Header Ads

Aksi Bela Islam

Ini Alasan KPI Larang Sinetron Ganteng-Ganteng Serigala

Ganteng-ganteng Serigala
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menjatuhkan sanksi penghentian sementara pada program sinetron Ganteng-Ganteng Serigala (GGS) yang tayang di SCTV setiap pukul 19.30. Sinetron GGS ini harus dihentikan sementara selama 3 (tiga) hari berturut-turut yaitu mulai tanggal 21,22, dan 23 Oktober 2014.

Dalam siaran pers yang diterbitkan KPI seperti dikutip merdeka.com, Sabtu (11/10) dijelaskan, sanksi tersebut dijatuhkan oleh KPI, lantaran adanya pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) pada tayangan 16 Agustus 2014.

"Pada episode tersebut sinetron ini menayangkan adegan seorang remaja perempuan melompat ke dalam api serta adegan remaja laki-laki dan remaja perempuan yang mengenakan seragam sekolah berpelukan di lingkungan sekolah. Padahal, adegan bermesraan dan berpelukan dengan menggunakan seragam sekolah di lingkungan sekolah ini sebelumnya ditemui di tanggal 30 Mei 2014," demikian isi siaran pers.

KPI juga telah memberikan surat teguran kedua, karena adegan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 14 dan Pasal 21 ayat (1) serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 15 ayat (1), Pasal 16 ayat (2) huruf b dan Pasal 37 ayat (4) huruf a. Namun pada tayangan GGS 16 Agustus 2014, adegan yang menjadi penyebab sinetron ini mendapatkan teguran kedua justru muncul lagi.

"KPI Pusat juga menilai bahwa inti cerita program sinetron GGS tidak mengandung nilai-nilai pendidikan, ilmu pengetahuan dan budi pekerti. Selain itu tampilan yang muncul di sinetron ini tidak sesuai dengan perkembangan psikologis remaja serta bertentangan dengan etika yang ada di lingkungan pendidikan sebagaimana yang diatur dalam Pasal 6 ayat (2) huruf b dan Pasal 37 ayat (1) dan (2) SPS," lanjut isi siaran pers tersebut.

Dikarenakan sinetron GGS ini telah mendapat sanksi administratif sebanyak 2 (dua) kali, yakni pada 20 Mei 2014 dan 16 Juni 2014, maka pelanggaran yang timbul selanjutnya mengakibatkan sinetron ini harus dihentikan sementara.

Rapat Pleno KPI juga memutuskan bahwa pihak SCTV juga dilarang menyiarkan program dengan format sejenis pada waktu siar yang sama sesuai dengan pasal 80 ayat (2) SPS. Selain itu, SCTV berkewajiban memperbaiki keseluruhan alur cerita program sinetron Ganteng Ganteng Serigala yang sesuai dengan tujuan, arah dan fungsi dari penyiaran sesuai dengan Pasal 2, Pasal 3 dan Pasal 4 SPS.

"Tindakan penjatuhan sanksi penghentian sementara ini juga sudah melewati forum klarifikasi dengan pihak SCTV yang dihadiri oleh Harsiwi Ahmad selaku Direktur SCTV." [Merdeka]

39 comments:

  1. Tayangan yg tidak bermutu sekaligus merusak generas muda Indonesia. Saya dukung jika KPI menghentikan penayangannya SELAMANYA.

    ReplyDelete
  2. Betul bgt,crita g mutu cuma dkit2 mesraan e dkit2 mesraan terus...spt hbis ide crita gitu...mbok yg relevan buat film jgn bkin org risih lihatnya

    ReplyDelete
  3. Alangkah lebih baik jika GGS di tinjau ulang kembali... karena kalau diperhatikan SANGAT KURANG BERMUTU...

    ReplyDelete
  4. Yaudah sih gausah ditonton, ribet amat :/

    ReplyDelete
  5. auuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    ReplyDelete
  6. Ampun deh ya ini sinetron, udah alur cerita duplicate sama twilight & under world, pake seragam sekolah engga ada belajar belajarnya acan, pacaraaaaaaan mulu. Dr anak kecil nonton ginian, mau jadi apa. Toolonglah FPI lebih tegas lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bukan fpi tapi kpi bosssssssssssssss

      Delete
  7. tidak hanya SCTV...indosiar dan MNC sinetronnyo juga kurang mendidik...KPI perlu juga tegas melihat mana tayangan yg pantas dan tdk...

    ReplyDelete
  8. Tutup semua stasiun TV yg ga bermutu.. bikin rusak moral anak bangsa aja

    ReplyDelete
  9. ah sekarang aja baru di kritik, dulu kemana aja -_- sebelum di tayangin mbok ya baik nya di periksa duluu

    ReplyDelete
  10. gak heran dah sama kelakuan anak2 skarang dikehdupan nyata.. hamil diluar nikah lah, ngeroyok tmennya lah, dll.. toh apalagi yg main cakep2, jdi yg awalnya cuma mau lihat aktor / aktrisnya, malah jdi ketagihan. dan inilah salah satu trik untuk menghancurkan pemikiran gnerasi bangsa

    ReplyDelete
  11. Semuaaa senetron ya emang NGGA MUTU SAMA SEKALI sihh..
    Harusnya KPI lbh tegas yaa..

    ReplyDelete
  12. wkwkwkw betul betul,, biar damai mending ga punya tv sekalian :D

    ReplyDelete
  13. Ada angin segar dari KPI ... saya dukung ... semoga produser/sutradara (sinetron) khususnya, di luar sana sadar akan karya mereka yang kurang bermutu.

    ReplyDelete
  14. mereka cuma pada ntn aktor aktrisnya doank..

    ReplyDelete
  15. saya mencium darah suci disini.. Auuuurrggghh!!!!!

    ReplyDelete
  16. lebih bermutu UPINNNN dan IPIIIN

    ReplyDelete
  17. sinetron indonesia gak ada yang bermutu

    ReplyDelete
  18. setuju deh, film nya tidak mendidik ..

    ReplyDelete
  19. Terkadang stat TV bikin program/$inetron asal asalan...ya asal dapat untung besar..

    ReplyDelete
  20. Ayo KPI Andalah yang menjadi wakil dari kami untuk menghentikan siaran siaran yang kurang mendidik, bahkan bisa menjerumuskan generasi bangsa ini pada akhirnya, apa yang akan kita pertanggungjawabkan nantinya di hadapan TUHAN jika kita meninggalkan generasi2 yang lemah??? bagaimana semisal HIDAYAH, MOZAIK ISLAM, KHLAIFAH DAN SIROH NABAWIYYAH, KISAH INSPIRASI PENGUSAHA, POTRET KETEGARAN ORANG2 SUKSES DLS...

    ReplyDelete
  21. ganteng ganteng seriga ada lagi manusia harimau , mungkin besok ada lagi yg lain lengkap buat kebun binatang .

    ReplyDelete
  22. semua sinetron indonesia ga bermutu... awasi para anak anda.. klo boleh saya sarankan mending perbanyak tayangan ilmu pengetahuan.. klo mau hiburan ya film-film yang wajar aja.. masa masih SD anak udah diajarin pacaran.. ngaco kan? klo mau ngetrend anak muda sekarang, ya ajarin yang bener.. jangan pacaaraaan mulu.. kaya-kayaan mulu.. kaya felm2 dulu tuh.. keluarga cemara.. sahabat sejati. .dan sejenisnya.. itu oke tuh.. sekarang mah ngawuurrr kabeh...!!! istigfarrr..!!

    ReplyDelete
  23. Dihentikannya kenapa kok 21-23 Oktober saja, sekalian saja ga boleh tayang selamanya, karena ga bermutu sama sekali jeh.......

    ReplyDelete
  24. kapoklah....syukuuurrrr

    ReplyDelete
  25. gak usah ditayangin ajha lah....gtu ajha kok repot

    ReplyDelete
  26. mending nonton laptop si unyil

    ReplyDelete
  27. gak usah sementara seterusnya juga S E T U J A .....

    ReplyDelete
  28. itu kpi juga harus menegur tayangan televisi (siaran berita) yang pro amerika dan yahudi, harusnya sih gitu.. Hehe..

    ReplyDelete
  29. Kpi ni tinggal bikin larangan tayang aja susah amat, pake dihentikan 3hr...ujung"nya tar si produser cari cara buat nyogok lg. Udah tau ni sinetron lbh byk mudharatnya...tindak tegas donk. Ga usah lg pake kode etik klo ada tayangan yg jelas" merusak moral remaja ky gni. Pake sgala gigi lah ditaringin, di skolah kok ga keliatan ada kgtn belajar...bingung ngeluarin taring aja...norak lu

    ReplyDelete
  30. Gantii aja GGS ganteng ganteng semar pasti lucu dan mendidik.

    ReplyDelete
  31. bagusan acara bola...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.