berikut :

1. Kebersihan Terjaga
Rambut kemaluan yang tidak dicukur membuat keringat dan bakteri menumpuk di tempat itu. Jika lama dibiarkan, bakteri yang menumpuk dapat menimbulkan penyakit/infeksi. Dengan rutin mencukur rambut kemaluan, kebersihan lebih terjaga dan penyakit/infeksi dapat dihindari.

2. Terhindar dari Bau
Rambut kemaluan yang dibiarkan panjang dan tidak terawat membuat area tersebut menjadi lebih bau. Pasalnya, panas, keringat dan bakteri bercampur jadi satu. Dengan rutin mencukurnya seperti nasehat Rasulullah, maka aroma area tersebut dapat lebih terjaga.

3. Sehat
Area kemaluan yang terjaga kebersihannya menjadikan seseorang lebih sehat. Bukan saja terhindar dari bau, dengan mencukur bulu kemaluan secara rutin juga dapat terhindar dari infeksi atau penyakit kulit.

4. Meningkatkan sensitivitas saat bercinta
Seperti dikutip dari Health Me Up, kulit di sekitar selangkangan sangat sensitif terhadap sentuhan. Namun, bulu kemaluan yang panjang bisa membatasi kontak langsung dengan kulit sensitif tersebut. Dengan mencukurnya, membuat suami/istri lebih mudah memberi stimulasi di area tersebut. [IK/bersamadakwah]

19 comments:

  1. yang jelas Islam itu sangat menekankan pentingnya Kebersihan: Badan, Pakaian, Tempat. Bab Kebersihan menjadi pembahasan awal dalam setiap kitab fikih. Tidak ada agama yang begitu perhatian sekali terhadap kebersihan ini kecuali Islam.

    ReplyDelete
  2. wajib dibaca dan diamalkan!

    ReplyDelete
  3. AWAS, dicek lagi, apakah kebersihan sebagian dari Iman itu apakah haidts

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu hadits, walaupun hadisnya dhoif, tetapi makna haditsnya shohih (betul) krn banyak sekali hadits yg berisittg anjuran menjaga kebersihan. Sprti hadits: "innallaha jamiilun yuhibbul jamaal"

      Delete
    2. 'Kebersihan sebagian dari iman' adalah salah satu kaidah yang lahir dalam pejelasan para ulama tentang syrah hadits 'ath-thohuuru syatrul iimaan' (kesucian itu setengah dari iman')

      Delete
  4. cukur cukur tapi awas hati-hati nyukurnya nanti lecet :D

    ReplyDelete
  5. Apa bedanya poin 1 dgn poin 3?

    ReplyDelete
  6. terima kasih atas infonya, udah lama nih ga cukur.

    dulu blog ini masih blogspot sekarang sudah pakai domain, sukses selalu sob.

    ReplyDelete
  7. ternyata banyak juga ya manfaat dari mencukur bulu kemaluan secara rutin. semoga bisa dilaksanakan dengan rajin

    ReplyDelete
  8. cukur itu sampai botak atw cuma pendek aja?

    ReplyDelete
  9. pastilah semua yg datangnya dari rasul pasti ada hikma dan manfaatnya

    ReplyDelete
  10. عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا: الْإِسْلاَمُ نَظِيْفٌ فَتَنَظَّفُوْا إِنَّهُ لاَيَدْخُلُ الْجَنَّةَ إِلَّا نَظِيْفٌ (رواه الديلمي)
    Dari Aisyah ra: Islam itu adalah agama yang bersih. Oleh karena itu bersihkanlah jiwa dan raga kalian. Sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang yang bersih. (HR. ad-Dailami)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.