Header Ads

Aksi Bela Islam

Erdogan Dilantik Sebagai Presiden Turki

Presiden Erdogan
Recep Tayyip Erdogan dilantik sebagai Presiden Turki, Kamis (28/8/2014) di Ankara, menggantikan Presiden Turki sebelumnya Abdullah Gul.

Erdogan terpilih sebagai presiden setelah memenangkan Pemilihan Presiden Turki secara langsung dalam satu putaran. Selain dihadiri oleh anggota Parlemen Turki, pelantikan tersebut juga dihadiri oleh banyak tamu undangan. Pada pelantikan itu Erdogan banyak mendapatkan ‘standing applause’ dari para hadirin, lansir Dakwatuna, Jum’at (29/8/2014).

Erdogan yang akan menjalankan mandat selama lima tahun telah berjanji untuk membangun “Turki baru” dengan mendorong perumusan konstitusi baru dan menggerakkan program pembangunan ambisius.

Erdogan juga telah menyampaikan bahwa dia ingin memegang kekuasaan eksekutif murni sebagai presiden setelah menjadi yang pertama dipilih secara langsung sebagai kepala negara. Dia berhasil menguasai suara sebanyak 52% dalam pemungutan suara 10 Agustus lalu.

Beberapa presiden terdahulu yang baru-baru ini berada istana kepresidenan Cankaya hanya melaksanakan peranan seremonial saja. [AM/bersamadakwah]





No comments

Powered by Blogger.