Header Ads

Aksi Bela Islam

Inilah Alasan Garuda Larang Jemaah Membawa Air Zamzam Sendiri

Garuda Indonesia (Antara/Andika Betha)
Ratusan botol dan jerigen berbagai ukuran yang berisi air zamzam disita dari koper jemaah haji Indonesia. Botol-botol itu menggunung di depan kantor kargo Garuda Indonesia. Maskapai pelat merah ini punya alasan sendiri kenapa melarang jemaah membawa zamzam sendiri.

Dikutip dari Vivanews, Unit Corporate Security Garuda Indonesia Cecep Ramdani menuturkan, meski kandungan air zamzam aman, namun dari sisi keselamatan penerbangan bisa membahayakan. "Bukan kami tidak suka jemaah membawa air zamzam, tetapi prosedurnya salah sebab mereka kan sudah dapat jatah," kata Cecep di kantor kargo Garuda Indonesia di daerah Mahdinatul Hujaj, Jeddah, Sabtu 17 Oktober 2014.

Botol-botol atau jerigen yang diselipkan jemaah di koper biasanya dikemas tidak sesuai standar penerbangan, sehingga dikhawatirkan bocor. Inilah sebenarnya yang ditakutkan pihak maskapai. "Yang kita khawatirkan adalah yang ukuran besar dan kalau dibawa setiap jemaah bisa membahayakan keselamatan penerbangan juga," kata Cecep.

Kalau ukuran besar dan banyak, rembesan air zamzam dikhawatirkan bisa membasahi body pesawat, sehingga menimbulkan korosi (karat) atau terkena kabel-kabel listrik. "Ini yang dimaksud bisa membahayakan penerbangan, jadi sekali lagi bukan karena kita nggak suka jemaah bawa zamzam sendiri," kata dia.

Karenanya, Cecep mengimbau kepada seluruh jemaah haji Indonesia yang pulang dengan maskapai Garuda Indonesia agar menaati aturan tidak membawa zamzam. "Garuda sudah menyiapkan zamzam buat jemaah, satu jemaah lima liter," kata dia.

Cecep mengakui soal bawaan jemaah ini, khususnya zamzam, merupakan problem klasik yang terus berulang dari tahun ke tahun. Karenanya ia mendukung upaya petugas dari Kementerian Agama yang sengaja mengambil gambar tumpukan zamzam di kargo Garuda.

"Sepertinya foto itu untuk menyampaikan pesan kepada jemaah di Mekah agar tidak usah membawa zamzam karena akan disita, juga menyusahkan petugas, memperlambat pengiriman koper. Intinya akan menyusahkan semua, baik jemaah sendiri maupun petugas," kata Cecep.

Jangan sampai karena nekat membawa zamzam, begitu koper sampai di kargo terpaksa harus dibongkar. Selain memakan waktu, proses penerbangan juga bisa terhambat dan memicu delay.

Sebelumnya Unit Haji Garuda Taufik Hidayat menuturkan dari ratusan botol zamzam yang disita petugas, nyaris seluruhnya berasal dari koper-koper jemaah Embarkasi Solo. Hingga Sabtu sore, Garuda sudah memeriksa koper dari sembilan kloter di embarkasi ini.

Kepala PPIH Bidang Perlindungan Jemaah Ahmad Riad S meminta jemaah menaati aturan dalam penerbangan agar jadwal keberangkatan ke tanah air tidak terganggu. Dan, jemaah jangan coba-coba mengelabui petugas.

"Serapi apapun kemasannya, air zamzam yang masuk dalam tas atau koper pasti akan terlihat saat masuk x-ray," kata dia. Dalam pemeriksaan x-ray, air zamzam mudah dikenali karena cairannya akan terlihat lebih pekat dibandingkan air biasa. Ini karena kandungan mineral dalam air tersebut sangat tinggi. [Viva]

21 comments:

  1. Tolong solusinya karena bagaimanapun air zamzam itu kebutuhan seluruh jamaah dan keluarga dekatnya kalau 5 liter yah cuman untuk mencicipi saja palaling utk mengambalikan kepulihan tenaga jamaah 5 liter hanya cukup konsumsi sendiri. habis kalau mau beli di Indonesia kabarnya hasil oplosan

    ReplyDelete
  2. Solusinya, lu tinggal di mekah aje tong.

    ReplyDelete
  3. alesan aja lah.. bilang aja mau bisnis .... kasih duit coba pasti diem...

    ReplyDelete
  4. Kalau di negara lain ada gak ya larangan seperti ini?

    ReplyDelete
  5. Kenapa sekarang baru dilarang.. Ini semua rancangan orang israel...memang betul israel ada dimana-mana..termasuk diindonesia ditanah air kita jua...orang israel akan truuuus mempersulit orang islam karna mereka gkkn prnah puas...

    ReplyDelete
  6. lucu liat komentar komentar diatas ^^^ ada yang bilang bisnis lah, israel lah. padahal alesan udah dijabarkan sejelas jelasnya di berita ini :)

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Masya Àllah klw udah dilarang dan jelas alasannya ya sudah pd ngerti dong,lagian dimata Allah yg diliat takwanya kita,bukan seberapa banyak minum air zam2,subhanallaah.

    ReplyDelete
  9. Akal2an...musim haji besok ganti pesawat aja,, ribuan jemaah haji kali puluhan juta berapa tuh

    ReplyDelete
  10. Kenapa bilangnya baru mau pulang ke tanah air, kenapa tdk d jelaskan waktu manasik?? Cepcep.. hrs ada pertemuan antara penyelenggara haji dgn garuda, bila perlu tahun depan ganti maskapai..

    ReplyDelete
  11. 40 jutaan per orang,,, untk tambahan air zam zam tdk boleh,, ckckck... kalo aqua boleh krn d sinar x nampak beda ckckck... lha kalo bawa 5 botol aqua besar boleh gak ya...

    ReplyDelete
  12. Astagfirlaah....jangan berburuk sangka sm maskapainya atuh,itumah udah bener bngt.

    ReplyDelete
  13. mas mas mbk2 yg komenny miring2 n pada sinis. sy sbg seorang siswa penerbang membenarkan alasan dri pihak garuda. kita org2 yg berkecimpung di dunia aviasi mengutamakan safety. konsleting sedikit di pesawat bisa membahyakan kslmtn penumpang. gk cuma mslh kelistrikan, load factor pun akan ikut berengaruh. bayangkan sj klo smua penumpang bawa air sesuka hatinya sebanyak mungkin. weight n balance pswt pun akan berpengaruh. yg harusnya bisa buat nambah fuel jd fullny karna kargo air jamaah.

    ReplyDelete
  14. Sya setuju dgn maskapai...maskapai ngomong bgtu karna mereka lbih mengutamakan keselamatan...

    ReplyDelete
  15. Naik haji dari negara tetangga pasti ga akan disita.

    ReplyDelete
  16. Kebetulan sy pulang dr jeddah masuk kloter awal dan selain garuda penerbangan dr jamaah thailand juga memberlakukan kebijakan yg sama mengurangi jatah 10 kg menjadi 5kg sj

    ReplyDelete
  17. Afwan bukan 5kg tp 5liter

    ReplyDelete
  18. Laa illa ha illallah
    Hajiku karena Allah
    Pulangku untuk kabarkan kepada saudaraku
    Bukan karena zam zam
    Allahu akbar

    ReplyDelete
  19. ya udah jamaah dilarang bawa air zam-zam sendiri pihak garuda yang sediakan tapi... naikkan jumlahnya jadi 20 liter...bagaimana?

    ReplyDelete
  20. Aduh ini kan demi kebaikan bersama, agar selamat...jangan suudzan donk, berhaji tujuannya untuk ibadah kepada Alloh bukan buat membawa air zam-zam. Semoga menjadi haji yang mabrur, ikhlas lillahita'ala.

    ReplyDelete
  21. Udah udah.... kalian kan gk pada tau ilmu penerbangan itu kyak gimna, menurut saya cukup logis kok...
    Air Zam2 yang dibawa tiap penumpan kalo dijumlahin jadi massa yang cukup berat juga kan? Jangan selalu berfikir subjektif... coba lebih objektif...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.