Header Ads

Aksi Bela Islam

Inilah Lima Poros Penyebaran Syi'ah di Indonesia

Ilustrasi @aktualpost

Umat Islam harus mewaspadai penyimpangan dan penyebaran Syi'ah di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya. Kesesatan Syi'ah sudah menjadi hal yang terang benderang dan diamini oleh generasi sahabat, tabi'in, pengikut tabi'in dan ulama-ulama penerusnya.

Oleh karena sesatnya itu, kaum muslimin harus waspada terhadap poros-poros atau kantong penyebaran Syi'ah yang ada di negeri ini. Di dalam buku Mengenal & Mewaspadai Penyimpangan Syi'ah di Indonesia disebutkan lima poros yang menjadi pusat penyebaran Syi'ah ke seleuruh pelosok negeri ini.

1. Poros Jakarta di Islamic Cultural Centre (ICC)

Lokasi yang terletak di bilangan Pejaten Jakarta ini merupakan basis penyebaran Syi'ah di Jabodetabek bahkan Indonesia. Sejak pertengahan 2008, ada sekitar 20-an lembaga yang berafiliasi ke Syi'ah yang bekerjasama untuk mendirikan organisasi ini.

Lembaga ini terdiri dari dua divisi. Pertama, Divisi Pendidikan dan Dakwah. Kedua, Divisi Penerbitan dan Website.

Disebutkan dalam buku ini, lembaga-lembaga Syi'ah yang berada di Jabodetabek diantaranya adalah: Ikatan Pemuda Ahlul Bait Indonesia (IPABI) Bogor, ICC Jakarta, MPII Condet Jakarta, MT Ummu Abiha, MT al-Bathul, MT Haurah, Yayasan al-Ishlah Jakarta, Shaff Muslim Indonesia Cawang Jakarta, dll.

2. Poros Pekalongan - Semarang

Di Jawa Tengah, Syi'ah telah berani menunjukkan keasliannya dengan melakukan shalat Jum'at ala Syi'ah di Mushalla al-Husainiyah Semarang Utara. Mushola ini didirikan oleh Yayasan Nurul Tsaqalain yang diketuai oleh Achmad Alatas.

Sedangkan di Pekalongan, markas mereka ada di komplek Ponpes al-Hadi yang dipimpin oleh Ahmad al-Baraqbah. Di dalam buku ini disebutkan, komunitas Syi'ah terkonsentrasi di tiga kelurahan: Klego, Sugih Waras dan Krapyak. Semuanya di Kota Pekalongan Timur.

3. Poros Yogyakarta

Penggerak Syi'ah di kota Gudeg ini adalah Yayasan Rausyan Fikr. Mereka dengan giat melakukan kajian setiap hari dengan tema yang beragam. Selain itu, ada juga kelompok muda Alawiyin yang tergabung dalam perkumpulan al-Amin.

Diantara nama lembaga Syi'ah yang terletak di Jawa Tengah dan Yogyakarta adalah: Forum Wasiat Tegal, Ponpes al-Hadi Pekalongan, Yayasan al-Amn Yogyakarta, Yayasan al-Amin Semarang, Yayasan al-Mawaddah Kendal, Yayasan Dar Taqrib Jepara, Yayasan al-Mujtaba' Wonosobio, dan sebagainya. [Bersama Dakwah]

Insya Allah berlanjut d artikel berikutnya.

No comments

Powered by Blogger.