$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Menikahlah, Di Sana Ada Cinta dan Barokah

Anggaplah anda naik motor bersama istri dan dua anak anda. Sebab mobil masuk bengkel. Mungkin, motor anda akan merasa keberatan. Sehingga t...
akad nikah
Anggaplah anda naik motor bersama istri dan dua anak anda. Sebab mobil masuk bengkel. Mungkin, motor anda akan merasa keberatan. Sehingga tidak bisa ngebut seperti ketika anda menaikinya seorang diri.

Tapi, jika anda menaikinya bersama anak dan istri, akan ada lipatan kebaikan yang bisa didapat. Saling bercanda, menasehati anak sambil meilhat realita, muroja'ah hafalan, ngobrol ringan. Paling penting, jika anda mengantuk, ada istri dan anak yang mengingatkan.

Nah, jika anda menaikinya seorang diri, maka anda bisa melaju kencang. Tapi, jika mogok anda harus mendorongnya seorang diri. Anda tak bisa pula ngobrol. Emang mau dianggap gila sebab ngobrol dengan angin? Kalau ngantuk, sama sekali tak ada yang mengingatkan anda.

Alhasil, menikah memiliki banyak kebaikan. Pun, ada banyak catatan yang mesti diantisipasi. Karena memang, jalanan terjal penuh tanjakan-turunan dan onak lebih menantang dibanding jalanan lurus dan tanpa saingan.

Oleh karena itulah, menikah adalah awal. Anda akan mendapati kehidupan yang sangat berbeda dengan sebelumnya. Ada cinta, ada juga sedikit benci. Ada banyak nikmat, adapula sedikit uji. Ada canda, tak jarang pula ada marah. Banyak kebaikan, ada juga keburukan yang mengintip dan menggoda.

Maka, setiap kali melihat, meghadiri atau menyeksamai pernikahan, siapapun dan bagaimanapun, selalulah sisipkan ruang untuk khawatir selain bahagia dan syukur yang mendominasi.

Sebab dalam upacara sakral itu, ada perjanjian amat besar. Ada ikatan suci nan kokoh. Ada tanggungjawab yang tak bisa dipikul dengan main-main. Ada cinta yang harus dirawat selama mungkin. Bahkan, hingga kau atau pasanganmu mati, dan setelahnya.
Semoga barokah untuk kita yang telah lama menikah, untuk anda yang baru menikah, utuk siapa yang rindu menikah dan semua yang berniat untuk menjalankan sunnah nabi mulia ini.

Untuk yang diuji dengan lamanya waktu, tetaplah tersenyum. Sebab Allah tak mungkin salah. Ada kebaikan yang pasti anda peroleh sebab kesabaran yang lama disulam. Bukankah buah sabar adalah surga?
Ingat pula, menikah hanya setengah. Setengah lainnya ada takwa. Maka, sempurnakan setengah lainnya itu sejak sebelum, ketika dan selepas menikah. Lalu, jadikanlah menikah sebagai sarana untuk semakin kencang melaju dalam takwa. Agar engkai dan pasanganmu semakin dekat dan taat kepada-Nya.

Tak perlulah risau akan rezeki hingga menyebabkanmu menunda tanpa alasan yang dibenarkan. Sebab rezeki adalah hak mutlak Allah. Dia telah menetapkan-Nya jauh-jauh hari sebelum anda diciptakan. Dia berhak untuk melapangkan maupun menyempitkan untuk siapa yang dikehendaki-Nya.

Anda cukup berupaya sebaik mungkin, sembari terus berdoa dengan harapan penuh seraya cemas jika tak dikabulkan. Bukankah rezeki erat kaitannya dengan usaha? Amatlah mustahil jika Allah menciptakan namun tak menyertakan rezeki bagi makhluk yang diciptakan-Nya itu.

Bagi anda yang sudah berusaha sebaik mungkin, namun belum mendapat “hasil’, jangan sampai berburuk sangka kepada Allah. Apalagi, jodoh, mati dan rezeki memang rahasia-Nya. Tetaplah berupaya seraya melayakkan diri.

Ingatlah selalu, bahwa ada doa dan usaha yang tak langsung dikabul di dunia ini. Adakalanya Allah menunda, kemudian memberi ganti dengan yang lebih baik. Bahkan yang terbaik dan tidak pernah kita sangka.

Adapula yang benar-benar ditunda dan baru diberikan kelak selepas mati. Maknanya, upaya anda tak ada yang sia-sia. Pun, terkait usaha mendapatkan jodoh. Yakinlah selalu, Allah Mahaadil. Semua yang diberikan atau ditahan-Nya adalah yang terbaik.

Semoga dengan sabar, Allah menyegerakannya. Dan itu pasti baik bagimu. Jika kemudian Allah menunda, yakinlah selalu akan skenario indah dari-Nya.

Satu catatan penting, tutup semua pintu penundaan. Sebab mati datang tiba-tiba. Dan, menunda kebaikan sama maknanya dengan sibuk keburukan jika anda tak mencari kebaikan lain yang lebih sempurna.

Sebab, jika sendiri dan menikah ibarat mengendarai motor, maka ketika anda mengendarainya dengan anak dan istri, ketika di tengah jalan anda merasa pegal sebab jauhnya perjalanan, maka ada yang akan setia memberikan pijitan cintanya. Anda hanya perlu berkata agak keras, agar suara anda tak tertiup angin dan bisa didengan oleh pasangan anda itu, “Mi, Abi pegel nich. Tolong dipijitin ya. Bagian pundaknya saja.”

Semoga Allah semakin menyangi kita semua, aamiin.[]


Penulis : Pirman
Redaktur Bersamadakwah.com
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Buku,1,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,64,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,25,Feature,283,Fiqih,71,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,54,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,85,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,20,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,89,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,122,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Menikahlah, Di Sana Ada Cinta dan Barokah
Menikahlah, Di Sana Ada Cinta dan Barokah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfo8ufFsUCkLt047u8rsT_FN3nZ-IazPix95xhyphenhyphenVfK1TbVIvrx7rIFsfghu9vgafVWi14BsAJk7SXKxl5xLZlqnxRzdnpTL0NS8BmvNqZcVL8i8QKkAbUl2Sv26K1f9g4UlOHFuLlFiA/s1600/akad-nikah.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfo8ufFsUCkLt047u8rsT_FN3nZ-IazPix95xhyphenhyphenVfK1TbVIvrx7rIFsfghu9vgafVWi14BsAJk7SXKxl5xLZlqnxRzdnpTL0NS8BmvNqZcVL8i8QKkAbUl2Sv26K1f9g4UlOHFuLlFiA/s72-c/akad-nikah.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2014/05/menikahlah-di-sana-ada-cinta-dan-barokah.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2014/05/menikahlah-di-sana-ada-cinta-dan-barokah.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content