Header Ads

Aksi Bela Islam

Resmikan Patung Yesus dengan Basmalah, Ini Tanggapan Ulama

Patung Yesus di Papua
KH Lutfi Basyori Alwi, Pengasuh Pondok Pesantren Ribath Al Murtadla Al Islami Singosari Malang mengingatkan, meresmikan patung Yesus dengan membaca basmalah adalah hal yang keliru dan haram.

Sebab menggunakan nama Allah Subhanahu Wata’ala untuk sesembahan selain Allah jelas haram karena sama halnya ridho terhadap kemusyrikan.

“Jelas haram, karena itu sama halnya dengan ridho kepada kemusyrikan, “ ujarnya seperti dikutip Hidayatullah, Senin (25/8).

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan situs Perkabaran Injil berupa patung Yesus setinggi 30 meter di Pulau Mansinam berada di Papua Barat, Ahad (24/08) lalu. Yang menarik, SBY meresmikan patung yang menelan anggaran 7-8 miliar itu dengan mengucap basmalah.

“Maka dengan terlebih dahulu memohon keridhaan Tuhan Yang Maha Esa seraya mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, situs Perkabaran Injil Mansinam Manokwari beserta berbagai infrastruktur pembangunan yang telah diselesaikan maka saya nyatakan dimulai penggunaannya. Pembangunan pabrik semen yang sudah lama ditunggu-tunggu, saya nyatakan dimulai,” kata Presiden SBY, seperti dikutip Hidayatullah dari laman Radio Republik Indonesia (RRI).

Selain meresmikan situs Perkabaran Injil berupa patung Yesus Kristus, SBY juga meresmikan sejumlah proyek besar di Papua Barat, termasuk pembangunan pabrik petrokimia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Teluk Bintuni, yang telah dirancang sejak 2010 dengan basis industri petrokimia.

“Memajukan saudara kita di Papua. Dengan tulus dan kasih sayang kita bangun bersama pemerintah pusat, Pemerintahan Daerah Papua Barat dan Papua, pemuka agama dan semua, harus memiliki kecintaan dan ketulusan dan tekad yang kuat untuk pembangunan Papua,” tambah SBY. [Hidayatullah/BersamaDakwah]


24 comments:

  1. Ya ALLAH...lindungi keluarga ku dan seluruh orng mukmin yg berpegang teguh di jln MU...dari orang orang yg fasik

    ReplyDelete
  2. liberal,kapitalis......ga ngerti akidah.....babblass.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa km tahu arti dan pemahaman nya dr Basmallah.kok sdh berani menghujat apa km berani bertanggung jawab pd Allah atas hujatanmu itu....klo mmg berani sampaikan dgn membalas kata2 ini.dan bersiaplah menerima sebuah pengertian untuk mendewasakan dan gk gampang koment.....dan bwt semuanya dan siapapun itu

      Delete
    2. Apa itu pemahamannya Pak? tapi pemahammnya bener2 dalam konteks peresmian ini ya pak>.. mohon kami deberi tahu plissss...

      Delete
  3. oh pantesan waktu urusan ahmadiyah, SBY seperti mengulur-ngulur waktu, ternyata walaupun beragama Islam, Pak SBY tidak mengerti akidah Islam itu sendiri...

    ReplyDelete
  4. bukan ga ngerti...
    tapi krn takut dibilang ga ber-bhineka tunggal ika.. jdi nya smua di bablaassss...

    ReplyDelete
  5. mf sy bukan ahli agama tp cuma berbagi cerita sj mngkin bs buat masukan... ada seorang pemuda yg suka minuman/arak/sejenisnya & menjadi ketagihan.. singkat cerita sebetulnya dia ingin lepas dari yg namanya minuman sbb g semua Peminum g tau hukum minum arak jg g ingin hidup sebagai peminum arak.. dia berdoa kpd Allah SWT supaya bs dilepaskan dr minuman yg salah satu doanya yaitu dia minum arak tp sambil Bismillah tp dlm hatinya dia berdoa supaya lepas dr minuman.... Alhamdulillah dlm berjalan'y waktu doa dia terkabul... dr cerita nyata ini mg bisa bt masukan & terimakasih... sebelum & sesudahnya sy mohon maaf bila ada salah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Hal keburukkan dimulai dgn bacaan menyebut nama Allah... apa ini bukan termasuk pelecehan atau penghinaan atau penistaan.. ? sy bertanya..

      Delete
  6. satu persatu berhala berdiri di Indonesia

    ReplyDelete
  7. bwt kita semua apa yg sdh terjadi tlg pelajari dgn seksama pasti ada hikmah dibalik semua itu.....saat Rasulallah SAW naik .... bersama malaikat jibril beliau melihat sebuah pemakaman yaa jibril makam siapakah itu. malaikat jibril menjawab itu adalah makam nabi Isa as.beliau mengatakan.... turunkan aku..( Rasullah SAW ) sejenak....dan setelah turun beliau Sholat dan berdo'a kpd Allah di dekat pemakaman dlm bentuk menghormati pendahulunya,setelah itu beliau melanjutkan perjalannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. korelasinya apa ini sm berita nya ya..

      Delete
  8. bagaimana dg kasus dibali yg muslimah dilarang berjilbab dan d daerah2 lainnya...?
    apa itu yang di sebut toleransi,..>? dimanakah letak toleransi umat lain terhadap islam..?
    sementara umat Islam sangat toleransi pada umat lain...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, kita pantas menyuarakan kemerdekaan hak di negara ini.. Umat Islam harus bersatu, setidakn2nya satu dalam doa untuk kemslahatan semuanya .. :)

      Delete
  9. Kita tidak perlu sedih, ta ikhwan sekalian...! Kenapa / Karena para pejabat di negeri ini adalah buah dari proses pemilu yang dipilih oleh rakyat Indonesia...Jadi, Presiden adalah cerminan dari rakyat Indonesia...! Piiissss...!

    ReplyDelete
  10. menurut saya itu wajar, bukankah negara kita memiliki suku, dan agama yg bermacam-macam? orang muslim harus memilih pemimpin yang muslim, presiden pun harus muslim. jika presiden muslim dan masyarakatnya memiliki agama yg beragam, maka pemimpin harus adil. bukankah meskipun berbeda-beda kita ttp menjadi satu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama mba bagus banget, Pengikut Aisyah, Istri Rasullulah.. Selamat ya Mba..

      oh iya, ttg hal; kewajaran yg Mba maksut untuk peristiwa peresmian ini tdklah tepat saya fikir, rasakan dan cermati. Karean kata2 pak SBY bisa kok tanpa Bismillahirrahmanirrahim untuk peresmian sbuah peribadatan yg berlainan dgn Aqidahnya.. Masih bs kok digantikan dgn kata2 yg bijak dan diplomatis, sperti:

      "Di hari ini, di hari yang cerah ini, yang kita yakin dan niscaya Tuhan yang Maha Esa sedang menyaksikan kita semua, maka situs Perkabaran Injil Mansinam Manokwari beserta berbagai infrastruktur pembangunan yang telah diselesaikan maka saya nyatakan dimulai penggunaannya, dst"

      dan masih bnyak lagi pilihan kata2 indah, bijak & diplomatis tanpa mencampurkan Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Penyayang untuk urusan memulai sesuatu yg dilarang Allah SWT sbg pribadi Muslim. Meski Pak SBY berkapasitas sbg Pemimpin semua umat, namun dia jg seorang Muslim.

      Delete
  11. Kayaknya terlalu berlebihan kalian mengkritik.
    Jika pun itu memang salah..barangkali itu hanya kesalahan kata2.,bisa jadi Pak SBY pun tidak sengaja mengatakan itu.. Jangan terlalu mengkritik, masih banyak yang harus diperbaiki, termasuk diri kalian..karena Islam juga tidak mengajarkan umatnya u ntuk saling menjelekkan..

    ReplyDelete
  12. udah lah gk usah saling kritik mengkritik.biar kan lah dia berkembang..itu urusan dia nanti klo udah inalilahi..yg penting,sudah kah anda sholat hari ini?? ^_^

    ReplyDelete
  13. Namanya saja orang ga mudeng.

    ReplyDelete
  14. berarti perbuatan Pak SBY anda ibaratkan spt si Peminum Arak ?.... apa Pak SBY sdg berusaha melepaskan diri dr kebiasaan meresmikan patung ?

    ReplyDelete
  15. harusnya jangan ada bismillah.. jangan sampai jadi pendusta agama..

    ReplyDelete
  16. Hidup saling mengingatkan...jgn berdebat...

    ReplyDelete
  17. Harus dikaji dg Al quran n hadits..Rasulullah tdk pernah mencontohkan spt itu..pak KH Lutfi Basyori Alwi psti jelas lebih tau hukumx mkx beliau katakan haram..itu sdh mengarah/mengakui sesembahan selain Allah SWT...kita zaman sekarang lebih malu/takut tidak diakui sama manusia ketimbang Allah SWT atau dibilang tdk Toleransi dg agama lain,Ingat kita boleh bertoleransi dg agama lain tp dalam hal Aqidah tidak boleh..wallahualam bisawab...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.