Header Ads

Aksi Bela Islam

Inilah Nasehat Salim A Fillah yang Langsung Direspon Prabowo

Salim A Fillah - tulisan untuk Prabowo
Salah satu tugas ulama dan dai adalah ber-amar ma’ruf nahi munkar, termasuk menasehati pemimpin. Sedangkan pemimpin yang baik adalah sosok yang terbuka menerima kritik dan nasehat, terutama yang datang dari ulama.

Sore tadi, jagad Twitter dicerahkan dengan twit Capres Prabowo Subianto yang secara terbuka menyampaikan bahwa ia menerima tulisan nasehat Salim A Fillah dan mencatatnya baik-baik.

“Sore ini saya membaca tulisan saudara kita di Melbourne @SalimaFillah. Terima kasih bung Salim. Saya catat baik-baik,” kata Prabowo melalui akun Twitternya @Prabowo08.

Seperti apa nasehat Salim A Fillah yang dicatat baik-baik oleh Prabowo? Berikut salinannya:

Pak Prabowo, Kami Memilih Anda, Tapi...


Pak Prabowo, kami memilih Anda, tapi..

Tapi sungguh orang yang jauh lebih mulia daripada kita semua, Abu Bakr Ash Shiddiq, pernah mengatakan, “Saya telah dipilih untuk memimpin kalian, padahal saya bukanlah orang yang terbaik di antara kalian. Kalau saya berlaku baik, bantulah saya. Dan kalau anda sekalian melihat saya salah, maka luruskanlah.”

Maka yang kami harapkan pertama kali dari Anda, Pak Prabowo, adalah sebuah kesadaran bahwa Anda bukan pahlawan tunggal dalam masa depan negeri ini. Barangkali memang pendukung Anda ada yang menganggap Andalah orang terbaik. Tetapi sebagian yang lain hanya menganggap Anda adalah sosok yang sedang tepat untuk saat ini. Sebagian yang lainnya lagi menganggap Anda adalah “yang lebih ringan di antara dua madharat”.

Tentu saja, mereka yang tidak memiliih Anda menganggap Anda bukan yang terbaik, tidak tepat, dan juga berbahaya.

Dan jika Anda, Pak Prabowo, nantinya terpilih menjadi Presiden, maka mereka semua akan menjadi rakyat yang dibebankan kepada pundak Anda tanggungjawabnya di hadapan Allah. Maka kami berbahagia ketika Anda berulang kali berkata di berbagai kesempatan, “Jangan mau dipecah belah. Jangan mau saling membenci. Kalau orang lain menghina kita, kita serahkan pada Allah Subhanahu wa Ta’ala, Tuhan Maha Besar.”

Dan Anda juga harus menyadari bahwa barangsiapa merasa jumawa dengan kekuasaan, maka beban kepemimpinan itu akan Allah pikulkan sepelik-peliknya di dunia, dan tanggungjawabnya akan Dia jadikan penyesalan serta siksa di akhirat. Adapun pemimpin yang takut kepada Allah, maka Dia jadikan manusia taat kepadanya, dan Dia menolong pemimpin itu dalam mengemban amanahnya.

Pak Prabowo, kami memilih Anda, tapi..

Tapi sungguh orang yang jauh lebih perkasa daripada kita semua, ‘Umar ibn Al Khaththab, pernah mengatakan, “Seandainya tidaklah didorong oleh harapan bahwa saya akan menjadi orang yang terbaik di antara kalian dalam memimpin kalian, orang yang terkuat bagi kalian dalam melayani keperluan-keperluan kalian, dan orang yang paling teguh mengurusi urusan-urusan kalian, tidaklah saya sudi menerima jabatan ini. Sungguh berat bagi Umar, menunggu datangnya saat perhitungan.”

Maka yang kami harapkan berikutnya dari Anda, Pak Prabowo, adalah sebuah cita-cita yang menyala untuk menjadi pelayan bagi rakyat Indonesia. Sebuah tekad besar, yang memang selama ini sudah kami lihat dari kata-kata Anda. Dan sungguh, kami berharap, ia diikuti kegentaran dalam hati, seperti ‘Umar, tentang beratnya tanggungjawab kelak ketika seperempat milyar manusia Indonesia ini berdiri di hadapan pengadilan Allah untuk menjadi penggugat dan Anda adalah terdakwa tunggal bila tidak amanah, sedangkan entah ada atau tidak yang sudi jadi pembela.

Pak Prabowo, jangankan yang tak mendukung Anda, di antara pemilih Andapun ada yang masih meragukan Anda karena catatan masa lalu. Saya hendak membesarkan hati Anda, bahwa ‘Umar pun pernah diragukan oleh para tokoh sahabat ketika dinominasikan oleh Abu Bakr sebab dia dianggap keras, kasar, dan menakutkan. Tapi Anda bukan ‘Umar. Usaha Anda untuk meyakinkan kami bahwa kelak ketika terpilih akan berlaku penuh kasih kepada yang Anda pimpin harus lebih keras daripada ‘Umar.

Pak Prabowo, kami memilih Anda karena kami tahu, seseorang tak selalu bisa dinilai dari rekam jejaknya. ‘Umar yang dahulu ingin membunuh Nabi, kini berbaring mesra di sampingnya. Khalid yang dahulu panglima kebatilan, belakangan dijuluki ‘Pedang Allah’. Tapi Anda bukan ‘Umar. Tapi Anda bukan Khalid. Usaha Anda untuk berubah terus menjadi insan yang lebih baik daripada masa lalu Anda akan terus kami tuntut dan nantikan. Ya, maaf dan dukungan justru dari orang-orang yang diisukan pernah Anda ‘culik’ menjadi modal awal kepercayaan kami kepada Anda.

Pak Prabowo, kami memilih Anda, tapi..

Tapi orang yang jauh lebih dermawan daripada kita semua, ‘Utsman ibn ‘Affan, pernah mengatakan, “Ketahuilah bahwa kalian berhak menuntut aku mengenai tiga hal, selain kitab Allah dan Sunnah Nabi; yaitu agar aku mengikuti apa yang telah dilakukan oleh para pemimpin sebelumku dalam hal-hal yang telah kalian sepakati sebagai kebaikan, membuat kebiasaan baru yang lebih baik lagi layak bagi ahli kebajikan, dan mencegah diriku bertindak atas kalian, kecuali dalam hal-hal yang kalian sendiri menyebabkannya.”

Ummat Islam amat besar pengorbanannya dalam perjuangan kemerdekaan negeri ini. Pun demikian, sejarah juga menyaksikan mereka banyak mengalah dalam soal-soal asasi kenegaraan Indonesia. Cita-cita untuk mengamalkan agama dalam hidup berbangsa rasanya masih jauh dari terwujud.

Tetapi para bapak bangsa, telah menitipkan amanah Maqashid Asy Syari’ah (tujuan diturunkannya syari’at) yang paling pokok untuk menjadi dasar negara ini. Lima hal itu; pertama adalah Hifzhud Diin (Menjaga Agama) yang disederhanakan dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Kedua Hifzhun Nafs (Menjaga Jiwa) yang diejawantahkan dalam sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Ketiga Hifzhun Nasl (Menjaga Kelangsungan) yang diringkas dalam sila Persatuan Indonesia. Keempat Hifzhul ‘Aql (Menjaga Akal) yang diwujudkan dalam sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. Dan kelima, Hifzhul Maal (Menjaga Kekayaan) yang diterjemahkan dalam sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Pak Prabowo, kami memilih Anda sebab kami berharap Anda akan melaksanakan setidak-tidaknya kelima hal tersebut; menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga kelangsungan, menjaga akal, dan menjaga kekayaan; dengan segala perwujudannya dalam kemaslahatan bagi rakyat Indonesia. Kami memilih Anda ketika di seberang sana, ada wacana semisal menghapus kolom agama di KTP, melarang perda syari’ah, mengesahkan perkawinan sejenis, mencabut tata izin pendirian rumah ibadah, pengalaman masa lalu penjualan asset-aset bangsa, lisan-lisan yang belepotan pelecehan kepada agama Allah, hingga purna-prajurit yang tangannya berlumuran darah ummat.

Pak Prabowo, seperti ‘Utsman, jadilah pemimpin pelaksana ungkapan yang amat dikenal di kalangan Nahdlatul ‘Ulama, “Al Muhafazhatu ‘Alal Qadimish Shalih, wal Akhdzu bil Jadidil Ashlah.. Memelihara nilai-nilai lama yang baik dan mengambil hal-hal baru yang lebih baik.”

Pak Prabowo, kami memilih Anda, tapi..

Tapi orang yang lebih zuhud daripada kita semua, ‘Ali ibn Abi Thalib, pernah mengatakan, “Barangsiapa mengangkat dirinya sebagai pemimpin, hendaknya dia mulai mengajari dirinya sendiri sebelum mengajari orang lain. Dan hendaknya ia mendidik dirinya sendiri dengan cara memperbaiki tingkah lakunya sebelum mendidik orang lain dengan ucapan lisannya. Orang yang menjadi pendidik bagi dirinya sendiri lebih patut dihormati ketimbang yang mengajari orang lain.”

Pak Prabowo, hal yang paling hilang dari bangsa ini selama beberapa dasawarsa yang kita lalui adalah keteladanan para pemimpin. Kami semua rindu pada perilaku-perilaku luhur terpuji yang mengiringi tingginya kedudukan. Kami tahu setiap manusia punya keterbatasan, pun juga Anda Pak. Tapi percayalah, satu tindakan adil seorang pemimpin bisa memberi rasa aman pada berjuta hati, satu ucapan jujur seorang pemimpin bisa memberi ketenangan pada berjuta jiwa, satu gaya hidup sederhana seorang pemimpin bisa menggerakkan berjuta manusia.

Pak Prabowo, kami memilih Anda sebab kami tahu, kendali sebuah bangsa takkan dapat dihela oleh satu sosok saja. Maka kami menyeksamai sesiapa yang ada bersama Anda. Lihatlah betapa banyak ‘Ulama yang tegak mendukung dan tunduk mendoakan Anda. Balaslah dengan penghormatan pada ilmu dan nasehat mereka. Lihatlah betapa banyak kaum cendikia yang berdiri memilih Anda, tanpa bayaran teguh membela. Lihatlah kaum muda, bahkan para mahasiswa.

Didiklah diri Anda, belajarlah dari mereka; hingga Anda kelak menjelma apa yang disampaikan Nabi, “Sebaik-baik pemimpin adalah yang kalian mencintainya dan dia mencintai kalian. Yang kalian doakan dan dia mendoakan kalian.”

Pak Prabowo, kami memilih Anda, tapi..

Tapi orang yang lebih adil daripada kita semua, ‘Umar ibn ‘Abdil ‘Aziz, pernah mengatakan, “Saudara-saudara, barangsiapa menyertai kami maka silahkan menyertai kami dengan lima syarat, jika tidak maka silahkan meninggalkan kami; yakni, menyampaikan kepada kami keperluan orang-orang yang tidak dapat menyampaikannya, membantu kami atas kebaikan dengan upayanya, menunjuki kami dari kebaikan kepada apa yang kami tidak dapat menuju kepadanya, dan jangan menggunjingkan rakyat di hadapan kami, serta jangan membuat-buat hal yang tidak berguna.”

Sungguh karena pidato pertamanya ini para penyair pemuja dan pejabat penjilat menghilang dari sisi ‘Umar ibn ‘Abdil ‘Aziz, lalu tinggallah bersamanya para ‘ulama, cendikia, dan para zuhud. Bersama merekalah ‘Umar ibn ‘Abdil ‘Aziz mewujudkan pemerintahan yang keadilannya dirasakan di segala penjuru, sampai serigalapun enggal memangsa domba. Pak Prabowo, sekali lagi, kami memilih Anda bukan semata karena diri pribadi Anda. Maka pilihlah untuk membantu urusan Anda nanti, orang-orang yang akan meringankan hisab Anda di akhirat.

Pak Prabowo, kami memilih Anda, tapi..

Tapi kalaupun Anda tidak terpilih, kami yakin, pengabdian tak memerlukan jabatan. Tetaplah bekerja untuk Indonesia dengan segala yang Anda bisa, sejauh yang Anda mampu.

Sungguh Anda terpilih ataupun tidak, kami sama was-wasnya. Bahkan mungkin, rasa-rasanya, lebih was-was jika Anda terpilih. Kami tidak tahu hal yang gaib. Kami tidak tahu yang disembunyikan oleh hati. Kami tidak tahu masa depan. Kami hanya memilih Anda berdasarkan pandangan lahiriyah yang sering tertipu, disertai istikharah kami yang sepertinya kurang bermutu.

Mungkin jika Anda terpilih nanti, urusan kami tak selesai sampai di situ. Bahkan kami juga akan makin sibuk. Sibuk mendoakan Anda. Sibuk mengingatkan Anda tentang janji Anda. Sibuk memberi masukan demi kemaslahatan. Sibuk meluruskan Anda jika bengkok. Sibuk menuntut Anda jika berkelit.

Inilah kami. Kami memilih Anda Pak Prabowo, tapi..

Tapi sebagai penutup tulisan ini, mari mengenang ketika Khalifah ‘Umar ibn ‘Abdil ‘Aziz meminta nasehat kepada Imam Hasan Al Bashri terkait amanah yang baru diembannya. Maka Sang Imam menulis sebuah surat ringkas. Pesan yang disampaikannya, ingin juga kami sampaikan pada Anda, Pak Prabowo. Bunyi nasehat itu adalah, “Amma bakdu. Durhakailah hawa nafsumu! Wassalam.”

doa kami,

hamba Allah yang tertawan dosanya, warga negara Republik Indonesia. [Salim A Fillah]

218 comments:

  1. THESE IS A GOOD REFFERENCE FOR US

    ReplyDelete
  2. mudah2an kita dianugerahkan pemimpin yang amanah..

    ReplyDelete
  3. Luar biasa.
    Semoga Allah memberikan kita pemimpin yang hebat :)

    ReplyDelete
  4. Semoga Indonesia dipimpin oleh pemimpin yang jujur, amanah, tabligh dan fathonah. Aamiin.

    ReplyDelete
  5. sebaiknya nasihat yang baik ini juga disampaikan ke calon satunya. khawatir mudharat nya akan lebih besar jika mereka terpilih namun jauh dari nasihat baik dan digantungkan nasib Indonesia kepada mereka yg saat ini mengelilinginya

    ReplyDelete
  6. kalo ulama yang baik dan rahmat bagi semua..nasehat itu disampaikan kepada semua kandidat...yg juga sama sama sesama muslim..sayang sekali ya ini ulama yg saya kagumi juga..mmmhhh

    ReplyDelete
  7. Semoga pak prabowo terpilih jd presiden dan mampu mengemban amanah

    ReplyDelete
  8. MUMTAZ ya akhi fillah,,semoga jadi awal yg baik bagi calon pemimpin kita,,amin,,!

    ReplyDelete
  9. Ya Allah berikanlah yang terbaik bagi umat muslim Indonesia, maafkanlah kami atas dosa-dosa kami, maafkanlah kelalaian kami dalam mengingat-Mu.

    ReplyDelete
  10. Bagaimana bisa ustad Salim memberikan nasihat yg sama utk calon yg lainnya karena bagi beliau pilihan kepada Bapak Prabowo adalah yg lebih sedikit mudharatnya dibandingkan pilihan ke calon lainnya...btw, awesome advice full of wisdom..i salute you ustad...

    ReplyDelete
  11. Subhanallah .. semoga pak prabowo jika terpilih nanti dpt mengemban amanah ini :) Amin .

    ReplyDelete
  12. Semoga Allah swt membukakan mata hati seluruh rakyat indonesia untuk memilih pemimpin yang membela agama Allah....
    Secara lahiriah, prabowo dan hatta lah pemimpin yg kami dambakan saat ini, entah beberapa kali air mata ini menetes terharu, mendengar uraian, penjelasan dari kedua hamba tersebut, smg janji mereka bisa kami tagih untuk 5 tahun ke depan....

    ReplyDelete
  13. ALLAHU AKBAR...
    MAJU TERUS PAK PRABOWO!!

    ReplyDelete
  14. subhanallah Allahu Akbar.....

    ReplyDelete
  15. mudah mudahan pak prabowo tidak lupa dengan pesan ini ,kami mendoakan pak prabowo semoga jd pemimpin yg melindungi kepentingan rakyat amin

    ReplyDelete
  16. Subhannallah...smg Allah SWT selalu melindungi bangsa Indonesia dan memilihkan pemimpin yg menegakkan Agama Allah..aamiinn

    ReplyDelete
  17. Pemimpin yg dapat mengamalkan nasihat ini, Insya Allah berkah dunia-akhirat.

    ReplyDelete
  18. harusnya nasehat itu untuk kedua kandidat karena:
    1. prabowo & jokowi, keduanya bukan umar bukan sahabat nabi tapi keduanya sama2 muslim.
    2. andaikan pemenang pilpres bukan jagoan ustadz, apakah akan dijadikan "musuh bersama"?toh siapapun yg menang akan menjadi pemimpin kita, suka atau tidak suka.
    3. situasi & kondisi sudah berbeda. saat itu sudah jelas siapa calon pemimpinnya, sekarang yg kita anut adalah sistem demokrasi, dg pemilu langsung oleh rakyat. one man one vote.

    ReplyDelete
  19. Ya Allah semoga Engkau memberikan kami pemimpin yang benar benar Engkau ridhoi...

    ReplyDelete
  20. semoga negara kita selalu di pimpin oleh orang-orang yang beriman dan berakhlaqulkarimah, amiin

    ReplyDelete
  21. @anonim..point no 1&2 dh dipaparin kok..nah dr ulasan diatas bs ngjwb point no 3..barokalloh..

    ReplyDelete
  22. bukankah sudah jelas kalimat beliau, "kami memilih anda, tapi.." jadi tidak mungkin nasehat ini untuk kedua capres, nasehat ini diberikan karena beliau sudah menjatuhkan pilihan

    ReplyDelete
  23. lindungilah mafia2 itu pak prabowo

    ReplyDelete
  24. Smga mnjdi pemimpin yg amanah pak prabowo,jgn lupa ttp dekat dg para ulama.

    ReplyDelete
  25. Subhanallah, semoga Indonesia tetap dipimpin imam yang se-aqidah.. Amin


    @unknown Saudaraku, penghujat postingan ini...anda tahu pluralisme? Semoga anda diberi pencerahan

    ReplyDelete
  26. puisiku untukmu Prabowo !!!!!! .... Kutatap langit dari dua arah benua, kuterpaku di ats paku2 kehidupan, hingga telapak kaki penuh darah dan nanah...... disana ku dengar kabar!! seorang kaya bergelut dengan lumpur hutan, nyawanya menjadi taruhan demi sebuah cita2 disana ku tau kau tinggalkan hartamu yg berlimpah kau tinggalkan keluarga demi kebaikan Ruang2 kebangsaanya, bangsa yg tercabik2 bangsa yg tertinggal, bangsa yg lemah dan bangsa yg di bilang jongos oleh bangsa2 lain, keperkasaanya di tuangkan dalem karya, kegigihanya menjadi bendungan2 raksasa tuk menghalau gelombang yg kian menerjang...... Duhai Prabowo!! tidurmu berselimut lumpur, jalanmu di hamparan krikil2 tajam namun kau tetap jalan dan jalan tuk mencpai pendakian, kau berjuang rakyat tak menontonmu, dan kau tak pernah mempertontonkan niat baikmu untuk bangsa ini, biarlah rakyat tidur nyenyak sementara kau tidur sambil berdiri di pohon yg kurapan, kini kau menampakan diri, kini kau punya tekad mulia, jiwamu terpanggil oleh naluri dan nurani, kini kau busungkan dada akan tetap menjaga republik ini menjadi macan asia, menjadi republik yg bermartabat, menjadi bangsa yg punya harga diri, berdiri di atas kaki sendiri, Duhai Prabowo!! suaramu mengelegar menyambar manusia2 yg sedang lelap dengan tidurnya, kau gayuh angin menjadi badai, kau genggam api hingga menjadi besi, ilmu ihklasmu kau ajukan pada sang Halik, ilmu ihklasmu kau torehkan di atas kertas2 kehidupanmu, ilmu ihlasmu kau terima walau di sertai cucuran air mata, Duhai Prabowoku, Aku tau apapun yg di ihklaskan kadang tak mengenakan, percayalah !! bahwa Allah maha pengasih tidak pernah pilih kasih, percayalah wahai prabowoku Allah maha penyayang tidak pernah pandang sayang..!!, Bukankah Allah tak pernah tidur wahai Prabowo? ketahuilah!! perjuangan yg penuh ihklas akan di terima , akan menjadi yg terbaik di kehidupanmu,.Kau harus bangkitkan kebangsaan ini menjadi bangsa yg bermartabat............ Puisiku untukmu Prabowo!! aku anak buangan, aku anak hilang dari kampung halaman , tergusur oleh kebijakan yg menyakitkan, jeddah kota kecil takan jadi penghalang daku tuk membantumu wahai Prabowoku, angkatlah tanganmu bicaralah dengan lantang hingga tanaman jadi mekar, perkebunan menjadi berbuah, rakyat menjadi tersenyum karena besok hari anak2 bangsa ini bisa menuntut ilmu dari sebuah kebijakan yg hakiki,.... dari tanah sebrang kualunkan ayat, dari negri orang ku ingin mengajakmu dalem satu untaian yg saling berkaitan, Iyyaka na'budu waiyyaka nastaiin, semoga cita2mu kesampaian duhai sang penyabar, didiklah jiwaragamu dengan prilaku mu , dengan kekutan imanmu, agar kelak kaudapatkan surganya Allah. Amiin, sebgai anak bangsamu daku Habib alfago menyertaimu dengan Doa.!! menyertaimu dengan senjatanya seorang mukmin,

    ReplyDelete
  27. doa Rasullulah kala itu :
    “Ya Allah, kokohkanlah Islam dengan salah satu dari dua orang yang
    paling engkau cintai, dengan Umar bin al-Khattab, atau dengan abu Jahal
    Bin Syam.” Ternyata yang dikabulkan oleh Allah adalah Umar bin al-
    Khattab,,,,
    kalo doa ku saat ini (lbh tepatny doa kami pada sholat jum'at kemarin):
    "Ya Allah, selamatkan bangsa ini dan kokohkanlah islam dengan salah
    satu dari dua capres yang paling engkau cintai, dengan yang nmr 1 atau
    dengan yang nmr 2" amiin...

    ReplyDelete
  28. "Sebaik-baik pemimpin adalah yang kalian mencintainya dan dia mencintai kalian. Yang kalian doakan dan dia mendoakan kalian.”
    ----Sembari doa kami buat Bapak kami ingatkan Bapak juga senantiasa berdoa untuk kesuksesan dan kesabaran---- Faisal, Apt.

    ReplyDelete
  29. Subhanallahu, menangis aku baca ini. Adem. Semoga Allah memberikan negeri ini pemimpin yang amanah amiin

    ReplyDelete
  30. subhanallah


    semoga siapapun yang terpilih ,

    bisa menjalankan syariat dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  31. semoga yg buat blog baca komen2nya

    ReplyDelete
  32. Semoga Allah SWT merahmati kita semua saudara seimanku...Tulisan Saudaraku amatlah benar dan menyentuh hati, tapi kalau boleh saya memberikan kritik :
    1. Semua calon presiden kita itu muslim...”berlaku adil” lah dalam menyampaikan nasehat atau dakwah, sampaikan itu kepada semuanya...jadi lebih tepat jika judul dan isinya menjadi “kepada calon presiden, kami memilih anda, tapi....”
    2. Dengan langsung menyebut nama Prabowo bukankah nampak saudaraku ingin menggiring pemilih untuk melihat mana capres Islami dan bukan Islami.....satahu saya mereka semua muslim dengan segala kelebihan dan kekurangan. Apakah kita berhak menilai tinggi rendahnya keislamian orang lain dan menyampaikan itu kepada khalayak untuk memilih siapa.
    3. Seperti kita tahu, tak ada manusia yang sempurna. Alangkah lebih baik jika kita memilih calon presiden yang paling mengetahui bahwa dirinya tak sempurna dan dia yang paling bisa menghargai kemanusiaan sesama.. kebaikan yang paripurna tak bisa dicapai sendirian.
    4. Wassalam.

    ReplyDelete
  33. Semoga Allah Swt memberikan pemimpin yang jujur, amanah dan ikhlas utk indonesia. Amin

    ReplyDelete
  34. Semoga Indonesia dipertemukan pemimpin yg baik secepatnya Aamiin..

    ReplyDelete
  35. Yaqtien Efilmy Amalia6 July 2014 at 07:13

    Semoga surat ini yang telah dicatat oleh Pak Prabowo menjadi catatan yang juga mampu mewarnai siapa saja yang membaca dalam memimpin berbagai hal di negara ini hingga kita dapati para pengemban amanah senatiasa berjuang untuk amanah, aamiin

    ReplyDelete
  36. aamiin...
    kesempurnaan hanya milik Allah SWT
    semoga amanah

    ReplyDelete
  37. Nasehat yang indah dan keras.... ya rabb, pilihkanlah no 1 untuk presiden indonesia, ini ikhtiar kami... dan engkau maha mengetahui

    ReplyDelete
  38. Subhanallah, baru dengar kajian ba'da subunya tadi langsung nemu link nya, padahal g nyari ........

    ReplyDelete
  39. Bagus nasehatnya. Sebaiknya calon yg satunya juga dikirimi nasehat. Karena siapapun nanti yg jd presiden. Dialah pemimpin kita yg baru.masih ada waktu pak ustad tolong yang satu dikirimi nasehat juga

    ReplyDelete
  40. Prabowo mengiklankan diri menjadi calon presiden lima tahun berturut-turut, itu menunjukkan betapa beliau sangat berambisi jadi penguasa, dan gerbong koalisi pengusungnya sekarang adalah kumpulan mafia penggarong uang rakyat. Ambisi Prabowo akan berakhir tanggal 9 juli 2014 sore.

    ReplyDelete
  41. Jika Prabowo terpilih menjadi presiden...maka negeri ini masih memiliki harapan untuk menjadi lebih baik...insyaallah.
    Tapi jika yang satunya yang terpilih, maka celakalah rakyat negeri ini, naudzubillah min dhalik.
    Salam 2 jari, coblos nomor 1... ;)

    ReplyDelete
  42. insyaallah, Semoga Prabowo menjadi pemimpin yg amanah...dan berusaha keras meniru umar....

    ReplyDelete
  43. salam 2 jari

    ReplyDelete
  44. dimana kubu para mafia/maling migas haji alqur'an impor daging sapi berada. buka mata hati anda utk indonesia lebih baik

    ReplyDelete
  45. Bagaimana seseorang begitu yakinnya kalau Jokowi yg terpilih maka rakyat NKRI akan celaka... mungkin kebalikannya, bisa saja dan sangat mungkin...Karena Jokowi membawa kebaruan dan membuat rakyat NKRI optimis bekerja dan membangun negeri ini... Salam Damai 2 jari!

    ReplyDelete
  46. Hmm... Calon yg disebelah juga muslim dan bukan krn keterpurapuraan dan harusnya ini jg ditujukan kpd calon muslim lainnya. Mengenai kadar ibadahnya, bukan kita yang berhak menilai. Hanya Allah SWT yg mampu menilainya.

    ReplyDelete
  47. Saya memohon kepada allah swt... agar diberi kelancaran dan dibuka kan mata hati rakyat indonesia untuk memilih pemimpin indonesia 5th kedepan dengan tidak memilih yang instan dan tidak memcerminkan muslim .. setiap perjuangan butuh pengorbanan dan proses... lebih baik buruk didepan tapi jujur dan tidak termasuk dalam golongan munafik.. (naudzubillah). semoga allah swt memberi hidayahnya kepada pasangan capres yang lebih pantas dan paling ringan diantara dua mudharat.. selalu tawakal untuk jendral semoga berita baik datang membawa amanah...

    ReplyDelete
  48. Untuk para relawan jokowi-jk
    teman2 jangan iri dengan nasehat yang diberikan ustadz untuk pak prabowo. Bukankah wajar saja jika dia membrikan nasehat kepada orang yang dipilihnya? Dan bukankah jokowi juga memiliki ustadz yang mendukungnya? Dan pasti mereka akan membrikan nasehat juga untuk jokowi.
    Dan untuk para relawan jokowi yang selalu bilang mafia, saya harap pak jokowi jk tidak mengatakan mafia2 semalam karena terhasut oleh kalian sehingga begitu kurang sopannya menyerang rival di depannya...
    Dan untuk sahabat prabowo, harap untuk tidak terus2an mengatakan hal2 yang tidak baik pada jokowi. Karena kata2 itu bisa jadi bumerang untuk diri kita sendiri apakah agama kita sudah baik atau belum atau bahkan lebih parah.
    Bagi kedua pendukung mohon bertutur kata baik dan sopan... Agungkan saja visi misi yang baik dari calon yang kalian banggakan.
    Dan, yang lebih penting adalah mohon siapkan hati kalian juga untuk mnerima kekalahan maupun kemenangan agar tidak berlebihan dalam menyikapinya.. Wassalam

    ReplyDelete
  49. Tulisan Ustad Salim memang bukan untuk mempengaruhi pendukung Jokowi. Tapi tulisan ini saya rasa benar2 mewakili isi hati umat Islam pendukung Prabowo. Akan sangat mengena untuk Prabowo. Ada beberapa hal yang kurang pas kalau disampaikan ke Jokowi.

    Semoga Allah Ta'ala senantiasa menuntun, menjaga, dan menguatkan pemimpin negara ini, siapapun dia. Aamiin.

    Salam damai - zaki

    ReplyDelete
  50. Mantaab....
    Walau tendensinya menjurus kepada 1 calon, tapi ini adl hak dari si pembuat surat... terlepas tujuan dan dukungan atas isi surat tsb...
    Tapi materi dalam suratnya Ruarrr biasa

    ReplyDelete
  51. Subhanallah... Sebuah nasehat yang sangat menggugah dan patut menjadi inspirasi seorang negarawan seperti Pak Prabowo baik beliau jadi Presiden maupun tidak. Pak Prabowo, jika Allah takdirkan Bapak jadi pemimpin kami kelak, Kumpulkanlah para ulama dan masukkan akhi Salim A Fillah ini didalamnya, jadikan mereka penasehat yang selalu menyertai setiap langkah-langkah kebijakan yang akan bapak terapkan kelak. Semoga apa yang bapak ikhtiar ini mendapatkan ke ridhoan Allah. Aamiin.

    ReplyDelete
  52. Subhanallah, Allahu Akbar...semoga apa yg saya rasakan ketika membacanya, dirasakan juga oleh pak prabowo. Hiks

    ReplyDelete
  53. Somoga Allah memberi Indonesia pemimpin yang selalu mau menerima nasehat

    ReplyDelete
  54. Suatu himbuan yang sangat bijaksana, semoga bisa menjadi alat untuk bisa saling nasehat-menasehati dan bukan saling mencaci maki. Semoga Allah meindungi bangsa Indonesia dari pertikaian

    ReplyDelete
  55. Semoga Allah SWT mendengar doa-doa kita semua. amiiien.

    ReplyDelete
  56. Subhanallah, semoga Indonesia mendapat Imam pemimpin yang amanah untuk mewujudkan negara yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur.

    ReplyDelete
  57. Subhanallah.... nasehat yang luar biasa... Nasehat untuk semua calon pemimpin.
    Semoga Indonesia dianugerahi pemimpin yang amanah. Amin.

    ReplyDelete
  58. sy membayangkan kalau capres yg satu nya juga dikirimi surat, mungkin isinya begini :
    Pak Jokowi, sy sih memilih Pak Prabowo tapi saya titip pesan buat Anda..
    wkwwkwkwkwkwkkkwwkwkwk..

    isi pesannya apa ya,
    jangan hapus perda islam, jangan hapus kolom agama di ktp, jangan seenaknya merobohkan mesjid tanpa konsultasi dg warga dan pihak2 lain, miiki lah kearifan lokal dlm mengangkat pejabat, masa iya sih suara rakyat ga mau didenger? kalau suara warga yg cuma satu kelurahan ga didenger utk pemilihan lurah, tolong berikan jaminan yg bisa dipegang bahwa Anda akan mendengarkan suara rakyat seindonesia, dan bukan malah diabaikan tanpa kearifan lokal.
    Tolong jangan diskriminatif dalam melarang kegiatan, tabligh akbar dilarang di jkt tp kegiatan malam pesta2, hura2 dan maksiat diperbolehkan. Nah kebijakan di jkt ygini jangan dilanjutkan menjadi kebijakan se indonesia ya Pak.
    Oh tolong kasih tau pendukungnya Pak, jangan anarkis. yg sebelah baru dituduh2 lewat kata2 kalo kubu nya fasis/militeristik, tapi pendukung2 anda sudah mempraktekan sikap2 fasis dan anarkis, sudah level praktek. dan perbuatan anarkisnya bukan dimasa lampau yg ga jelas kebenarannya, tp dimasa sekarang. kl blm berkuasa aja mrk berani anarkis, gimana kalo sdh keciprratan kuasa? Hadeeuuuhhhh...
    Tolong lah Pak yg anarkis2 itu jangan justru dibela. Kami jadi tanda tanya nanti dengan pembelaan Bapak. Dimana nanti letak hukum dan konstitusi kalau premanisme pendukungnya malah dibenarkan.
    yah pesan itu aja sih Pak. Semoga dibaca Pak Jkw. Salam damai dua jari

    ReplyDelete
  59. Barokallo akhi Salim, smg Allah swt meridhoi perjuangan akhi

    ReplyDelete
  60. Insya Allah, semoga amanah

    ReplyDelete
  61. kedua capres emang sama2 muslim, tp keluarga Prabowo Kristen & Katolik, sedangkan keluarga Jokowi muslim semua. Ttg keislaman kedua capres hanya Allah yg bs menilai...
    Saya lebih percaya kepada Jokowi drpd Prabowo, kenapa...krn visi misinya sangat realistis, rekam jejak bagus, tdk punya masalah dan dia taat beribadah.
    Siapapun pemimpin yg terpilih harus kita dukung utk Indonesia yg hebat & bermartabat...!!
    Wassalam....
    # Salam 2 Jari #

    ReplyDelete
  62. Bila Bapak Prabowo dapat menjalankan ini....maka Indonesia akan benar2 jadi Surga bagi semua ummat dan Indonesia akan menjadi pusat peradaban bangsa2...Insya Allah amiin...

    ReplyDelete
  63. satu kalimat saja, apakah sudah ada teladan nyata padanya yang mencerminkan bahwa beliau seperti apa yang menjadi ulasan kanda salim a fillah?

    ReplyDelete
  64. mben dino di nyanyi kke,mben wengi di impek ke, soyo suwe tambah manteb pe ..
    salam dua jari
    coblos no siji

    ReplyDelete
  65. alhamdulileh ⓖ jd presiden si wowo... amin ya ollohhh

    ReplyDelete
  66. smoga siapapun jd presiden bs membwa negara indonesia smakin jaya, tidak mengubah ke negara suatu agama tertentu, dan beribadah tidak dipersulit.
    amin. Jesus Bless You

    ReplyDelete
  67. allahu'akbar..
    semoga alloh memberikan pemimpin yang joss

    ReplyDelete
  68. Terlalu bertele-tele nasehatnya, tapi inilah realita/buktinya :
    Berikut ini beberapa hal yang sering dikumandangkan Bapak PRABOWO saat debat maupun orasi:1. "Ekonomi kita JEBOL, BOCOR, Kita TERPURUK"Kenyataan : Mentri Perekonomian, yaitu Bpk. Hatta Rajasa adalah Wakil Bapak sendiri.2. "Setiap 10 Menit, hutan kita rusak 77 juta Hektar"Kenyataan : Mentri Kehutanan, yaitu Bpk. Zulkifli Hasan (Partai PAN) ada kubu Bapak sendiri.3. "Rakyat Kita tidak Sejahtera"Kenyataan : MenkoKesra, yaitu Agung Laksono (Partai GOLKAR) ada di kubu Bapak sendiri.4. "Industri dalam negeri kita jalan di tempat"Kenyataan : Mentri Industri, yaitu MS Hidayat (Partai GOLKAR) ada di kubu Bapak sendiri.5. "Rp 1.000 Triliun kekayaan alam laut kita hilang dalam setahun"Kenyataan : Mentri Kelautan, yaitu Syarif Cicipsutardjo (Partai GOLKAR) ada di kubu Bapak sendiri.6. "Penyelenggaraan Ibadah Haji yang dilakukan oleh Kementrian Agama sangat baik"Kenyataan : Mentri Agama, yaitu Suryadharma Ali (Partai PPP) ada di kubu Bapak sendiri dan sudah tersangka kasus Korupsi Dana Ibadah Haji.7. "Produk pertanian sekarang semua import, budak bangsa asing"Kenyataan : Mentri Pertanian, yaitu Suswono (Partai PKS) ada di kubu Bapak sendiri.8. "Rakyat menjerit, makin sulit untuk memiliki rumah"Kenyataan : Menteri Perumahan Rakyat, yaitu Djan Faridz (Partai PPP) ada di kubu Bapak sendiri9. "Terjadi ketimpangan antara pengusaha besar, menengah dan kecil"Kenyataan : Menteri UKM, yaitu Syarif Hasan (Partai Demokrat) ada di kubu Bapak sendiriBAGAIMANA SEMUA MASALAH BANGSA INI AKAN SELESAI, JIKA MEREKA SEMUA YANG BERTANGGUNG JAWAB DARI MASALAH YANG SERING BAPAK KUMANDANGKAN, JUSTRU ADA DI BELAKANG BAPAK SENDIRI??? JUSTRU ADA DI PIHAK BAPAK SENDIRI???Ditambah lagi Partai Demokrat telah bergabung, yang notabene menteri-mentri yang ada sekarang adalah bentukan Bapak SBY. BAGAIMANA MUNGKIN PERUBAHAN ITU BISA TERJADI???Silahkan Tim Prabowo kalau ada yang bisa memberi penjelasan secara riil/konkrit/nyata =))

    ReplyDelete
  69. bismillah...

    pemimpin2 yg besar biasanya sudah keliahatan dr mrk kecil.. bukan tiba2 instan entah darimana menjadi sosok yg populer tanpa tau bagaimana perjalanannya dari kecil.. InsyaAllah bukanlah seorang aktor yg hanya peduli dgn popularitas atau kemunafikkan belaka..

    mudah2an Allah SWT mendengar semua do'a2 kita utk kebaikan negeri yg kita cintai ini.. Aamiin..

    ReplyDelete
  70. Yang jelas partai terkorup nomor 1 saat ini ya PDIP.
    tak tertandingi korupnya di Indonesia..
    gimana kalo nantinya berkuasa..??

    ReplyDelete
  71. Hahaha...
    Iya, yg biasanya maling trus teriak maliiing..
    Kalo kasus begono mah semuanya dah tau..
    Tapi yg kagak wajar itu, dengan pedenya ngomong dipihak kita tidak ada maling..
    Padahal rengking 1..!!!

    ReplyDelete
  72. orang yang berpendidikan, dan wawasannya luas pasti pilih Bapak Prabowo,,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  73. untuk indonesia yg lebih baik

    ReplyDelete
  74. Mari kita bersama sama berdoa agar Pak Prabowo Subianto menjadi Pemimpin RI yang akan ditentukan pada pemilu 9 Juli 2014.Apapun keputusan PEMULI kita terima dengan lapang dada pemimpin itu bukan saja di negara dan bangsa menjadi pemimpin keluarga jauh lebih penting.Dan mari kita berdoa agar Pak Prabowo Subianto dapat kembali dengan mba Titik Soeharto dan menjadi pemimpin yang sakinah mawadah dan warohmah.amin

    ReplyDelete
  75. Sampai detik terakhir debat tadi malam sy msh ragu tuk pilih 1 atau 2. Tp begitu jokowi baca doa, sy pastika sy pilih prabowo. Lafad yg diucapkan tdk pas. Terlalu memaksakan diri utk kelihatan bhw dia bisa baca doa.....utk meyakinkan bhw dia tdk akan meghapus kolom agama di ktp, tdk akan menghapus perda syariah dll yg berbau islam...

    ReplyDelete
  76. Subhanallah, barakallah fiik ustadz

    ReplyDelete
  77. yakin prabowo seperti sahabat? pernah baca shirohnya ga?

    ReplyDelete
  78. Insya Allah semoga Pak Prabowo menjadi pemimpin yang amanah.

    Untuk kubu sebelah mohon jgn buat onar disini, semakin anda membuat onar, semakin terlihat betapa tidak berpendidikannya anda.

    ReplyDelete
  79. Engakau Maha Tau ya Allah, berilah kami pemimpin yg Engkau Ridhoi....! Amin....

    ReplyDelete
  80. Orang pintar dan berwawasan pasti milih pak Prabowo, hanya orang yang otak kosong yang dukung jokowi, menurut survey "pendukung jokowi kebanyakan rakyat yang tidak tamat sd dan smp" Memang tadi malam sepertinya bacaan doa yg diucapkan jokowo terlalu dipaksakan, kelihatan sekali kalaw dia baru saja menghafal. Semoga pendukung jokiwi mendapat hidayah dan dibukakan mata hatinya.

    ReplyDelete
  81. SubhanAllah....siapupun yang kelak terpilh, harus kita sikapi bersama bahwa itu adalah kemenangan kita bersama..mari kita tunjukan kepada mata dunia bahwa kita adalah bangsa yang bermartabat, menjungjung tinggi nilai2 keberagaman...

    ReplyDelete
  82. Subhanallah nasihatnya luar biasa.
    Tapi sayang tendensi se udzon tdk perlu disebutkan dibawah ini walaupun disebut diatas sbg wacana tetapi semua hal itu sudah jelas dibantah dan klarifikasi oleh JKW-JK sendiri (bisa jd fitnah jika hal yg tdk benar disebarkan).
    "Kami memilih Anda ketika di seberang sana, ada wacana semisal menghapus kolom agama di KTP, melarang perda syari’ah, mengesahkan perkawinan sejenis, mencabut tata izin pendirian rumah ibadah, pengalaman masa lalu penjualan asset-aset bangsa, lisan-lisan yang belepotan pelecehan kepada agama Allah, hingga purna-prajurit yang tangannya berlumuran darah ummat."

    ReplyDelete
  83. Semoga prabowo yg terbaik,
    Amiiun,

    Utk yg kontra prabowo jangan comment please!!

    ReplyDelete
  84. Banyak komentar dari pendukung sebelah, mulai dari tudingan sampai opini yang ganjil.
    Anda boleh berkata jangan menilai aqidah seseorang karena hanya Allah yang tau, tapi menjelaskan bahwa ada calon yang taat beribadah.
    Siapapun yang terpilih, nasib bangsa ini ada di tangan kita sendiri. Sebelum beramal dan bertindak tentulah harus berilmu, bukan membenarkan ilmu yang baru saja didapatkan tanpa mengkaji lebih dalam

    ReplyDelete
  85. Maha besar Allah SWT Tuhan seru sekalian alam yg maha sempurna dgn rencanaNYA.

    ReplyDelete
  86. MasyaAllah...nasehat ulama ini OKs banget. Ketika dimulai 'acara' CaPres n CaWaPres.. Para ulama mulai "khusuk" memohon petunjuk dari Allah SWT. Smoga para ulama yg telah menyampaikan baik yg tersurat maupun yg tersirat...kepada ummat adalah atas petunjuk Allah...melalui no.undian SATU (ganjil). Barakallah...Jazakumullahu khairon akhi Salim A Fillah...

    ReplyDelete
  87. siapapun yg bakal jadi presiden nantinya, tetap aja kita harus cari duit sendiri utk hidup...
    koq pake' debat2 bahkan sampai mengolok-olok & menghina antar kubu, toh gk bakal ngedapetin apapun dr kubu yg dibela aja koq...

    hadeeeeeh.... kagak penting, lageee... :(

    ReplyDelete
  88. Ulama memang rujukan terbaik...!!

    ReplyDelete
  89. Subhanallah... Sbh contoh, teladan Dr 2 manusia tdk saling knl Dan Dr rakyat&Bangsa Indonesia yg menaruh Dan memberikan krpercayaan SUARAnya utk Capres 1, PRABOWO yg Mau menerima nasehat Dr siapapun jika itu mmg utk kebaikan... Sesama umat Islam,sdh sepatutnya saling mengingatkan... Semoga ini Akan Kemaslahatan Umat Indonesia ke Depan, aamiin!
    MASA TENANG PILPRES INDONESIA 2014...

    Semoga Tautan ini bisa dijdkan REFERENSI bagi yg Msh Blm Pastikan Pilihannya dan Semoga yg GOLPUT sptku saat Pilpres dan Pilgub. DKI Jkt lalu-lalu adlh BKN semata Krn TDK Gunakan Hak Pilih Sbg Warga Negara yg Baik. Namun lbh pd SOSOK yg Akan dipilih, apakah Akan Amanah&Istiqomah atas Kepercayaan yg tlh Kita berikan. Jika TDK, kelak sbg Umat Islam dlm Pengadilan Allah Kita jg Akan terseret krn Tlh Pilih Umat yg TDK Laksanakan&Buktikan JANJI Masa Kampanye... So, artinya Kita msg.2semua Akan mempertggjwbkan Pilihan Kita... !

    Namun PilPres 2014 ini adalah Sungguh Sgt BEDA, ktika Para ULAMA&KYAI, dan PONPESpun Telah Secara GAMBLANG DEKLARASIKAN Pilihan... Sepatutnya sbg Umat Islam Berjamaah sbg MAKMUM. Silahkan Klik LINKs dibawah yg Telah beri Dukungan pd Prabowo Subiant

    Dan Siapapun yg Terpilih sbg RI 1, ini BKN SOAL KALAH-MENANG Namun Lbh pd PERTGGJWBAN masing-masing Kita semua kelak di Akhirat, Ca&WaPres yg AMANAH&ISTIQOMAH DLM Melaksanakan&Membuktikan JANJI-JANJI, yg Akan dicatat Rakyat&Bangsa Indonesia dan Pastinya dlm PERADILAN Allah Azza wa Jalla Kelak!...(INGAT! Ini Jgn diSEPELEkan jika Kita Beragama Islam)...

    Semoga Allah Tunjukkan SOSOK yg MAMPU bawa Indonesia bisa menjadi sbh NEGARA KUAT YG MANDIRI&MARTABAT (krn Agama apapun, Kita semua Punya Kitab Suci, dan Ideologi utk Bernegara... So, Msh Perlukah Paham/Aliran lain yg dibuat oleh Manusia)... Semoga Allah Beri Beliau RIDHO utk Pimpin Bumi Pertiwi ini, aamiin.

    Selanjutnya, kepada siapa anda berpihak?
    http://www.konsultasisyariah.com/presiden-pilihan-kami/

    https://www.facebook.com/l/FAQF1DuidAQE9uwjR1S4z3v5JkOp25gz5Cb1pYnQqqYagFA/https%3A//www.youtube.com/watch%3Fv%3Dw4zLOC9weXo%26feature%3Dyoutube_gdata_player

    Para Tokoh NU dukung Prabowo, untuk Umat & Bangsa Prof. Mahfud MD, KH Maimoen Zubair, & Habib Luthfi menyatakan dukungan untuk Prabowo Subianto sebaga...

    http://m.liputan6.com/tekno/read/2061524/prabowo-masuk-dalam-tokoh-politik-kelima-terbanyak-di-like#sthash.21yJDNfd.dpuf

    http://gemaislam.com/berita/indonesia-news-menuitem/2429-ustadz-ali-

    Link Dukungan PONPES LIRDOYO
    http://www.facebook.com/l/6AQGy08ZzAQEEc5Qf_MdWMIHYzgYDP1Zeas6Ks6LDnpnI8Q/dlvr.it/68B0vj...

    Dan masih Banyak lg Ponpes, Ulama&Kyai. Yg TELAH DEKLARASIKAN DUKUNGAN PD CAPRES 1... Krn keterbatasan Wktku utk Kumpulkan INFO&LINK yg menunjang


    ReplyDelete
  90. hahahaha... berbahagialah anda-anda semua yg mendukung prabowo... semakin sering Dana haji dikorupsi, maka semakin berbanggalah anda terhadap tokoh idola anda prabowo subianto....

    hanya, jika ternyata kelak pemenangnya adalah tokoh idola anda si bowo melupakan janjinya yg sering digembar-gemborkan semasa kampanye, janganlah anda semuanya berorasi/demo melengserkan tokoh pilihan anda sendiri doooong.... karena jika anda sendiripun yg jadi presiden sekalipun belum tentu "becus" mengurusi urusan se negara....

    salam damai dua jari.... always...

    ReplyDelete
  91. sini debat..sana debat..coba bayangkan..setiap pemilu selalu janji kosong..sadar tidak sadar rakyat indonesia sudah mulai krisis politik..banyak yang bersikap apatis..pemilu tidak lagi demokrasi..

    ReplyDelete
  92. realitanya sekarang ini banyak pengangguran...tapi perusahaan juga banyak yang kekurangan karyawan...ironis...

    ReplyDelete
  93. sangat setuju banget, boss... yaaa itulah akibat dari watak / karakter yg hanya bisa demo dan demo utk gaji selalu dinaikkan sehingga sangat memberatkan pengusaha (padahal jika tidak ada pengusaha, akan jadi apa Indonesia yg populasi penduduknya terpadat sedunia)... mereka semua tidak sadar kalau dinegara ini justru koruptor2 lah yg paling subur & tersebar hampir di setiap lapisan pemerintahan...
    yg duduk di kursi atas sono justru sibuk korupsi terus sampai mati...
    tapi justru yg dibawah sinipun juga terlantar & berkekurangan sampai mati juga...

    pemilu - pemilu yg sangat membosankan dari periode ke periode....

    fiuuuuuuuhhhh... menjenuhkan... ;(

    ReplyDelete
  94. memang partai yng brkoalisi di no 1 banyak yang mengomentari kinerja menterinya yang smua punya masalah..................tapi sy yakin.pasti ada pemimpin yang dapat memperbaikinya.mdah2an prabowo bisa menang dan dap menangkis tiudingan2 yg itu smua.amiin......

    ReplyDelete
  95. InshaAllah.. Prabowo Hatta bisa jadi pemimpin yang luar biasa untuk negeri ini.. aamiin Ya Allah..

    ReplyDelete
  96. Insa allah thn ini indonesia di pimpin oleh seseorang yg di cintai rakyat dan di muliakan allah

    ReplyDelete
  97. Indonesia Jayaa..Datanglah kpd kami peminpin yg Amanah dan Berani...

    ReplyDelete
  98. Nasihat yang menyejukkan...^_^

    ReplyDelete
  99. hak kita hanya memilih, bukan menentukan!! penentuan itu muncul di akhir, jadi lebih baik berdoa untuk mendapat pemimpi terbaik.

    ReplyDelete
  100. Komentar yang baik HANYA diberikan kepada orang yang baik. Tidak akan diobral untuk disampaikan ke semua orang.

    ReplyDelete
  101. maaf sblmnya, apa slahnya ust salim a fillah mengrmkan surt utk prabowo sja??? beliau sdh mnentukan, jd trsrh bliau dong mw krim surt kmna,,,, -_-'

    ReplyDelete
  102. Sungguh nasihat yang indah dan sarat bermakna, yang membuat pendukung jokowi cemburu..
    Hehehe

    ReplyDelete
  103. Seandainya kampanye pendukung prabowo menyejukkan seperti ini, sy akan brrpindah

    ReplyDelete
  104. Salam 2 Jari, insya Allah Jokowi Presiden kita

    ReplyDelete
  105. Kalian sibuk mengkritik saudara Salim A Fillah, seakan-akan dia tidak adil karena hanya memberikan kata2 pengingat dan harapan ini kepada satu calon presiden saja. Saudara Salim A Fillah memberikan tulisan pengingat dan harapan ini kepada calon presiden yang saudara Salim A Fillah pilih atau dukung. Jangan selalu menuntut lebih kepada orang lain, untuk melakukan seperti yang kita mau. Kenapa tidak kalian sendiri saja melakukan seperti yang saudara Salim A Fillah lakukan, kepada calon presiden yang kalian dukung.

    ReplyDelete
  106. Subhanallah, tulisan ini membuat menangis. Semoga Allah memberikan bangsa ini pemimpin yang amanah amiin

    Ya Allah Terima arwah para korban penculikan yang mati demi bangsa ini.

    Ya Allah terimalah amal ibadah ratusan umat Mu yang jadi korban pembunuhan dan saat justru dilupakan oleh bangsanya sendiri. Hanya kepada Engkau kami berserah

    ReplyDelete
  107. bad leaders !

    ReplyDelete
  108. Si Ustadz berkomentar terlalu panjang, sehingga jauh dari efektif dan eficien. Seharusnya hanya berisi poin poin tertentu sebagai fokus nasehatnya. Ustadznya terkesan senang bertele-tele. Disamping itu beliau itu tidak memahami hukum Allah dalam Al Qur'an berkenaan dengan orang seperti beliau, yang melakukan fitnah terhadap negara dan bangsanya sendiri. Allah memerintahkan agar orang jenis seperti itu di dudukkan saja di rumah - duduk bersama keluarganya saja. Orang seperti itu haram dipilih untuk bertugas dalam suatu negara, apalagi sebagai Pemimpin Negara atau Pemimpin Bangsa. Bagaimana pertanggungjawaban si Ustadz yang mendahului Allah dan RasulNya dalam memberi nasehat danmemilihnya. Hati hatilah saudara, jangan menyimpang dari hukum Allah.

    ReplyDelete
  109. "HAI ORANG ORANG YANG BERIMAN, JANGANLAH KAMU JADIKAN BAPAK BAPAK DAN SAUDARA SAUDARAMU PEMIMPIN PEMIMPIN-MU, JIKA MEREKA LEBIHMENGUTAMAKAN KEKAFIRAN ATAS KEIMANAN DAN SIAPA DIANTARA KAMU YANG MENJADIKAN MEREKA PEMIMPIN PEMIMPINMU, MAKA MEREKA ITULAH ORANG ORANG ZALIM". (At Taubah 23). Ini ketetapan Allah dalam Al Qur'an dalam hal memilih Pemimpin. Dari mana Si Ustadz mengetahui bahwa Pemimpin pilihannya lebih mengutamakan "keimanan atas Kekafiran" ??? Apa Ustad mengetahui isi hati manusia sebagaimana Allah ? Saya sangat kecewa, rata rata Ustadz masa kini - bersifat suka mendahului Allah dan RasulNya. Mohonkanlah ampunan Allah saudaraku !!! Bersegeralah !!!

    ReplyDelete
  110. "Si Ustadz berkomentar terlalu panjang, sehingga jauh dari efektif dan eficien. Seharusnya hanya berisi poin poin tertentu sebagai fokus nasehatnya. Ustadznya terkesan senang bertele-tele."
    Muslim yang memilih Pak Prabowo paham betul mengapa Ustad Salim menulis dengan cara seperti itu. Mungkin memang yang lain tidak bisa merasakannya. Tokh Ustad Salim memang tidak membuat tulisan itu untuk capres lain atau pendukungnya.

    "Disamping itu beliau itu tidak memahami hukum Allah dalam Al Qur'an berkenaan dengan orang seperti beliau, yang melakukan fitnah terhadap negara dan bangsanya sendiri. Allah memerintahkan agar orang jenis seperti itu di dudukkan saja di rumah - duduk bersama keluarganya saja. Orang seperti itu haram dipilih untuk bertugas dalam suatu negara, apalagi sebagai Pemimpin Negara atau Pemimpin Bangsa. Bagaimana pertanggungjawaban si Ustadz yang mendahului Allah dan RasulNya dalam memberi nasehat danmemilihnya. Hati hatilah saudara, jangan menyimpang dari hukum Allah."
    Alhamdulillah jika Anda ternyata memang lebih memahami hukum Allah dalam Al Qur'an, silahkan berdiskusi langsung dengan Ustad Salim. Dan mengenai fitnah, tuduhan yang sama juga bisa ditujukan ke pihak satunya.

    Mohon maaf atas kelancangan saya yang miskin ilmu dan miskin amal.
    -zaki-

    ReplyDelete
  111. Siapapun Presidennya nanti,, yg penting buat Nusantara tersenyum, jng buat nusantara menangis lagi,,

    ReplyDelete
  112. Terimakasih pak ustad dukungan anda menambah keyakinan untuk saya... jangan dengar perkataan aneh2 karna dakwah itu memang jalan nya sulit untuk mulus

    ReplyDelete
  113. YG NGE POSTING AT TAUBAH 23...........
    Paham hanya artikulasinya saja, tidak ada kajian! Kaji dong kayak Ustazd Salim!
    Punya ilmu baru bisa baca artinya aja, mau sok ngajari orang.
    Kamu tahu gak orang2 juhud itu di berikan cahaya pengetahuan dan insting Illahiah. Mana ada seorang juhud memberikan nasihatnya kepada orang yang terbukti MENGUTAMAKAN KEKAFIRAN DI ATAS KEIMANAN..... Insting ILLahiahnya ga akan konek bos. Lagian Al Quran dan Hadits tuh sudah jadi kajian mereka setiap hari. Bukan hanya nemu atu doang..... Belajar lagi dah lu.!

    ReplyDelete
  114. ustad hanya memberikan amanah bagi pemimpin pilihannya...
    Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.... manusia hanya saling tunjuk mengatakan orang lain tidak lebih paham darinya.... manusia itu tempat salah... makanya tak perlu memojokkan ustad.. perbaikilah diri masing2....
    tulisan yg bagus ustad....

    ReplyDelete
  115. ternyata mudah ya sesama manusia menilai orang itu kafir atau tidak, beriman atau tidak.... tanpa perlu di chek kebenarannya, latar belakang keagamaannya.... pokoknya percaya aja sama isu2 fitnah yg beredar.
    saya sih berharap para Ulama dan media dakwah kembali menjadikan pencerahan untuk seluruh ummat, tidak memecah belah ummat,
    kalau memang dijalan dakwah.....
    tapi kalau dijalan team sukses, ya lain lagi
    Wallohuallam...................

    ReplyDelete
  116. Saya harap saudara saudara tidak bertengkar terhadap suatu pilihan.pilihan adalah hak setiap manusia,dan manusia itulah yg mengetahui secara detail pilihannya, apabila pilihannya baiktentu sipemilih juga baik, ada baiknya berita berita yg ada dicari kebenarannya.yang banyak disayangkan banyak orang berbicara keburukan yg dia sendiri tidak tau akan kebenarannya. Sangat disayangkan apa bila kita memilih hanya mendengar berita dan ikut pendapat orang lain. Saya harap kita tdk saling memfitnah tanpa adanya kebenaran yang pasti.saudara,teman,sahabat karib hingga rusak semua hubungan. Semoga apa yg kita pilih adalah pilihan yg benar. Terima kasih, salam dua jari

    ReplyDelete
  117. astagfirullah.... masih ada ja komen gag santun... :)

    ReplyDelete
  118. Kata-katanya bijaksana, ane suka bacanya.
    Salut (y)

    ReplyDelete
  119. Joss,,No1 wess,,
    Salam 1 Nyali, Wani

    ReplyDelete
  120. Abu Bakar as Shiddiq >> https://www.facebook.com/notes/biography-institute/abu-bakar-as-shiddiq/390332731111684

    ReplyDelete
  121. Subhanallah.. Speechless mrmbacanya. Mdh2an dibaca oleh pak Prabowo

    ReplyDelete
  122. Ah, saya sendiri memilih pemimpin yang melayani ummat, bukan yang dilayani umat. Kepercayaan saya terhadap partai Islam sudah jatuh, mereka hanya menggunakan agama sebagai alat politik (buktinya SDA yang korup), menurut pendapat saya, lebih baik pemimpin yang menerapkan nilai-nilai Islam, daripada mengaku Islam tapi tidak menerapkan nilai-nilainya.

    Salam,

    ReplyDelete
  123. saya bukan orang yg fanatik golongan partai, apabila partai memilih yg tdk benar saya tdk ikutan.astaghfirulloh

    ReplyDelete
  124. apabila saya memilih yg mnurut Alloh SWT salah saya mohon ampun.Astaghfirulloh...

    ReplyDelete
  125. Subhanallah....pembelajaran leadership yg elegan dari ustadz....barokallah fi kum ustadz.....semoga Allah menjadikan prabowo sebagai presiden yg amanah...

    ReplyDelete
  126. jazakallah khairan infonya ....

    semoga pak prabowo bisa mencontoh kepemimpinan pada jaman rasulullah ...

    ReplyDelete
  127. Pesannya panjang karena diantara kedua Calon yg ada sekarang sya yakin pengetahuan mreka tentang islam atau sejarah kpmimpinan islam (dsni d bhas sdkit Khulafaurasyidin) itu sangat kurang. Banyak poin baik yang harus diketahui dan diikuti dari rekam jejak kekhalifahan Khulafaurasyidin oleh calon2 yg maju skrg. Menurut saya mngkin jg mnurut bbrpa kalangan, dua calon yang maju sekarang tidak ada yang tepat, belum ada yg ideal, bukan lantas berarti GOLPUT jadi solusi. Ini negara saya, ini tnah klahiran saya, maka saya akan memilih "yang lebih ringan di antara dua madharat".
    Islam sudah mengajarkan semunya, tapi kebanyakan dari kita enggan untuk mempelajarinya.
    Wallahu A'lam Bishawab

    ReplyDelete
  128. Mohon maaf sebelumnya, saya lebih sreg pilih Jokowi-Jk.

    ReplyDelete
  129. subhanaallah, sukron ustadz nasehatx moga kita diberi pemimpin yg diridhoi Allah Ta'ala aamiin

    ReplyDelete
  130. Semoga ga cuma dicatat baik-baik.

    ReplyDelete
  131. barokalloh....

    ReplyDelete
  132. http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fwww.allannairn.org%2F2014%2F07%2Fbreaking-news-operasi-rahasia-kopassus.html&h=HAQEeF-W2

    ReplyDelete
  133. Semoga ALLAH memberikan pemimpin yang terbaik untuk negeri ini. Pemimpin yang cuma takut kepada ALLAH, Pemimpin yang ditakuti oleh musuh - musuh ALLAH.

    ReplyDelete
  134. trenyuh dan salut bacanya .. mantap

    ReplyDelete
  135. Subhanallah wal hamdulillah wallaillahaaillallah wallahu akbar.......saling nasehat menasehati dalam menuju kebenaran ( Haq ) Allah swt sudah mencatat smua kita hanya berdoa dan ikhtiar sesuai dg keyakinan kita sesama muslim jgn menyakiti baik dg lisan maupun perbuatan..wassalaam.

    ReplyDelete
  136. Siapapun yg terpilih nanti... Smg bs amanah,amin.
    Selamat buat kedua calon. (by.GM)

    ReplyDelete
  137. nasehat yang bagus, semoga prabowo jadi presiden, amin karena beliau yang bisa mengemban amanah bangsa ini dan membawa bangsa indosia menjadi bangsa yang terhormat

    ReplyDelete
  138. Pilihlah pemimpin sesuai hati nurani kalian,kalau menurut kalian itu benar,baik,pas,cocok, pilihlah..Jangan sampai ada perpecahan diantara kita,rakyat Indonesia harus bersatu..Hadapi sesuatu dengan hati yang bersih dan pikiran yang positif...

    ReplyDelete
  139. Buka link kopi luwak kami, disitu saya upload video salahsatu capres dan cawapres sedang melakukan hal tidak terpuji...
    semoga anda bukan salahsatu pemilihmya...
    salam Indonesia Raya

    ReplyDelete
  140. Subhanallah.....Nasehat yang baik...

    yang pasti coblos 1 sah...coblos 2 ngga sah...... :)

    ReplyDelete
  141. Prabowo presidenku..bung hatta semangatku..ku yakin pilihanku no 1..

    ReplyDelete
  142. Allahuakbar !!!

    ReplyDelete
  143. Dua calon sebagai Putra bangsa Indonesia, semua Baik :
    1. Prabowo, baik untuk menjadi Presiden RI
    2. Jokowi, baik untuk menjadi Gubernur DKI

    Salam Satu Jiwa

    ReplyDelete
  144. Musafir :
    Astaghfirulloh....mohon ampun Ya Alloh....seorang ustadz memberikan mauidhotul chasanah demikian adab dan santunnya.....masih ada saja yg negative comment....mauidhoh memang utk P Prabowo....tapi esensinya adalah utk siapa saja yg jadi pemimpin.....janganlah sampai menjadi golongan khotamallohi ala qulubihim wa ala sam'ihim wa ala abshorihim.....na'udzu billahi mindzalik....

    ReplyDelete
  145. Saya mendukung Prabowo tapi...

    ReplyDelete
  146. #Salam2Jari, Insya Allah

    ReplyDelete
  147. Semoga setiap generasi muslim bisa berbudaya santun dalam tulisan dan lisan seperti UStadz A. Fillah, Aamiin.,...insya Allah

    ReplyDelete
  148. Pak Prabowo saya TIDAK AKAN PERNAH MEMILIH ANDA meskipun leher saya harus terpancung sekalipun :P yang nggak suka jangan sensi, ini demokrasi

    ReplyDelete
  149. Indra RUkmanan7 July 2014 at 11:44

    Jaga kpercayaan kami pak Prabowo - Hatta...... Allahu Akbar...l.Smoga doa rakyat dijabahkan ALLAH Swt Amin...

    ReplyDelete
  150. Semoga beliau jadi panutan yang shiddiq, amanah, tabligh dan fathonah, .... mari saling mendukung dan membantu sama lainnya....
    http://travelumrohmurah695.blogspot.com/p/rasulullooh.html

    ReplyDelete
  151. Allahu akbar.... semoga Allah mendengar doa2 kita semua... Aaminn...

    ReplyDelete
  152. Ok saya no. 2...Kata2 kadang tidak sesuai dengan tindakan kalo hati tidak bersih dan iklas,,dan tidak ada nafsu ato obsesi ingin menjadi ato ingin dijadikan

    ReplyDelete
  153. Aww siapapun yang terpilih semoga segera menerapkan syariat Islam yang melindungi dan mensejahterakan warga muslim maupun non muslim..serta segera terbentuk Islamic Global State yang dapat menghentikan penjajahan bangsa yang satu terhadap yang lain

    ReplyDelete
  154. pak Prabowo insyaallah jadi presiden RI yang mencintai dan dicintai rakyatnya. Amin.

    ReplyDelete
  155. insyaallah baik sangkanya terkabul...aamiin

    ReplyDelete
  156. Allah pasti memberikan pemimpin Indonesia yang paling amanah diantara keduanya... Allah tidak mungkin salah pilih. Mari kita berdo'a dalam hati untuk kebaikan Indonesia....
    Salam Satu Jiwa

    ReplyDelete
  157. Masya Allah... Luar Biasa !!!

    Cukuplah dengan menjalankan nasihat ini....In Sya Allah, akan menjadi seorang pemimpin yang di-ridhoi oleh Allah, di-ridhoi Rasulullah dan dicintai oleh umat....

    Semoga Pak Prabowo tidak hanya mencatatnya tetapi juga memegang teguh nasihat ini.

    Wallahu'alam bishawab....

    ReplyDelete
  158. Mudah2an PEMILU tahun ini diberikan pimpinan yang AMANAH

    ReplyDelete
  159. Bismillah tanggal 9 nyoblosss...

    ReplyDelete
  160. Semoga pemimpin kedepan adalah pemimpin yg amanah serta mampu membawa kesejahteraan bagi Umat.. Amin..

    ReplyDelete
  161. Prabowo coba merangkul kalangan santri/islam karena islam adalah mayoritas di Indonesia. Bukan hanya islam yang "normal" aja, tapi juga kelompok-kelompok islam yang ekstrim dan meresahkan. bisa aje. padahal..

    ReplyDelete
  162. salam 2 jari, dukung prabowo coblos no 2

    ReplyDelete
  163. subhanallah...adem bacanya...
    tq ustad atas pencerahannya...
    mhn maaf...sy ttp no 2...
    slm 2 jari...slm damai untuk semuanya...

    ReplyDelete
  164. #twobetterthanone

    ReplyDelete
  165. gimana mau jalan nasehat ustad kalau di keluarga pak prabowo saja islam kristen itu sama...emang gado2

    ReplyDelete
  166. Makin yakin pilih Nomor SATU... In Shaa Alloh...

    ReplyDelete
  167. sangat menyentuh, tapi...
    saya merasa pesan ini cocok di sampaikan ke capres no 2,

    ReplyDelete
  168. Jokowi baik bagus nyata islamnya... hampir ga da keburukan msalalu mngenai kemanusiaan ktika nnjabat.

    ReplyDelete
  169. menangis aku membacanya ,,

    ReplyDelete
  170. di jalan pulang saya lihat spanduk bertuliskan "ORANG BAIK PILIH ORANG BAIk", dalam hati saya berfikir baik juga kalo ada spanduk "ORANG GOBLOK PILIH ORANG GOBLOK"

    ReplyDelete
  171. July 'Rindu Rasullullah'7 July 2014 at 19:00

    Ya Allah... sy Mohonkan untuk Negeri Tercinta ku..INDONESIA ini.. seorang pemimpin yg baik lahir bathinnya,,yg teguh memegang Amanah Rakyat,, yg Cinta Tanah Airnya,, Yg Teguh Iman ISLAM nya..yg bs membawa Indonesia mnjd Negara Yg Bermartabat, Aman dan Makmur.....Amiinn...yaa Robbal Alamiinn....

    ReplyDelete
  172. Sy Ragu jika No.1 bisa menjalankan Nasihat yg bgus ini...krn d belakangnya berbaris para Penggarong Uang Rakyat... MasyaAllah...

    Tp Sy berharap Pilpres berjalan dgn Sukses dan tanpa kecurangan.... ayoo setiap warga RI.. ikutlah dlm pngawasan Pemilu ini... agr kita mmdptkan Pemimpin yg benar2 murni pilihan Rakyat..bukan rekayasa kelompok yg curang...

    Siapapun Presidennya... kita tetap Satu kesatuan dlm NKRI...

    No . 2 yesss!!

    ReplyDelete
  173. Iya betul sekali, bagaimana mau menjalankan amanah ustad n amanah rakyat sebagai suara Tuhan, Dikeluarga prabowo saja Islam Dan Kristen sama, Ibu kandung prabowo meninggal sebagai Kristen protestan, adik Prabowo jg menganut Kristen protestan. Ketulusan prabowo masih dipertanyakan karena menurut sya beliau didukung oleh orang2 yg punya kepentingan dibelakangnya. Maaf saya tidak memilih bpk prabowo, berhubung perilaku beliau yg pernah menghilangkan nyawa seseorang pd tahun 1998 yg mungkin ITU adalah salah satu saudara kita

    ReplyDelete
  174. "Sebaik-baik pemimpin adalah yang kalian mencintainya dan dia mencintai kalian. Yang kalian doakan dan dia mendoakan kalian."
    Subhanallah.. Greatest ustadz!

    ReplyDelete
  175. Hasil akhirnya memang sama. Tapi secara ideologis berbeda.

    1. Murni mendukung Prabowo sebagai presiden.
    2. Jangan sampai Jokowi menjadi Presiden.

    Dan saudara Salim A. Fillah nampaknya memilih pilihan ke dua.

    Sebagaimana prinsip ulama ahlus sunnah wal jamaah, "bila ada dua madharat, pilihlah madharat yg lebih ringan."

    Dan menurut keilmuan beliau, madharat yg ringan itu jatuh pada prabowo.

    Kenapa begitu?

    Mungkin karena dibelakang Jokowi ada Syiah.
    Mungkin karena dibelakang Jokowi ada Ahmadiyah.
    Mungkin karena kubu Jokowi menolak perda syariah.
    Mungkin karena dibelakang Jokowi menolak penutupan dolly.
    Mungkin karena dibelakang Jokowi ada yg menggugat UU penistaan/penodaan agama.
    Mungkin karena kubu Jokowi setuju kolom agama di ktp dihilangkan.
    Dan mungkin mungkin yg lain dimana ada sesuatu yg diketahui saudara salim a. fillah tp saya tak mengetahuinya.

    Sebenarnya keliru jika beranggapan ini faktor personal Jokowi ataupun Prabowo.
    Ini adalah faktor adanya ancaman tergelincirnya aqidah umat bila Jokowi berkuasa.

    Maling, mafia, pembunuh, maupun koruptor memang buruk.
    Tapi tergelincirnya moral dan aqidah umat lebih buruk lagi.

    Bila ada yg menyangkal dan berkata Prabowo pun di kelilingi keluarga nasrani.
    Maka mari kita apresiasi apa yg pernah dilakukan Prabowo spt,

    Pembangunan masjid nabi syu'aib di jordan.
    Melatih tentara jordan utk melawan Israel.
    Melatih tentara afghanistan melawan Amerika.
    Menyumbang bagi muslim palestina.
    Menentang kebijakan LB. Moerdani yg mendiskreditkan Umat islam.
    Dan mungkin banyak lg yg dia kerjakan tp tak terketahui karena minimnya pencitraan.

    Bila ada yg mengatakan Prabowo penculik yg jahat, mengapa orang yg pernah dia culik justru bergabung dengannya.

    Bila memang Prabowo tersangkut HAM, mengapa megawati menjadikannya sbg cawapres..?
    Kenapa dulu tidak digaungkan dan baru sekarang di gembor" kan..?

    Prabowo maupun jokowi sama" baik. Tapi menimbang dari madharat tsb diatas, maka sebagian besar Ulama dan ahlul 'ilmi terpaksa mendukung Prabowo. Dan itulah realitanya.

    ReplyDelete
  176. Salut buat salimafillah... Selamat buat pak Prabowo :)

    ReplyDelete
  177. Semoga Allah SWT menolong dan memenangkan orang yang memperjuangkan agamanya. Aamiin YRA!

    ReplyDelete
  178. semoga #prabowo amanah bila menjadi presiden nanti, tulisan diatas mantab semoga dijalankan sama prabowo

    ReplyDelete
  179. Siapa2 yg menang nanti jadi Presiden itulah yang harus kita hormati dalam berbangsa dan bernegara. Intinya aku sih tetap Indonesia itu Damai jgn sampai perang saudara, lihatlah di Irak & Suriah hanya karena perbedaaan kita harus bercerai-berai.

    ReplyDelete
  180. hmmmm pede bener ini kalian prabowo pasti menang... wahai pendukung prabowo termasuk yang disebut sebagai ustadz diatas.Mari kita sama sama berdoa kepada Allah Niscaya terbukti siapa yang akan di ijabah Allah. Mari Kita berdoa "Ya ALLAH berikan rahmat dan hidayat serta barokah kepada pemimpin kami Saudara Jokowidodo,dan jadikanlah beliau pemimpin yang sebaik baiknya, sehingga tidak percuma perjuangan kami yang tidak dibayar sepeserpun memperjuangkan beliau untuk menjadi pemimpin bangsa ini 5 tahun kedepan. Ya Allah Ya RABB jika seandainya beliau salah maka bukakanlah hatinya untuk menerima keritik kami.kami serahkan semua kepadamu ya Allah, berikanlah pemimpin kami dari kaum kami yang jujur dan berhati tulus.Ya Allah bukakanlah hati pendukung prabowo untuk menerima kekalahan, dan jika kami kalah bukakan lah pula hati kami. Ya Allah hanya kepada Mu lah kami memohon dan hanya kepada Mu lah kami menyembah.AMIIIN.."

    ReplyDelete
  181. siapa pun yang terpilih semoga dapat memajukan dan memakmurkan Indonesia

    ReplyDelete
  182. Semoga pak Prabowo dapat terpilih dan menjadi pemimpin yang amanah dan mampu mensejahterakan serta memberi kemakmuran bagi masyarakat (ayo INDONESIA BANGKIT)

    ReplyDelete
  183. Bismillah, semoga besok pilihan saya bisa menjadikan Indonesia lebih baik lagi

    ReplyDelete
  184. Semoga Pak Prabowo besok bisa menang dan memimpin Indonesia utk 5 tahun ke depan. Aamiin Ya Alloh..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.